Breaking News

3 Dosen Prodi S1 Statistika FMIPA Unimus Lakukan Visiting Lecture ke UPSI Malaysia

SEMARANG (kampussemarang.com)- Tiga dosen Prodi S1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan “visiting lecture” (VL) ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, Selasa (15/9/2020).

Ketiga dosen Statistika tersebut terdiri M Al Haris MSi, Prizka Rismawati Arum MStat dan Indah Manfaati Nur MSi. Dengan moderator Dr Noorazrin (dosen Departement of Mathematics Fakultas Sains dan Matematik/FSM UPSI), mereka mengajar mata kuliah Elementary Statistics pokok bahasan “measurement of statistics” semester I FSM UPSI.

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd didampingi Kaprodi S1 Statistika FMIPA Unimus Indah Manfaati Nur MSi kepada pers di sela-sela visiting lecture dari kampus FMIPA Unimus Selasa (15/9/2020) menyatakan visiting lecture kali ini merupakan kali ketiga dari rangkaian “visiting lecture series” FMIPA Unimus ke FSM UPSI Malaysia. Dan yang ketiga ini khusus bagi para dosen S1 Statistika FMIPA Unimus.

“Agenda besar saya sebagai Dekan FMIPA ada dua yaitu internasionalisasi FMIPA Unimus dan doktorisasi para dosen FMIPA Unimus. Internasionalisasi bisa ditempuh lewat  visiting lecture di era pandemi Covid-19 ini. Bayangkan kalau tidak sedang mas pandemi, berapa banyak biaya yang harus kami keluarkan untuk mengajar ke luar negeri yang tentu saja tidak bisa hanya sehari. Sehingga mas pandemi membawa dampak positif bagi dunia pendidikan, disamping ada dampak negatif atau nebjadi hambatan juga khsusunya terkait kegiatan kegiatan yang mengharuskan tatap muka” ujar Dekan.

 

 

Menurut Dekan, salah satu hal menarik dengan beberapa kali melakukan visiting lecture yaitu kedua tim pengajar dari dua universitas ini terbentuk tim teaching Unimus-UPSI dengan. Tim teaching ini bisa saling kolaborasi, saling mengajar, saling melengkapi, membuka wawasan para dosen FMIPA Unimus seperti apa pengajarn di Malayisa dan lain sebagainya.

“Tanpa disadari sekarang ini kita mengimplementasikan learning study for learning community yang menjadi gagasan di FMIPA Unimus dengan dukungan mendapat 3 buah hibah terkait Lesson Study. Ini sekarang terbentuk, indahnya dari gagasan menjadi community. Ketika Lesson Study for Learning Community terbentuk akan saling menguntungkan kedua belah pihak. Dosen saling beri support, penguatan, melengkapi, saling belajar satu sama lain antara UNIMUS-UPSI. Manfaat kedua, lewat mengajar ke UPSI akan punya pengalaman internasional karena beda budaya meski satu rumpun” ujar Dr Eny Winaryati.

Manfaat ketiga, ujar Dr Eny Winaryati, mahasiswa akan lebih semangat manakala diajar dosen dari negara yang berbeda. Adarasa welcome dan lebih memperhatikan daripada diajar dosennya sendiri yang sudah sering ketemu. Sedangkan manfaat lainnya dengan visiting lecture, para dosen FMIPA Unimus dengan dosen FSM UPSI semakin seperti menjadi sebuah keluarga tanpa disadari pada awalnya. Keluarga yang saling menghargai, menghormati, saling support dan lain lain. Lewat kekeluargaan ini akan muncul nilai karakter positif dari kedua pihak. Ini bisa dirasakan oleh para dosen yang visiting lecture.

“Dalam visiting lecture kali ini mahasisa yang diajar mahasiswa semester satu. Sehingga dosen Unimus bisa belajar bagaimana karakter mahasiswa baru lulusan SMA di sana,karakternya seperti apa, beda tidak dengan mahasiswa baru di Indonesia. Ini sangat menarik. Dan kalau masa pandemi berakhir nantinya, kalau kami datang ke UPSI maka kami sudah akrab lewat jalinan yang sudah kita bentuk” tambah Dr Eny Winaryati.

Lebih lanjut menurut Dekan,kegiatan viting lecture FMIPA Unimus ke FSM UPSI Malaysia ternyata bisa menjangkau semua dosen FMIPA Unimus untuk mengajar. Padahal awal mulanya hanya diprogram untuk beberapa dosen prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia dan prodi Statistika saja, sehingga tiap dosen punya pengalaman mengajar untuk mahasiswa UPSI. Pandemi membawa berkah lain bagi dunia pendidikan.

Senada dengan Dekan FMIPA Unimus, Kaprodi S1 Statistika FMIPA Unimus Indah Manfaati Nur MSi menyatakan usai kegiatan visiting lecture, bisa dikembangkan model model pembelajaran interaktif kedua universitas dari dua negara ini.

“Sehingga nantinya terbentuk sebuah komunitas pembelajaran seperti ide dari lesson study for learning community yang sedang kami kembangkan di FMIPA Unimus melalui hibah hibah yang FMIPA dapatkan” ujar Indah Manfaati Nur.

Lebih lanjut menurut kaprodi S1 Statistika FMIPA Unimus ini, visiting lecture series atau dosen FMIPA Unimus mengajar untuk mahasiswa FSM UPSI Malaysia menjadikan para dosen mendapat manfaat dan pengalaman penting bagi pengembangan diri para dosen maupun secara kelembagaan. Termasuk pula para mahasiswa FMIPA Unimus yang diajar oleh dosen FSM UPSI Malaysia. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unimus Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran 

    SEMARANG (kampussemarang.com)- Guna meningkatkan situasi aman dan nyaman di lingkungan kerja dari bahaya ...