Unimus Tambah Doktor Baru

ket foto: Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si (2 dari kiri), Dr. Dra. Endang Tri Wahyuni Maharani, M.Pd (2 dari kanan) dan Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd (kanan) foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Di penghujung tahun 2018 lalu, dosen Progam Studi S1 Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Endang Tri Wahyuni Maharani berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Pendidikan Studi Manajemen Kependidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Dipromotori oleh  Prof Dr Rasdi Ekosiswoyo MSc dengan Co Promotor Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd dan anggota promotor Dr Kardoyo MPd melalui penelitian disertasi “Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Instrumentasi Kimia Berbasis Kompetensi Bagi Dosen Kimia Analis Kesehatan”, Endang berhasil mempertahankan disertasinya Jumat 28 Desember 2018 dengan predikat sangat memuaskan.

Dikemukakan oleh sekretaris sidang yang juga Direktur Program Pasca Sarjana Unnes Prof Dr H Achmad Slamet MSi bahwa Dr Dra Endang Tri Wahyuni Maharani, M.Pd menjadi doktor yang ke-219 di Program Studi Manajemen Kependidikan Unnes. Dosen yang juga ibu dari 2 putra dan 1 putri tersebut  mengungkapkan bahwa tenaga pendidikan (dosen) yang memiliki kompetensi dan kapabilitas yang tinggi memiliki peran penting dalam pengembangan potensi peserta didik.

“Kemampuan  dosen menjadi bekal yang  baik dalam pembelajaran dan dapat ditingkatkan melalui pelatihan. Pelatihan yang sistematik dan dikelola dengan baik akan melahirkan tenaga pendidik yang bermutu. Pelatihan dosen kimia pada program studi analis kesehatan dapat menjadi  solusi untuk mengoptimalkan kemampuan dosen kimia” ungkap Endang.

Menggunakan metode Research and Development, Endang lakukan penelitian pada dosen empat program studi analis kesehatan negeri dan swasta di Kota Semarang.  Model manajemen pelatihan IKBK bagi dosen kimia analis kesehatan hasil pengembangan ini didasarkan pada analisis kebutuhan peserta pelatihan dengan menerapkan fungsi manajemen, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, monitoring serta dilakukan tindak lanjut pasca pelatihan untuk mengetahui kemampuan profesional pembelajaran instrumentasi kimia. Model manajemen pelatihan instrumentasi kimia berbasis kompetensi bagi dosen kimia analis kesehatan mampu meningkatkan profesionalitas dosen dalam menggunakan instrumentasi kimia.

“Tentunya model ini diterapkan dengan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan seperti kurikulum, bahan ajar (hand out) dan instruktur yang tepat” tegasnya. Model final manajemen pelatihan instrumentasi kimia berbasis kompetensi bagi dosen kimia analis kesehatan layak untuk diterapkan pada pelatihan dosen analis kesehatan” tandasnya.

Melalui temuannya Endang berharap tidak hanya memberikan konstribusi secara teoritis tetapi juga berkonstribusi secara praktis pada peningkatan kualitas lembaga pelatihan dan dosen analis kesehatan.

Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd saat menghadiri ujian promosi doktor ini menyatakan Dr Endang Tri Wahyuni Maharani MPd memberikan kado indah akhir tahun 2018 bagi Unimus dengan menjadi doktor ke-2 di program studi pendidikan kimia Unimus dan menjadi doktor ke-34 di Unimus. Rektor juga mengungkapkan dengan bertambahnya Doktor baru, harapannya bisa menambah kekuatan Unimus dari segi SDM dan kualitas dalam hal layanan terhadap mahasiswa. Gelar doktor yang diperoleh diharapkan dapat mengembangkan profesionalisme sebagai dosen. (ks01)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Keren, Ciptakan Inovasi Kulit Jeruk, Lulusan Vokasi Undip Raih Tiga Paten Granted

  SEMARANG ( kampussemarang.com)- Inovasi para mahasiswa ternyata bisa menjadi solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat ...