Breaking News

6 Profesor Baru UNNES Dikukuhkan

Rektor Unnes (kanan0 saat mengukuhkan guru besar baru (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)-Pada awal tahun 2021 Universitas Negeri Semarang (UNNES)  bertambah 6 Profoser. Pengukuhan dilakukan dua sesi, hari Rabu dan Kamis 24-25 Februari 2021 secara daring dan luring terbatas.

Tiga Profesor yang dikukuhkan pada Rabu 24 Februari 2020 yaitu Prof Dr Isti Hidayah MPd (Bidang Ilmu Pendidikan Matamatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam), Prof Dr Subiyanto ST MT (Bidang Ilmu Teknik Elektro Sistem Cerdas pada Fakultas Teknik), dan Prof Dr Erni Suharini MSi (bidang ilmu pendidikan geografi kebencanaan Fakultas Ilmu Sosial).  Sementara Prof Dr Muhammad Khafid MSi, Prof Dr Sri Wardani MSi, dan Prof Dr Sri Susilogati Sumarti MSi dikukuhkan pada Kamis 25 Februari.

RektorUnnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum  menyampaikan ucapan selamat kepada 6 profesor baru yang dikukuhkan.

“Raihan jabatan akademik tertinggi sebagai profesor adalah prestasi yang layak dibanggakan dan disyukuri. Prestasi ini tentu diraih dengan kerja keras, kerja cerdas, dan ketekunan luar biasa. Untuk mencapai jabatan akademik ini calon profesor bukan hanya harus produktif meneliti dan melakukan publikasi, tetapi juga harus melampui berbagai kendala teknis, psikologis, dan social yang mungkin ada” kata Prof Fathur Rokhman.

Bagi Universitas Negeri Semarang, hadirnya 6 profesor baru berarti lahirnya energi akademik baru untuk terus meningkatkan kapasitas institusi sehingga visi menjadi universitas berwawasan konservasi dan berputasi internasional akan lebih mudah diwujudkan.

“Saya berharap besar para profesor dapat berperan menjadi lokomatif yang menggerakkan kemajuan akademik universitas ini melalui karya pemikiran, penelitan, dan inovasi. Dengan karya inovatifnya para profesor juga harus menjadi obor yang menjaga semangat keilmuan para mahasiswa tetap menyala sehingga mereka menjadi pribadi yang mencintai ilmu pengetahuan,” terang Prof Fathur.

Prof. Dr. Hj. Erni Suharini, M.Si lahir di Semarang pada  6 Nopember 1962 merupakan dosen pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan sebagai Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Geogerafi UNNES.  Buku yang telah diterbitkan diantaranya Geografi Tanah (2020) Qahar Publisher, Konservasi Sungai Garang (Kajian Pengelolaan. Perilakau dan Kearifan local dalam menjaga Sunagai) (2020) LPPM UNNES, Pendidikan Kebencanaan (2018) CV Sanggar Krida Aditama, Geomorfologi Gaya dan Proses (2014), Biogeografi (2014) Penerbit Ombak. Prof Dr Erni Suharini juga memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada karyanya Komik Vikomafa Komik Bencana Alam Tanah Longsor dan Banjir dan Vidio Kesipan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Gunung Gamalama. Istri dari Drs. Eri Pratiknya Dwikusworo, M.Kes (alm) ini menyelesaikan Doktor Menejemen Pendidikan di Universitas Negeri Semarang  tahun 2015. Prof. Dr. Hj. Erni Suharini  juga aktif dalam pertemuan ilmiah. Artikelnya terbit di jurnal nasional dan international bereputasi, diantaranya berjudul  Disaster Mitigation Education in the COVID-19 Pandemic: A Case Study in Indonesia (2020) Jurnal Sustainability and Climate Change (United States), Google earth pro as a learning media for mitigation and adaptation of landslide disaster (2020) International Journal of Information and Education Technology. Prof   Erni Suharini menyampaikan orasi ilmiah berjudul Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Banjir Melalui Literasi dan Partisipasi Aktif  Generasi Milenial.

Prof. Dr. Subiyanto, S.T., M.T. lahir di Klaten, 23 November 1974 merupakan dosen pada Fakultas Teknik UNNES pada Program Studi  Teknik Elektro menuasai bidang keahlian Teknik Elektro Sistem Cerdas, Mata Kuliah Pokok yang diampu Elektronika Daya, Artificial Intelligence and Application. Subiyanto menyelesaikan program doctor of Philosophy in Electrical, di  Universiti Kebangsaan Malaysia pada tahun 2012 dengan status Excellen. Buku yang pernah ditulisnya diantaranya Simulasi model hibrida sistem listrik tenaga surya dan bayu terhubung grid menggunakan PSIM berbasis kontrol cerdas Depublish Yogyakarta (2020), Bahan ajar sistem cerdas : sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, fuzzy, dan genetic algorithm diterbitkan CV. Sukarno Pressindo (2018), Penilaian Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Kedelai dengan Fuzzy& AHP diterbitkan Depublish, Yogyakarta (2017), High performance MPPT controller for Photovoltaic Systems: Concept, Topologies, Algorithms and Application diterbitkan  LAP LAMBERT Academic Publishing (2012). Karya Subiyanto berjudul  Intelligent Maximum Power Point Tracking Controller For Photovoltaic System (2020) memeroleh paten, Desain Produk Industri yang telah dirancang berjudul Kolom Penjerap dengan Pemanasan (Pendaftaran) tahun 2021. Selain karya tersebut suami dari Ibu Ari Novita Kurniawati juga aktif dalam pertemuan ilmiah dan menulis karya ilmiah diberbagai jurnal nasional dan nasional. Prof. Dr. Subiyanto menyampaikan orasi ilmiah berjudul Sistem Cerdas:Teknologi Untuk  Kemajuan Masyarakat.

Prof. Dr. Isti Hidayah, M.Pd lahir di Temanggung, 15 Maret 1965 merupakan dosen Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), UNNES.  menyelesaikan  Doktor Manajemen Kependidikan di  Universitas Negeri Semarang  lulus tahun 2011. Mata kuliah yang diampu diantaranya Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika, Statistika Penelitian Pendidikan,  Media Pendidikan Matematika, Manajemen Sekolah, dan Kalkulus. Buku yang pernah ditulis Prof  Isti Hidayah baik secara mandiri atau bersama tim diantaranya , 1) Suplemen Buku Guru : Pembelajaran Tematik KD Matematika SD Kelas 4, 2) Panduan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sekolah, 3)  Cara Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar: Bangun Datar, Bangun Ruang, Aljabar, Dan Aritmatika dengan Pendekatan Saintifik diterbitkan  FMIPA UNNES. Perolehan HKI  diantaranya karya berjudul: Tangram Drawing & Sticking Book, Transportation Edition- tahun: 2018.  Puzzle Tangram-7 tahun 2018. APM Perkalian dan Pembagian Pecahan. tahun 2019.  Sistem Informasi Manajemen Kerjasama FMIPA tahun 2020. Istri dari Prof. Dr. Wiyanto, M.Si juga telah memeroleh  Merk Dagang Mebelika tahun 2020 dan Hotools tahun 2020. Prof. Dr. Isti Hidayah  memyampaikan orasi ilmiah berjudul Hilirisasi Produk Alat Peraga Matematika dan Keberterimaannya oleh Pengguna.

Prof. Dr. Hj. Erni Suharini, M.Si melalui orasi ilmiahnya menyampaikan pentingnya Literasi dalam membangun sensitivitas dalam menilai kompleksitas pengetahuan dan kondisi lingkungan sekitar. Literasi diperlukan sebagai upaya mitigasi dan adaptasi tentang penanggulangan bencana. Menurutnya  kesadaran pemerintah dan masyarakat akan pentingnya mitigasi bencana dibuktikan dengan dibentukan kelompok sadar bencana (KSB)  berbasis masyarakat. Pelaksanaan upaya mitigasi bencana oleh KSB memiliki nilai strategis dalam mengurangi kerentanan dan meningkatkan ketahanan masyarakat. KSB adalah pemrakarsa sekaligus aktor inti dalam upaya siap siaga bencana banjir dari tahap prabencana, hingga pascabencana. Salah satu upaya KSB dalam mitigasi dan adaptasi bencana banjir adalah melalui pendirian sistem peringatan banjir dini atau flood early warning system. Prof Erni Suharini menemukan fakta di lapangan yang  menunjukkan generasi milenial di Kota Semarang yang terdampak banjir memiliki kepekaan dalam kegiatan rehabilitasi lingkungan dan perbaikan penanganan bencana.  Hasil penelitiannya  juga menunjukkan bahwa generasi milenial berperan penting dalam keberhasilan KSB untuk mengedukasi, mestimulasi, dan menggerakkan masyarakat untuk lebih sadar bencana. Hal tersebut terwujud dari kesadaran dan tingkat partisipasi milenial  di daerah terdampak banjir dalam pemahaman akan kegiatan perencanaan, mitigasi, adaptasi, tanggap darurat, dan evaluasi. rehabilitasi dan evaluasi.

Prof. Dr. Subiyanto telah menciptakan aplikasi Sistem Cerdas bersama tim  diantaranya  1) Hopfield Neural Network Optimized Fuzzy Logic Controller for Maximum Power Point Tracking in Photovoltaic Systems, Dalam sistem ini pengendali berbasis fuzzy logic (FLC) dimodifikasi untuk dioptimalkan dengan menggunakan Hopfield neural network (HNN), 2) Fuzzy AHP Based Optimal Design Building-Attached Photovoltaic System for Academic Campus,  project ini peneliti melakukan desain dan memilih skenario terbaik untuk instalasi Building Attach Photovoltaic (BAPV) di Gedung Teknik Elektro UNNES, 3) Intelligence Technique Based Design and Assessment of Photovoltaic – Battery – Diesel for Distributed Generation System in Campus Area, project ini merupakan kelanjutan dari project sebelumnya  dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Homer dan Matlab berbasis teknologi Fuzzy-AHP telah dilakukan desain dan asesmen tekno-ekonomi pada distributed generation yang menggunakan PV-Baterai-Diesel. 4) Face recognition system with PCA-GA algorithm for smart home door security using Raspberry Pi ini merupakan pilot project skala lab dalam smart home security system, 5) A Sentiment Analysis Study for Twitter using Various Model of Convolutional Neural Network, tim menggunakan u algoritma deep learning yaitu Convolutional Neural Network (CNN) untuk melakukan sentiment analysis. CNN digunakan dalam komputasi atas sikap, pendapat, dan emosi orang pada suatu entitas atau topik yang sedang hangat diperbincangkan di media social, dan 6) Identification of Diseases in Tomato Leaves Using Convolutional Neural Network and Transfer Learning Method, proyek ini merupakan aplikasi variasi lain deep learning dalam pengolahan citra atau computer vision. Menurut Subiyanto Kecerdasan buatan berperan membantu manusia diberbagai sektor kehidupan. Sistem cerdas yang dibagun dari kecerdasan buatan menghadirkan tantangan sekaligus ancaman. Untuk itu pelu mempersiapkan diri mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi agar sistem cerdas bahkan sistem super cerdas akan tetap menjadi pelayan kita.

Prof. Dr. Isti Hidayah, sebagai Profesor dalam bidang Pendidikan Matematika, tema pidato yang disampaikan berkaitan dengan upaya mendukung pembelajaran matematika berkualitas dengan inovasi penyediaan alat peraga melalui hilirisasi produk alat peraga matematika dan keberterimaannya oleh guru dan anak didik. Prof Isti Hidayah berharap hilirisasi hasil riset dan inovasi, sehingga produk alat peraga matematika selain dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa sebagai pengguna, juga akan memberikan peluang lahirnya inovasi-inovasi sesuai tuntutan perkembangan zaman.  Melalui naskah orasi ilmiahnya Isti Hidayah menyampaikan Produksi dan pemasaran masal sebagai bagian dari tahapan hilirisasi produk alat peraga matematika (APM) dari riset pengembangan sangat diperlukan, karena hilirisasi menjadi komponen utama terjadinya difusi percepatan adopsi inovasi pembelajaran matematika yang berkualitas khususnya untuk jenjang pendidikan dasar.  Dari hasil peneletiannya Isti Hidayah merekomendasi kepada: Dinas Pendidikan agar  hasil penelitian dan pengembangannya dapat menjadi dasar atau pertimbangan untuk perbaikan implementasi pembelajaran matematika khususnya pada jenjang pendidikan dasar. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

UCDC Unimus bersama USAID YEP Gelar Pelatihan Financial Life Skills

SEMARANG (kampussemarang.com)- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Karir atau Unimus Career Development Center (UCDC) Universitas Muhammadiyah ...