Breaking News

8 Mahasiswa FK CUCMS Malaysia Jalani Internship di Unimus

ket foto: Rektor Unimus (6 dari kanan) saaat memperkenalkan 8 mahasiswa FK CUCMS Malaysia (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebanyak 8 mahasiswa Fakultas Kedokteran Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia selama tiga minggu menjalani internship (magang) di Fakultas Kedokteran Unimus. Mereka melakukan praktek internship di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Adhyatma MPH (RSUD Tugurejo Semarang) di bawah supervisi Unimus dan RSUD Tugurejo.

Wakil Dekan I FK Unimus dr Arief Tajali MKes dan Wakil Dekan II dr Aisyah Lahji MARS menyatakan kedelapan mahasiswa tersebut terdiri Fakhrul Syamil menjalani internship di departemen Onkologi, Rib’e (departemen Paediatric), Muhammad Zafri Zaqwan (Bedah), Amirah Nabilah (Bedah), Nurul Basyirah (Bedah), Mega Muliasari (Obgyn), Maryam Ulfah (Obgyn), dan Taibah Lailie (Obgyn). Mereka saat ini sudah menjalani dua minggu internship di bawah supervisor para dokter spesialis RSUD Tugurejo dan tinggal seminggu lagi menyelesaikan internship mereka.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi saat memperkenalkan mereka di acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran di kampus Unimus Jumat sore (08/09/2018) menyatakan kerjasama Unimus dengan CUCMS Malaysia menyusul penandatanganan MOU dan MOA kedua perguruan tinggi bebetrapa waktu lalu. Unimus belum lama ini melakukan pengiriman sejumlah mahasiswa FK Unimus melakukan international Unimus student mobility dan  benchmarking internasional ke CUCMS selama seminggu. Dalam waktu dekat FK Unimus juga akan mengirim mahasiswa menjalani internship di sana.  Langkah pengiriman mahasiswa Unimus ke luar negeri dan menerima mahasiswa asing ke Unimus sebagai salah satu upaya internasionalisasi Unimus serta peningkatan mutu Unimus di era global seperti sekarang ini.

Sementara itu perwakilan mahasiswa CUCMS Rib’e, Taibah Lailie, dan Fakhrul Syamil menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti internship di RSUD Tugurejo. Secara umum mereka sangat senang bisa menjalani internship di Unimus-RSUD Tugurejo karena sebagai dokter muda (coass) mereka tidak hanya bertugas di bangsal dan poli saja melainkan di bagian lain seperti ICU dan sejumlah bagian lainnya. Sehingga di bawah supervisor dokter spesialis RSUD Tugurejo, mereka merasa mendapatkan pengalaman internship lebih komplit disbanding kalau menjalani internship di negara Malaysia.

“Lebih banyak ilmu kami dapat di sini dari berbagai bagian atau departemen di stase-stase yang kami ikuti. Kami banyak dilibatkan dalam menangani banyak kasus penyakit sehingga lebih banyak ilmu kami dapat. Namun ada sedikit kendala yang kami hadapi menyangkut istilah-istilah peralatan medis atau penyakit yang agak berbeda antara  bahasa Indonesia dan bahasa Melayu. Termasuk pula istilah bahasa asing yang dipakai di dunia medis Indonesia yang menggunakan istilah dari bahasa Latin sementara Malaysia menggunakan istulah dalam bahasa Inggris sebagai konsekuensi Malaysia sebagai negara persemakmuran” ujar Taibah. (ks01)

ket foto: Perwakilan mahasiswa Malaysia (kiri) saat memberi cinderemata kepada Rektor Unimus (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unissula Tuan Rumah Rakernas BKS-PTIS

  SEMARANG (kampussemarang.com) – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang selama dua hari Kamis dan ...