Breaking News

Arsitektur Unika Raih Akreditasi A

ket foto: Dekan (kanan) dan Kaprpdi Arsitektur saat menunjukkan surat akreditasi (Foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Program studi (prodi) Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang meraih nilai unggul (A) akreditasi prodi  BAN PT. Sebagai rasa syukur, Prodi mengadakan misa syukur di ruang B.4.1 gedung Henricus Constance lantai 4 kampus setempat, Jumat (19/7/2019).

Kaprodi Arsitektur MD Nestri Kiswari,  ST., M.Sc  menyatakan rasa syukurnya karena re-akreditasi prodi yang dipimpinnya berhasil mempertahankan (reakreditasi) dengan nilai A. Nlai yang diraih dalam akreditasi inipun meningkat dari 371 pada akreditasi sebelumnya menjadi 374.

“Hasil ini tidak berhenti di sini tetapi semakin menjadi tantangan untuk lebih mengembangkannya sejalan dengan revolusi industri 4.0 seraya lebih pada pengembangan SDM-nya. Pengembangan diperlukan agar terjadi penguatan karakter mahasiswa sesuai dengan pola ilmiah pokok (PIP) Unika eco settlement yang berkarater ekologis. Dosen berkolaborasi dengan mahasiswa untuk penelitian dan pengabdian masyarakat bersama serta untuk memperkaya materi kuliah  ” ujar Kaprodi.

Di usia prodi ke 52 tahun ini Prodi ini juga memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan sejumlah perguruan tinggi seperti Unnes, Udinus, Undip , Telkom dan lain sebagainya. Prodi Arsitektur Unika juga sebagai bagian dari asosiasi pendidikan tinggi arsitektur .

Berbasis Pola Ilmaih Pokok (PIP) Unika Soegijapranata “eco sttelemen”, prodi ini  concern pada green arsitektur dan selalu menjiwai kurikulum. Membangun yang hijau dan berkelanjutan menjadi concern prodi arsitektur yang sekaligus sebagai ciri khas yang membedakan dengan prodi arsitektur dari prodi sejenis di perguruan tinggi lainya.

Sementara itu Dekan FAD Unika Soegijapranata Dra. B. Tyas Susanti, MA.,Ph.D  menyatakan sudah menyiapkan setahun terakhir untuk keperluan re-akreditasi ini. Keterlibatan gugus pengendali mutu (GPN) fakultas yang juga dibantu GPM universitas sangat membantu kelancara akreditasi.

“Reakreditasi ini agak berat karena akreditasi sebelumnya meraih A sehingga target A harus pula bisa dipenuhi. Kita berharap dua prodi lainnya di FAD yaitu prodi desain komunikasi visual (DKV) dan S2 Arsitektur tahun depan bisa meraih akreditasi A juga karena tahun depan sudah harus menyampaikan re-akreditasinya” ujar Dekan.

Lebih lanjut menurut Dekan FAD, ke depannya FAD akan lebih mengarah ke digitalisasi sejalan dengan era industri 4.0. Juga meningkatkan akreditasi jurnal arsitektur maupun jurnal yang lain di bawah FAD Unika. (ks01)

ket foto: suasana misa syukur prodi arsitektur Unika (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSW Unika Putar dan Diskusi Film “First”

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Pusat Studi Wanita (PSW) Unika Soegijapranata Semarang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika ...