Breaking News

Dalam Rangka Dies 63: Undip Lakukan Bhakti Sosial

ket foto: Rektor Undip saat melepas angkutan bantuan sembako dan sarana kesehatan untuk masyarakat sekitar kampus (Foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum minta seluruh civitas academica Undip meningkatkan   kepedulian pada lingkungan hidup dan lingkungan manusia, karena keduanya sama pentingnya.

Prof Yos Johan Utama menyampaikan halitu saat sambutan dimulainya Rangkaian Bhakti Sosial memperingati Dies Natalis ke-63 Undip yang dilakukan di Halaman Kantor Rektorat, Jumat (2/10/2020).

Pada kesempatan itu, Rektor menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako, masker, hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat sekitar kampus yang diwakili Lurah Tembalang, Lurah Kramas dan Lurah Bulusan serta Camat Tembalang Kota Semarang. . Bantuan tersebut berasal dari IKA Undip dan sejumlah perusahaan pendukung.

“Dalam rangka Dies Natalis ini kita melakukan banyak kegiatan bakti social dan dilakukan setiap tahun.  Alhamdulillah, kampus kita tercinta sudah 63 tahun, sudah banyak yang kita lakukan. Saya meminta seluruh jajaran Undip meningkatkan kepedulian kepada lingkungan manusia dan lingkungan hidup. Ada pepatah pager mangkok lebih kuat daripada pager tembok. Oleh karenanya, kita memberi mangkok, untuk membantu masyarakat di sekitar kita,’’ ujar Rektor.

Menurut Rektor, meski sudah banyak hal yang dilakukan, namun upaya untuk berbuat tidak boleh berhenti. Harus terus dilakukan dan berkelanjutan. Rektor mencontohkan bukan hanya karena ada pandemi Covid-19 maka dilakukan bhakti social, namun sebelum masa pandemi covid-19 juga selalu melakukan bhakti sosial. Undip juga terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dan melakukan riset-riset yang bermanfaat untuk masyarakat dan negara.

“Undip berkomitmen terus bergerak  melayani pendidikan berkualitas. Termasuk memberi bantuan bagi mahasiswa dari kelompok yang tidak mampu dengan jumlah mencapai ribuan dengan memberikan keringanan dan pembebasan UKT (Uang Kuliah Tunggal) serta melaksanakan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang diinisiasi pemerintah” tandas Rektor.

Ketua Panitia Dies ke-63 yang juga Dekan  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Prof Ir Tri Winarni Agustini MSc PhD mengatakan banyak rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka ulang tahun Undip. Seperti yang dilakukan pada Jumat (2/10/2020) dengan membagikan bantuan berupa 250 liter hand sanitizer (10 derigen @ 20 liter dan 10 derigen @ 5 liter), 150 liter disinfektan (30 derigen @ 5 liter) dan 1.000 pcs masker kain.

Dalam rangkaian acara, pada 15 Oktober 2020 mendatang Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dijadwalkan akan menjadi pembicara dalam orasi ilmiah. Kegiatan lainnya penanaman pohon di kawasan hutan Penggaron, yakni hutan seluas 99,6 hektar yang ada di Kabupaten Semarang Jawa Tengah yang sudah diserahkan pengelolaannya oleh pemerintah ke Undip.  Semua kegiatan yang dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rudi Hartono Guru Besar ke 121 Unnes

SEMARANG (kampussemarang.com)- Dosen Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr ...