Breaking News

Dosen FMIPA Unimus Visiting Lecture untuk UPSI Malaysia

ket foto : Dekan FMIPA Unimus (3 dari kanan) bersama para dosen FMIPA yang ngajar ke UPSI (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Kolaborasi antara para dosen Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dengan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia semakin baik, meningkat dan bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa kedua perguruan tinggi (PT) dua negara bertetangga ini.

Salah satu rangkaian kegiatan kolaborasi yang dilakukan adalah para dosen FMIPA Unimus mengajar (visiting lecture) untuk mahasiswa FSM UPSI dan sebaliknya. Termasuk Jumat sore (11/9/2020), tiga dosen FMIPA Unimus melakukan “Visiting Lecture” (VL) ke UPSI Malaysia secara daring dari Kampus FMIPA Unimus.

Bertindak sebagai moderator VL Dr Foo Chuan Hui (dosen Pendidikan Matematika FSM UPSI), 3 dosen Unimus Dr Rochdi Wasono, Riani Wahyu Utami MSi (kedua dosen prodi Statistika FMIPA) dan Iswahyudi Joko S SSi MPd (dosen Pendidikan Matematika FMIPA) selama dua jam lebih mengajar mahasiswa semester 5 FSM UPSI tentang “conditional probability and bayes theorem”.

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd kepada pers di sela-sela kegiatan mengatakan Visiting Lecture (VL) ini kali kedua diadakan FMIPA Unimus (Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Kimia, dan Prodi Statistika).  Sebelumnya, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika melakukan VL dan kali ini VL oleh prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Statistika.

“Beberapa hari ke depan gantian dosen UPSI Dr Foo Chuan Hui dari UPSI akan mengajar mahasiswa FMIPA Unimus. Ke depannya, para pengajar FMIPA Unimus dan FSM UPSI menjadi tim teaching untuk semakin sering mengajar silang di kedua universitas” ujar Dr Eny Winaryati MPd.

Menurut Dekan FMIPA ini, rangkaian kegiatan visiting lecture merupakan keberlanjutan hasil silaturahmi  FMIPA ke UPSI Malaysia 20 Feb 2020 lalu dan langsung dilanjutkan dengan action berbagai kegiatan. Banyak hasil dari kegiatan ini di antaranya menghasilkan tim teaching dua universitas ini, menghasilkan kesamaan wawasan dan pemahaman tentang materi dimana baik UPSI maupun Unimus sama sama mengkaji, mengevaluasi, dan merefleksi kembali kegiatan.

“Luar biasa hasilnya, tujuan visiting lecture selain silaturahmi dua perguruan tinggi beda negara, juga mencapai kesamaan wawasan, pemahaman terkait pembelajaran. Ada diskusi tentang konten apa yang diberikan sehingga dosen paham betul apa yang akan diajar serta menjadi refleksi dosen. Juga kita tahu sejauh mana goal yang dicapai di UPSI dan di Unimus, itupun jadi bahan kajian kita sejauh mana dan apakah goal di sini sama dengan di sana. Kegiatan ini diawali dari diskusi dua tim, medotenya apa, strategi pembelajaran, medianya apa. Kalau sudah bicara strategi, metode, media `dan lain lain berarti sudah bicara ranah proses pembelajaran efektif efisisien. Termasuk kontennya apa, semuanya hasil diskusi. Kita tahu dan paham bagaimana strategi pembelajaran di UPSI sehingga tanpa kita sadari menjadi pengayaan diri, pendewasaan diri, peningkatan pemahaman yang lebih daripada sebelumnya” tandas Dr Eny.

Lebih lanjut menurut Dr Eny Winaryati MPd, kegiatan visiting lecture menjadikan terbentuknya collaboration teaching yang bermafaat untuk kedua belah ihak. Saat ini FMIPA Unimus dan FSM UPSI sedang mulai menggagas terkait rencana short course student exchange kedua universitas. (Sgi)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Opening Unimus Library Fest 2020

  SEMARANG (kampussemarang.com)-  Bulan September merupakan bulan spesial bagi dunia perpustakaan Indonesia. Karena bulan September ...