Breaking News

Dosen Unika Soegijapranata Terima Penghargaan BNN

Indra Dwi Purnomo (kanan) saat menerima penghargaan dari BNN (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Belum lama ini Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah memberi penghargaan kepada dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Indra Dwi Purnomo SPsi MPsi. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi BNN kepada Indra Dwi Purnomo sebagai salah satu tokoh yang gencar mengkampanyekan Anti Narkoba kepada masyarakat umum, khususnya di kampus Unika Soegijapranata.

“Di kampus Unika, penanggulangan yang dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di antaranya  dengan melakukan test urine pada sivitas akademika yang sampelnya diacak dan diadakan setiap bulan sekali” ujar Indra Dwi Purnomo yang juga menjabat Wakil Dekan III Fakultas Psikologi ini.

Indra Dwi Purnomo sudah aktif menjadi praktisi anti narkoba sejak tahun 2010. Dirinya tertarik dengan dunia klinis khususnya dalam bidang penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, penyalahgunaan narkoba saat ini sudah semakin mengkhawatirkan dan perlu dilakukan tindakan preventif.

“Saya sangat tertarik dengan dunia psikologi klinis yang ada kaitannya dengan psikologi kesehatan yaitu drugs addition dengan harapan menjadi praktisi yang tahu lebih mendalam mengenai hal tersebut serta bisa turut ambil bagian dalam upaya pencegahan narkoba dalam masyarakat. Saya juga menangani klien yang kecanduan narkoba serta melihat dampak-dampaknya sehingga perlu dilakukan pencegahan agar tidak semakin meluas lagi dampaknya” ujar Indra.

Memberantas narkoba, tambah Indra, haruslah sampai ke akarnya, makanya dirinya juga memberikan penyuluhan kepada guru-guru untuk deteksi dini penyalahguna narkoba serta memberikan tindakan preventif agar tidak terjerumus dalam lingkaran narkoba. Indra juga memberikan skill bagi orang yang telah direhabilitasi untuk mencegah kekambuhan secara psikologis.

Tak hanya aktif untuk mencegah peredaran narkoba di kampus Unika, namun Indra juga membantu pihak BNN tingkat Provinsi sampai ke BNN Pusat serta menjadi  penyuluh anti narkoba di lembaga rehabilitasi milik pemerintah. Saat ini ia juga masih aktif menjadi konsultan di BNN Jawa Tengah bagian pencegahan. (ks-01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Nicolaus Kristanto, Mahasiswa Difabel Unika Berprestasi di Fotografi

    SEMARANG (kampussemarang.com)- Menjadi tunarungu sejak lahir tidak membuat Nico putus asa. Nicolaus Kristanto ...