Breaking News

Fadli Zon Lantik Pengurus DPW Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Jateng

ket foto:Fadli Zon saat mengisi buku pesan pelantikan DPW IKM Jateng di Semarang (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Propinsi Jateng 2018-2023 dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKM Dr H Fadli Zon SS MSc dan Sekjen DPP IKM Ir Nefri Hendri MT di Wisma Perdamaian, Minggu (08/07/2018). Pada kesempatan tersebut dilantik pula pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) atau setingkat kabupaten se Jateng.

Pengurus DPW IKM Jateng diketuai Kompol H Syafri SH, dibantu 5 Wakil Ketua (Zainudin, Ir Syafruddin CH, H Epi Rizandy, Adrial, dan Mofrizal), Sekretaris H Robinson SH dibantu 3 wakil sekretaris, Bendahara Suhelpi Tanjung serta sejumlah Biro. Selain melantik pengurus DPW, Fadli Zon juga melantik pengurus tingkat kabupaten (DPD) IKM se Jateng.

Kepada pers usai pelantikan, Fadli Zon dan Ketua Panitia Pelaksana Faisal Umar menyatakan di Jateng sedikitnya ada 100.000 orang Minangkabau yang tersebar di berbagai daerah di propinsi ini. Keberadaan mereka bersatu dengan masyarakat Jateng serta berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk di bidang ekonomi masyarakat setempat. IKM-IKM yang ada dijadikan jejaring dan kerjasama antara sesama masyarakat Minangkabau di rantau maupun dengan masyarakat setempat.

“Masyarakat Minangkabau sangat bisa beradaptasi dengan masyarakat tempat mereka berada. Mereka berpedoman pada pepatah dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung.  Kami berharap pula masyarakat Minang di rantau tetap selalu memegang adat budaya yang banyak bersumber pada ajaran-ajaran agama. Orang Minang sangat menghargai perbedaan dan sangat toleran serta selalu berusaha menjadi perekat NKRI” ujar Fadli Zon.

Lebih lanjut menurut Fadli Zon, banyak tokoh tokoh nasional dari Minang berkontribusi bagi pendirian bangsa dan negara seperti Bung Hatta, Sutan Syahrir, Tan Malaka, H Agus Salim, Abdul Muis dan lain sebagainya. Kontribusi orang Minang sangat penting sejak jaman pendirian republik sampai sekarang.

Sementara itu Ketua DPW IKM Jateng  Kompol H Syafri SH menyatakan berdasarkan AD ART IKM dirinya akan berusaha semakin menyatukan warga Jateng asal Minang yang ada di propinsi ini lewat perkumpulan IKM yang sudah ada di 35 kab/kota se Jateng ini.  (ks01)

ket foto: Fadli Zon  disambut secara adat Minang saat akan memasuki tempat pelantikan pengurus DPW IKM Jateng (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unimus Kirim 6 Mahasiswa Berprestasi ke Dongseo University Korsel

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebanyak enam mahasiswa D4 Analisis Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) ...