Kampussemarang.com http://www.kampussemarang.com Portal Berita Online - Informasi Seputar Berita Khusus Kampus Tentang Pendidikan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Berbagai Kampus di Kota Semarang Tue, 16 Oct 2018 07:47:36 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 Polines Latih UMKM Genteng Grobogan http://www.kampussemarang.com/polines-latih-umkm-genteng-grobogan/ http://www.kampussemarang.com/polines-latih-umkm-genteng-grobogan/#respond Mon, 15 Oct 2018 15:44:42 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4085

ket foto: tim polines saat menyerahkan alat pada UMKM Foto dok)

SEMARANG kampussemarang.com) Politeknik Negeri Semarang (Polines) belum lama ini membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengrajin genteng galvalum di desa Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

“Pada umumnya UMKM pengrajin genteng galvalum dalam beberapa proses produksi masih dilakukan secara manual belum banyak yang memanfaatkan teknologi dalam pengerjaannya mengakibatkan  kualitas dan kuantitasnya rendah, dan harga jualnya tidak mampu bersaing. Padahal hal ini dapat berdampak pada penghasilan UMKM dan membantu pendapatan Pemkab” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2018 Drs Ahmad Supriyadi MT  di Kampus Polines, Senin (15/10).

Menurutnya, di Grobogan selama ini pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya masih menggunakan teknologi sederhana, padahal dengan tambahan sentuhan teknologi, UMKM dapat berkembang meningkatkan daya saing dan berdampak positip bagi keuntungan dan perekonomian mereka. Timnya telah melatih dua UMKM pengrajin genteng galvalum di Grobogan.  Pihaknya memberikan bantuan   mesin pengaduk pasir dengan iron-oksid untuk memperbaiki proses pencampuran yang selama ini menggunakan cara manual, dengan mesin tersebut hasil campuranya homogen cepat waktunya dan kapsitasnya jauh lebih besar. juga memberkan pelatihan manajemen keuangan dan keselamatan kerja bagi karyawan dan pengusahanya. Omset penjualan dan harga jual produk di kedua UKM tersebut meningkat cukup signifikan. (Ks01)

 

 

]]>
http://www.kampussemarang.com/polines-latih-umkm-genteng-grobogan/feed/ 0
Unimus Gelar Dialog Interaktif Dukung Pemilu Damai 2019 http://www.kampussemarang.com/unimus-gelar-dialog-interaktif-dukung-pemilu-damai-2019/ http://www.kampussemarang.com/unimus-gelar-dialog-interaktif-dukung-pemilu-damai-2019/#respond Thu, 11 Oct 2018 15:19:19 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4080

ket foto: suasana dialog pemilu damai (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)-  Pemilihan Umum (Pemilu) serentak berupa Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dilaksanakan tahun 2019 dan semua komponen bangsa harus menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Untuk  terwujudnya penyelenggaraan Pileg dan Pilpres yang aman, damai, dan berkeadilan. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) sebagai salah satu bagian komponen bangsa bertekad mendukung Pemilu yang damai, mengedukasi dan bermartabat.

Upaya tersebut diwujudkan dengan menggelar Dialog Interaktir “Membangun Karakter Bangsa, Mencegah Perpecahan NKRI Menuju Pemilu 2019 Aman dan Damai” di Patra Semarang Hotel and Convention Kamis (11/10/2018).  Dialog menampilkan 4 pembicara Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng Dr KH Rozikhan MAg, Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah sekaligus pengurus BNPT dan pengurus MUI Jateng Dr KH Fadlolan Musyaffa’ LC MA  serta Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah M Fajar SAK Arif SH MH.

Dibuka oleh Rektor Unimus, acara diikuti 200 orang terdiri tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan pondok pesantren, perwakilan BEM dan mahasiswa di kota Semarang, organisasi pemuda dan akademisi. Dalam sambutannya Prof Masrukhi memaparkan Pemilu 2019 harus secara langsung dan damai. Semua komponen bangsa harus bisa mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 dengan sebaik-baiknya.

“Diskusi digelar agar mereka bisa mengekspresikan dirinya sebagai warga negara dan warga bangsa yang baik, tidak hanya berpartisipasi memberikan suara tetapi lebih jauh dapat mengedukasi masyarakat menjadi pemilih yang baik serta mengawal pelaksanaan Pemilu dengan sebaik-baiknya” papar Prof Masrukhi.

Dalam paparan materinya Prof Masrukhi juga menyampaikan jika masyarakat Indonesia menjalankan kehidupan bermasyarakat bedasarkan Pancasila maka kedamaian akan terselenggara termasuk pemilu aman dan damai dalam konstitusi, kehidupan beragama sudah dijamin. “Dari berbagai agama maka Pancasila menjadi titik temu, titik tuju negara Indonesia adalah masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila” tandasnya.

Terkait  antisipasi adanya kampanye hitam, penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian Rektor Unimus menandaskan ada dua hal yang dilakukan yaitu preventif melalui edukasi tentang bahaya hoax juga kampanye hitam serta kampus selalu memantau akun-akun media sosial di kalangan mahasiswa.

Sesi pertama diskusi dibuka Wakil Ketua PWM Jateng Dr KH Rozikhan MAg memaparkan tentang “Keberagaman  Dalam Islam &  Pemilu Damai”.  Mensikapi banyaknya keberagaman di masyarakat. ujar Rpzhikan, ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar tercipta pemilu damai antara lain tidak superior, tidak memaksa orang lain, tolong menolong dalam kebaikan, komunikasi beradab juga menghargai dan  menghormati.

Pembicara kedua Dr KH Fadlolan Musyaffa’ LC MA memaparkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. perlu memberikan wawasan kepada remaja agar mengikuti pesta demokrasi secara baik, jangan ‘golput’ karena golput artinya orang yang tidak  memiliki tanggung jawab sebagai warga negara.

“Saat ini kita sedang mengalami “desintegrasi” yaitu dipecah belah, antara lain oleh kaum formalis yang berusaha memaksakan ideologi untuk dapat masuk kedalam ranah formalitas (ranah Pemilu). Apabila pemetaan atau pemakasaan tidak mampu masuk ke ranah formalitas maka akan menyebarkan berita hoax dan kekerasan atau revolusi. Maka desintegrasi harus dipecahkan dengan cara yang damai dicarikan solusi, agama bisa menjadi solusi karena agama apapun secara universal mengajarkan kepada kebaikan, kedamaian dan persaudaraan” tegas Dr Fadlolan Musyafa’.

Lebih lanjut menurutnya, kalau diselesaikan dengan cara itu maka semuanya akan jadi lebih baik. Para pemuka agama berbicara untuk menemukan titik temu dalam hal kedamaian, NKRI adalah titik temu dari agama yang ada di Indonesia. Semua agama harus menjaga kerukunan dan kedamaian, karena jika terjadi instabilitas maka mudah dipecah belah. Agama dan negara ibarat mata uang tidak dapat dipisahkan.

Mengakhiri sesi diskusi Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah memaparkan kegiatan pemilu adalah upaya kegiatan untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kita semua diberi hak dan berdaulat untuk menentukan masa depan negara, Pemilu merupakan mandat konstitusi yang menjadi bagian kita semua. Sebagai bagian merawat demokratisasi Bawaslu melakukan pengawasan partisipasik. Melalui pengawasan partisipatik diharapkan keterlibatan pemilih bukan hanya sekedar mencoblos saja. Yang di hindari adalah Politik berbiaya tinggi berupa politik uang sehingga kegiatan yang harus diupayakan adalah mengajak para pemilih atau individu yang peduli untuk menolak politik uang. Semua komponen masyarakat harus terlibat dalam mendukung pemilih dengan menggunakan hak suara juga melakukan pengawasan terhadap politik uang dan ada atau tidaknya kecurangan” tandasnya.

Dipandu oleh moderator Dr R Djoko Setyo Hartono sesi presentasi diakhiri dengan diskusi yang cukup interaktif. Dialog Interaktif ditutup dengan deklarasi Pemilu 2019 “Damai, Mengedukasi dan Bermartabat” oleh perwakilan beberapa unsur dari tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi juga mahasiswa diwakili Drs H Musman Tholib MAg (Muhammadiyah), Sania Aini (NU), Dr Suprayogi (unsur dosen), HM. Najih Murod (perwakilan pesantren) dan Luthfiana Kartika Dewi (unsur mahasiswa). Deklarasi diikuti seluruh peserta dialog interktif. Melalui deklarasi peserta dialog menyuarakan janji menjaga keutuhan NKRI; menciptakan situasi yang aman, mengedukasi dan bermartabat dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, melaksanakan pemilu tanpa hoax, politisasi uang dan SARA, serta: tunduk dan patuh terhadap hukum yang berlaku. (ks01)

ket foto: Rektor Unimus saat membuka dialog pemilu damai (foto dok)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unimus-gelar-dialog-interaktif-dukung-pemilu-damai-2019/feed/ 0
Unissula Gelar Peringatan Tahun Baru Muharram http://www.kampussemarang.com/unissula-gelar-peringatan-tahun-baru-muharram/ http://www.kampussemarang.com/unissula-gelar-peringatan-tahun-baru-muharram/#respond Tue, 09 Oct 2018 08:19:32 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4077  

ket foto: Rektor Unissula (kiri) saat memberikan Unissula Award kepada Prof Dr Amal Fathullah Zarkasyi MA (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tiap tahun menyelenggarakan rapat senat terbuka Peringatan Tahun Baru Hijriah Muharram dan pemberian Unissula Award bagi tokoh yang dianggap berprestasi di bidangnya. Peringatan tahun ini dilakukan Selasa (9/10/2018) di aula Fakultas Kediokteran Unissula kampus Kaligawe.

Peringatan Tahun Baru Hijriah yang dilakukan Unissula mirip dengan peringatan Dies Natalis yang dilakukan kampus kampus lain di Indonesia. Peringatan diawali dengan pidato Rektor Unissula Ir Prabowo Setiyawan MT PhD terkait kemajuan dan prestasi Unissula selama setahun terakhir. Disusul, pemberian Unissula Award kepada KH Mohammad Zarkasyi (almarhum) pendiri pondok pesantren modern Gontor yang dianggap Unissula berjasa luar biasa dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Unissula Award diserahkan Rektor Unissula kepada Rektor UNIDA Gontor Prof Dr Amal Fathullah Zarkasyi MA.

Peringatan diisi pula dengan pidato dengan pembicara kunci Ir Muhaimin Iqbal (Chairman of Indonesia Startup Center) tentang hijrah peradaban. Menurutnya, kehadiran internet dan IT sangat mengubah peradaban di hampir semua bidang. Tiga dasa warga lalu tidak membayangkan kalau dunia digerakkan dengan teknologi internet dan IT di segala bidang. Dan IT serta internet belum pudar sudah ada teknologi terbaru yang siap mengguncang dunia yaitu blockchain yaitu tools untuk mempercepat perkembangan bisnis dan teknologi terapan di semua sektor yang menunjang kemajuan peradaban manusia.

“ Ada 10 sektor yang berpeluang dikembangkan dengan teknologi blockchain agar menjadi peradaban yang maju, lebih berkelanjutan dan sesuai dengan nilai nilai Islam, yaitu sandang, pangan, papan, energi, pekerjaan, permodalan, konsumsi dan produksi, feedstock/industri dasar, layanan sosial dan generasi. Misal sandang, sebagian besar kebutuhan sandang dibuat dari bahan kapas yang kita impor hampir 100 persen. Sementara ada bahan baku alternatif yang lebih murah, mudah, berkualitas yaitu serat bambu. Mudah ditanam dan teknologinya pengolahannya sudah banyak, tinggal siapa yang mau menekuni. Begitu juga energi, harusnya Indonesia secara massif mengembangkan energi baru terbarukan berbasis biomassa yang cocok bagi Indonesia” ujar Muhaimin. Pada akhir peringatan, Unissula dan Indonesia Startup Center menandatangani naskah kerja sama atau MOU antara keduanya.  (Ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unissula-gelar-peringatan-tahun-baru-muharram/feed/ 0
Unissula Dorong Siswa SMK Diponegoro Selektif Pilih Prodi http://www.kampussemarang.com/unissula-dorong-siswa-smk-diponegoro-selektif-pilih-prodi/ http://www.kampussemarang.com/unissula-dorong-siswa-smk-diponegoro-selektif-pilih-prodi/#respond Tue, 09 Oct 2018 05:42:58 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4068  

Ket foto: Siswa SMK Diponegoro Banyuputih antusias mengikuti campus tour di Unissula (foto dok)

SEMARANG   (kampussemarang.com)  -Sebanyak 180 siswa SMK Diponegoro Banyuputih Batang mengadakan kunjungan study tour (campus tour) ke kampus Unissula Semarang yang diterima langsung Wakil Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD, Senin (8/10/2018).

Dalam sambutannya Muhammad Qomaruddin menjelaskan agar selektif memilih prodi serta memotivasi siswa agar tidak mudah patah arang untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi meskipun memiliki berbagai keterbatasan seperti keuangan. Hal itu jangan menjadi halangan lulusan SMA, SMK dan MA untuk mengejar cita-cita. Sebab, sedikitnya ada 12 jenis beasiswa yang diberikan bagi mereka dari Unissula Semarang.

”Di antaranya, jika hafal 30 juz Alquran, maka kita akan memberi beasiswa bagi hafiz Alquran 30 juz, kuliah gratis. Beasiswa lain pun menanti, termasuk yang diberikan pemerintah lewat Bidik misi. Kami memfasilitasi Bidik misi tersebut, tahun ini ada 21  mahasiswa dari keluarga miskin, lewat jalur Bidikmisi yang diterima.  Juga beasiswa berprestasi akademik maupun non akademik,” kata  Wakil Rektor III M Qomaruddin.

Menurutnya, beasiswa diberikan di luar fakultas kedokteran dan kedokteran gigi. ”Peminat untuk masuk ke Fakultas Kedokteran sangat ketat. Hanya berkisar kurang dari 200 yang diterima, namun yang mendaftar sampai 2.000 orang,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Kesiswaan dan Kurikulum SMK Diponegoro Banyuputih, Partono MPd mengatakan kegiatan  bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswanya, terkait dengan dunia perkuliahan. Pasalnya, kuliah tidak seperti sekolah di SMK.

”Banyak jurusan dan program studi yang ditawarkan, oleh karenanya mereka harus diberi pandangan sejak dini. Sehinggga tidak salah dalam mengambil jurusan yang diminati,”pungkas Partono. (Ks01)

 

]]>
http://www.kampussemarang.com/unissula-dorong-siswa-smk-diponegoro-selektif-pilih-prodi/feed/ 0
Prof M Mahfud MD: Pancasila Makin Diperlukan Di Masa Depan, Era “Keterasingan” Karena Gadget http://www.kampussemarang.com/prof-m-mahfud-md-pancasila-makin-diperlukan-di-masa-depan-era-keterasingan-karena-gadget/ http://www.kampussemarang.com/prof-m-mahfud-md-pancasila-makin-diperlukan-di-masa-depan-era-keterasingan-karena-gadget/#respond Mon, 08 Oct 2018 15:23:13 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4072

ket foto: Rektor Unika (kiri) bersama Prof Mahfud MD (tengah) saat pers conference di kampus Unika foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com) –  Pancasila di masa sekarang dan depan akan menghadapi banyak tantangan. Di antaranya banyak produk hukum dibuat dengan tidak berdasarkan rasa keadilan serta munculnya banyak gerakan radikalisme, intoleransi dan lain sebagainya di masyarakat. Juga munculnya generasi baru yang dalam kehidupan kesehariannya lebih didominasi penggunaan teknologi IT lewat gadget sehingga kurang interaksi sosial dengan anggota masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar UII Yogyakarta yang juga anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Dr M Mahfud MD SH SUkepada pers di kampus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang usai Prof Mahfud MD tampil sebagai pembicara Kuliah Umum kebangsaan di depan para mahasiswa baru Unika di sport hall kampus setempat, Senin (8/10/2018).

“Di masa depan orang  akan semakin terasing karena bisa melakukan semua aktivitas dari kamar masing masing lewat gadget. Pancasila akan sangat dibutuhkan untuk pendidikan watak atau karakter membangun bangsa. Pembangunan manusia di masa depan bisa tidak seimbang dan lebih menekankan pada ilmu atau otak ketimbang hati nurani kalau Pancasila diabaikan. Tren ke depan makin banyak skill atau otak dicapai manusia tetapi hati nurani masa depan lemah sehingga Pancasila perlu diinternalisasikan dalam kehidupan” ujar Prof  Dr Mohammad Mahfud MD SH SU bersama Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya SKom SE MSIEC dan dosen Unika Dr Antonius Maria Laot Kian SS MHum.

Untuk menempatkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, ujar Prof Mahfud MD, Pancasila perlu dimasukkan menjadi mata pelajaran tersendiri yang selalu ada di tiap jenjang pendidikan mulai SD, bahkan mulai TK  sampai perguruan tinggi. Selama ini Pancasila tidak masuk dalam mata pelajaran khusus yang diajarkan di tiap tingkatan dan jenjang Pendidikan. Pancasila hanya menjadi bagian yang ada di dalam beberapa mata pelajaran misalnya geografi, sejarah, politik dan lain lain.

Sementara itu Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya SKom SE MSIEC menyatakan sebagai lembaga pendidikan, Unika setiap tahun sudah mengenalkan materi kebangsaan atau Pancasila sejak mahasiswa masuk Unika (mahasiswa baru). Juga pada semua kegiatan pelatihan mahasiswa di semester semester berikutnya seperti pada tiap jenis latihan kemimpinan mahasiswa. Teknik yang dipakaipun tidak hafalan tetapi menemukan jawabannya dari keadaan di masyarakat atau sampai pada taraf pengamalan Pancasila di masyarakat. (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/prof-m-mahfud-md-pancasila-makin-diperlukan-di-masa-depan-era-keterasingan-karena-gadget/feed/ 0
90 Tahun Gereja Katedral Semarang: Ajak Masyakarat Semakin Peduli Pada Sesama http://www.kampussemarang.com/90-tahun-gereja-katedral-semarang-ajak-masyakarat-semakin-peduli-pada-sesama/ http://www.kampussemarang.com/90-tahun-gereja-katedral-semarang-ajak-masyakarat-semakin-peduli-pada-sesama/#respond Sat, 06 Oct 2018 09:32:18 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4061

ket foto: (kiri-kanan) Romo Yoseph Herman, Hendy Kiawan, dan Ariyanto  saat jumpa pers di sela sela acara HUT ( Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Kemeriahan dan keceriaan anak-anak dari berbagai TK/SD Katolik di Kota Semarang terasa sekali saat mereka tampil di pentas seni sekolah katolik dalam rangka HUT ke 90 Gereja Paroki Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari (Katedral Semarang) Sabtu (06/10/2018). Begitu pula para penonton pentas seni yang di areal tersebut juga digelar bazaar berbagai kuliner khas Semarang maupun dari berbagai kota lain di Indonesia. Penonton juga terpukau saat sejumlah siswa siswi SD Marsudirini Cor Jesu menyanyikan sejumlah lagu Jawa dengan berpakaian Jawa seraya diiringi musik dari barang barang bekas seperti galon air mineral, piring, botol, panci dan lain lain.

Sabtu dan Minggu (6-7/10/2018) merupakan puncak acara HUT yang rangkaian awalnya sudah dimulai sejak Mei 2018 lalu (bulan Maria). Pada Sabtu pagi sampai siang diisi senam pagi, bazaar kuliner dan pentas seni sekolah sekolah katolik. Siang harinya diisi seminar entrepreneurship “bisnis kopi” dan malam harinya digelar wayang kulit lakon Gatotkaca Panca Raga dengan dalang Ki Rama L Heri “Ipeng” P, MSF. Sedangkan Minggu pagi diisi lomba menggambar dan mewarnai dan puncaknya sore hari diisi perayaan Ekaristi HUT 90 Paroki dipimpin Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, pelantikan Dewan Paroki dan Launching Program BKSY serta malam hari diisi pesta 1.000 umat dan tampilan seni lintas agama. Acara diisi pula dengan pagelaran lagu-lagu Orang Muda Katolik, doa lintas agama serta kegiatan sosial pembagian sembako, pengobatan gratis, lomba paduan suara se-keuskupan, dan safari kitab suci lintas agama.

Pastur Paroki Gereja Katedral Romo Yoseph Herman Singgih Sutoro Pr didampingi Vikaris Paroki Romo Heri, Koordinator acara Hendy Kiawan dan Seksi Publikasi Ariyanto kepada pers di sela-sela acara Sabtu (6/10/2018) menyatakan di usia 90 tahun Gereja Paroki mengajak masyarakat semakin peduli pada sesama terutama pada yang menderita dan mengalami kesusahan. Seperti halnya masyarakat Lombok dan Palu yang belum lama ini terkena musibah bencana gempa bumi hebat dan sunami .  Paroki Gereja Katedral memberi perhatian dan menghimpun solidaritas ke Lombok beberapa waktu lalu dan saat ini ke Palu seraya mengajak semua untuk peduli sesama.

Dengan tema HUT 90 tahun bertemakan “utuh merengkuh, terlibat nyata berbelarasa”, ujar Romo Yoesph Herman, paroki gereja katedral ingin cita-cita keuskupan bisa terwujud. Yaitu kebersamaan masyarakat Indonesia dengan peduli kasih, tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman. Juga hidup bersama di masyarakat dengan beragam agama, budaya, suku bangsa secara berdampingan selaras untuk sejahtera bersama lewat nilai kemanusiaan dan iman pada Tuhan. (Ks01)

ket foto: penampilan anak anak SD Marsudirini Cor Jesu dengan pakaian tradisional menyanyi lagu lagu Jawa diringi tetabuhan atau musik dari berbagai barang bekas (foto dok)

]]>
http://www.kampussemarang.com/90-tahun-gereja-katedral-semarang-ajak-masyakarat-semakin-peduli-pada-sesama/feed/ 0
Profesor Jepang Visiting Profesor di Undip http://www.kampussemarang.com/profesor-jepang-visiting-profesor-di-undip/ http://www.kampussemarang.com/profesor-jepang-visiting-profesor-di-undip/#respond Fri, 05 Oct 2018 02:27:58 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4058  

ket foto: Profesor Jepang saat berpose bersama sivitas Undip (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com) – Sebagai rangkaian kegiatan Visiting Professor Programme melalui skema World Class Professor, Sekolah Vokasi Undip menerima kunjungan Professor Hideaki Kasai dari National Institute of Technology, Akashi College Jepang selama dua pekan terkahir ini, tepatnya 7 – 21 September 2018.

Dekan Sekolah Vomasi Undip Professor Dr Budiyono kepada pers di Semarang, Jumat (5/10/2018) menyatakan Professor Kasai merupakan peneliti ternama di bidang hydrogen-based renewable energy yang memiliki h-index Scopus 28. Kegiatan Visiting Professor bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi internasional bagi civitas akademika di Universitas Diponegoro.  Melalui kegiatan ini diharapkan jumlah publikasi dengan sharing co-authorship bersama para peneliti di dunia dapat meningkat dalam upaya mencapai visi Undip sebagai World Class Research University.

Selama kunjungannya, Professor Kasai berkesempatan melakukan diskusi ilmiah dan pertemuan dengan para dosen, mahasiswa dan pimpinan antar Fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro diantaranya Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik dan Program Studi Diploma III Teknik Kimia serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi. Kuliah Umum bertema Japanese Education System and How to Publish in Reputable Scientific Journal berlangsung 19 September 2018 lalu di Aula Sekolah Vokasi, Undip. Acara juga dihadiri Yuki Mizuno dari National Institute of Technology, Akashi College, Jepang dan Walter Isotton dari Senior Experten Service (SES) Programme, Jerman.

Acara dibuka Professor Budiyono selaku Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro didampingi Dr. Ida Hayu Dwimawanti MM selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, berlangsung interaktif dimana para undangan memperoleh kesempatan langsung berdialog dengan pakar berpengalaman di bidangnya.

“Professor Kasai memiliki hubungan yang baik dengan Sekolah Vokasi Undip mengingat Akashi College adalah salah satu Sekolah Vokasi terbaik di Jepang. Kami berharap, kerjasama ini dapat menguntungkan kedua institusi baik dalam bidang pertukaran mahasiswa, program dosen tamu juga program joint research dan co-authorship dalam penulisan artikel-artikel ilmiah di jurnal internasional”, ujar Prof Budiyono. (Ks02)

]]>
http://www.kampussemarang.com/profesor-jepang-visiting-profesor-di-undip/feed/ 0
Pemerintah Dorong Internasionalisasi PT http://www.kampussemarang.com/pemerintah-dorong-internasionalisasi-pt/ http://www.kampussemarang.com/pemerintah-dorong-internasionalisasi-pt/#respond Wed, 03 Oct 2018 02:06:13 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4050  

ket foto: Dr Marcela (kiri) dan Dr Uwes Anis Chaerumam (kanan) saat berbicara di seminar (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang) – Pemerintah lewat Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta melakukan internasionalisasi lewat kerjasama dengan PT asing. Program kerjasama beragam di antaranya dobel degree, joint degree, exchange student atau dosen, dosen PT Indonesia mengajar di PT luar, dan credit transfer.

Kasubdit Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran Kemristekdikti Dr Uwes Anis Chaerumam saat menjadi pembicara kunci seminar “Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran Dalam Kerangka Kebijakan Internasionalisasi Perguruan Tinggi” yang digelar Unika Soegijapranata Semarang, Selasa (2/10/2018) menyatakan

di era MEA dan era industri 4.0, PT harus sampai level regional dan internasional. Tampil pula sebagai pembicara WR I Unika Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD, WR IV B Danang Setianto SH LLM MIL dan Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Dr Marcella Elwina S SH CN MHum.

“Untuk internasionalisasi sejumlah langkah perlu dilakukan di antaranya memperkuat leadership, meningkatkan kualitas dan memperkaya resources atau sumber daya manusia (dosen, administrasi, karyawan, serta mahasiswa) serta mengikuti perkembangan ipteks yang sedang berkembang saat ini. Termasuk menuju arah cyber university, tidak hanya cyber untuk pendidikan atau pengajarannya saja melainkan untuk segala hal menyangkut pendaftaran, kuliah, administrasi kuliah, dan lain lain” ujar Dr Uwes.

Lebih lanjut menurut Dr Uwes Anis Chaerumam, salah satu tantangan berat di era internet seperti sekarang ini para pengelola PT harus mengubah mindset ke era internet, bukan mahasiswanya yang perlu berubah mindset karena mahasiswa sudah melek internet. Karena kebanyakan mahasiswa sekarang termasuk generasi milenial. Justru para dosen dan administrasinya yang masih mayoritas generasi lama atau generasi sebelum generasi milenial ini.

Sementara itu WR I Unika Cecilia Titiek Murniati MA PhD dan Dr Marcella Elwina S SH CN MHum menyatakan kesiapan Unika dalam internasionalisasi di sejumlah fakultasnya. Karena selama ini pun Unika sudah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi luar negeri di antaranya Filipina, Thailand, Korea, Taiwan, Amerika dan lain lain. Fak Teknologi Pertanian, Fak Hukum, Fak Sastra, Fak Teknik dan Ilmu Komputer sudah mempersiapkannya sejak beberapa tahun belakangan dan berharap dalam waktu dekat bisa terealisasi.  (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/pemerintah-dorong-internasionalisasi-pt/feed/ 0
Unika Lepas 193 Mahasiswa Program KKU http://www.kampussemarang.com/unika-lepas-193-mahasiswa-program-kku/ http://www.kampussemarang.com/unika-lepas-193-mahasiswa-program-kku/#respond Tue, 02 Oct 2018 20:35:23 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4055  

ket foto: Dr Bertha saat secara simbolik memakaikan jaket almamater sebagai tanda dimulainya KKU (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com) Sejumlah mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang kembali mendampingi UKM di Kota Semarang melalui program Kuliah Kerja Usaha (KKU) 2 Oktober hingga 14 Desember 2018 mendatang. Para mahasiswa dilepas lewat upacara pelepasan di Lapangan Albertus Unika Soegijapranata pada Senin (2/10/2018).

Dalam penyelenggaraan program KKU ini, Unika mengambil tema  “Keterlibatan Strategis Mahasiswa dengan Berbagai Disiplin Ilmu dan Talenta Turut Ambil Bagian Secara Bersama untuk Membangun UMKM”.   Program KKU periode II tahun 2018 ini diikuti 193 mahasiswa dari 15 program studi yang akan ditempatkan di 7 lokasi: Kelurahan Gisikdrono, Kelurahan Tanjung Mas, Kelurahan Kemijen, Kelurahan Kandri, Lingkungan Sambiroto, Lingkungan Kuncup Melati, Lingkungan LPUBTN.

Dalam sambutan pelepasan, Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unika Soegijapranata Dr. Bertha Bekti Retnawati, Msi menyatakan harapannya dalam kegiatan KKU ini para mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang sudah diperoleh selama kuliah kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Di samping penerapan ilmu, kesempatan ini juga dapat menjadi pengalaman bagi para mahasiswa belajar kondisi secara riil di masyarakat saat mendampingi para mitra usaha yang diharapkan kondisi UKM akan lebih baik dibandingkan sebelum para mahasiswa datang,” ujar Dr. Berta.

Menurut Dr. Berta, kegiatan KKU semakin membawa manfaat bagi para mitra, hal ini terbukti semakin banyak mitra yang meminta didampingi oleh mahasiswa Unika.  Direncanakan setelah program KKU Unika berakhir , akan diadakan kegiatan Expo dan Workshop KKU yang diikuti oleh para mitra binaan yang memamerkan produknya pada 6 Desember mendatang di Unika. (ks01)

 

]]>
http://www.kampussemarang.com/unika-lepas-193-mahasiswa-program-kku/feed/ 0
4 Dosen Unissula Mengajar di PT Bangladesh http://www.kampussemarang.com/4-dosen-unissula-mengajar-di-pt-bangladesh/ http://www.kampussemarang.com/4-dosen-unissula-mengajar-di-pt-bangladesh/#respond Tue, 02 Oct 2018 16:08:18 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=4047

ket foto: Rektor (3 dari kiri) dan Dekan FE (3 dari kanan) berpose bersama para dosen yang mengajar ke luar negeri (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com) – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melalui program pertukaran dosen kembali mengirimkan empat dosennya untuk mengajar di Daffodil International University (DIU) Dhaka, Bangladesh, selama 2 minggu tanggal 1–14 Oktober 2018.

Keempat dosen tersebut Ir Rachmat Mudiyono MT PhD dan Ardiana Yuli Puspitasari ST MT dari Fakultas Teknik (FT) serta Dr Siti Sumiati SE MSi dan HanyWerdi Apriyanti SE MSi Akt dari Fakultas Ekonomi (FE). Keempatnya dilepas langsung oleh Rektor Unissula Ir Prabowo Setiyawan MT PhD di Gedung Biro Rektor.

Ketua rombongan Rahmat Mudiyono mengatakan tujuan program tersebut selain untuk mengajar pada perkuliahan juga untuk mempererat kerjasama antar institusi dengan program – program yang lain seperti pertukaran mahasiswa dan kolaborasi bidang penelitan dan penulisan jurnal ilmiah.

Sementara itu Prabowo Setiyawan PhD dan Dekan FE Unissula Olivia Fachrunnisa SE MSi PhD mengungkapkan program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dosen serta turut memberikan kontribusi keilmuan di negara lain. Selain itu, program tersebut diharapkan terus ditingkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas dengan mengirim staf pengajar Unissula ke luar negeri.

“Jangan berhenti, boleh jadi nanti sampai sana mendapatkan ide baru untuk menginisiasi dengan fakultas yang lain tidak hanya teknik dan ekonomi. Kita akan dorong internasionalisasi di semua fakultas agar mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun global” papar Prabowo.

Pada tahun ini Unissula telah beberapa kali mengirimkan dosen untuk mengajar di universitas luar negeri dalam program serupa, antara lain ke Dongseo University Korea Selatan dan Rotterdam University Belanda. (ks01)

 

]]>
http://www.kampussemarang.com/4-dosen-unissula-mengajar-di-pt-bangladesh/feed/ 0