Kampussemarang.com http://www.kampussemarang.com Portal Berita Online - Informasi Seputar Berita Khusus Kampus Tentang Pendidikan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Berbagai Kampus di Kota Semarang Fri, 17 Aug 2018 14:24:51 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 12 Mahasiswa FKM Unimus Ikuti International Short Course di Thailand http://www.kampussemarang.com/12-mahasiswa-fkm-unimus-ikuti-international-short-course-di-thailand/ http://www.kampussemarang.com/12-mahasiswa-fkm-unimus-ikuti-international-short-course-di-thailand/#respond Fri, 17 Aug 2018 14:24:51 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3842

ket foto: Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat (5 dari kiri) sat menerima Surat Tugas dari Rektor (6 dari kiri) didampingi Dekan FKM (sebelah kanan Rektor), para wakil rektor serta perwakilan mahasiswa yang mengikuti short course (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Duabelas mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat peminatan epidemiologi (11 mahasiswa) dan peminatan kesehatan lingkungan (1 mahasiswa) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan international mobility program berupa international short course selama seminggu ke College of Public Health Science (CPHS) Chulalongkorn University Thailand.

Lewat sebuah upaca di kampus setempat, Jumat (17/08/2018), mereka dilepas Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor I Dr Sri Darmawati MSi, WR II Dr Sri RejekiSKP MKep SpMat, Dekan FKM Mifbakhuddin SKM MKes, Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat Dr Sayono SKM MKes(Epid) serta Direktur Eksekutif International Relationship Office (IRO) Unimus Muhammad Yusuf PhD. Mulai Senin (20/08/2018) selama seminggu didampingi Kaprodi, para mahasiswa menjalani program tersebut.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd didampingi dekan FKM Mifbakhuddin SKM MKes menyatakan Unimus memiliki kerjasama intensif dengan Chulalongkorn University, salah satu universitas terbesar di Tahiland. Selama seminggu para mahasiswa mempelajari persoalan kesehatan masyarakat di sana dan salah satu unggulan Chulalongkorn University adalah di bidang kesehatan masyarakat.

Sedangkan Dekan FKM Mifbakhuddin SKM MKes dan Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Unimus Dr Sayono SKM MKes(Epid) saat potong tumpeng keberangkatan menyatakan sejumlah keuntungan bisa diraih mahasiswa peserta program ini. Di antaranya keuntungan akademik berupa informasi keilmuan sangat berharga di bidang kesehatan masyarakat, diajak melihat proses pembelajaran kesehatan masyarakat di Chulalongkorn University sehingga mahasiswa bisa menyerap ilmu untuk peningkatan wawasan dan kualitas akademik mahasiswa, serta pengembangan institusi Unimus dimana salah satu poin penilaian akreditasi adanya kerjasama internasional beserta implementasinya bagi dosen dan mahasiswa.

“Mereka menjalani short course epidemiologi molekuler di lab CPHS Chulalongkorn University. Juga mempelajari herbal medicine, mengunjungi Halal Centre di Thailand, serta melakukan serangkaian diskusi dengan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi lanjut di Chulalongkorn University Thailand, termasuk Irfanul Chakim, alumni FKM Unimus yang sedang studi lanjut di sana. Usai mengikuti short course, mahasiswa berkewajiban membuat laporan ilmiah tertulis seluruh hasil kegiatan. Progam ini tahun kedua dijalankan FKM Unimus menyusul awal tahun lalu sejumlah mahasiswa FKM juga mengikuti short course sejenis ke Thailand. Program ini sekaligus untuk mewujudkan misi Unimus berwawasan internasional lewat kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa ke ajang internasional” ujar Mifbakhuddin SKM MKes dan Dr Sayono SKM MKes(Epid). (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/12-mahasiswa-fkm-unimus-ikuti-international-short-course-di-thailand/feed/ 0
Unimus Gencar Tingkatkan HKI, 16 Dosen Terima Penghargaan http://www.kampussemarang.com/unimus-gencar-tingkatkan-hki-16-dosen-terima-penghargaan/ http://www.kampussemarang.com/unimus-gencar-tingkatkan-hki-16-dosen-terima-penghargaan/#respond Fri, 17 Aug 2018 10:42:53 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3839

ket foto: Para dosen Unimus penerima penghargaan HKI berpose bersama Rektor dan para wakil rektor usai upacara 17 Agustus 2018. (foto-dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebanyak 16 dosen Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dari berbagai prodi dan fakultas di Unimus menerima penghargaan dari Unimus terkait karya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) mereka terutama berupa hak cipta dan hak paten. Penghargaan untuk 13 buah karya HKI tersebut diberikan oleh Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor (WR) I Dr Sri Darmawati MSi, WR II Dr Sri Rejeki SKp MKep SpMat dan WR III Drs Samsudi Rahardjo MM MT pada para dosen usai upacara bendera 17 Agustus 2018 di kampus terpadu Jalan Kedungmundu, Jumat (17/08/2018).

Banyaknya  penerima penghargaan sebagai salah satu bukti Unimus sedang gencar menggalakkan para dosen dan mahasiswanya untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan SDM, termasuk peningkatan HKI berupa hak cipta dan hak paten.  Penerima penghargaan HKI tersebut Trixie Salawati SSos, MKes (S1 Kesehatan Masyarakat) lewat karya ASETARO, Aku Sehat Tanpa Asap Rokok, Dr Dodi Mulyadi MPd dan Testiana Deni Wijayanti MPd (S1 Pendidikan Bahasa Inggris) lewat karya CD Interactive “Colloquial English for Beginners” dan lewat Buku Panduan Bahasa Inggris Pemilik Homestay, dan Achmad Solichan ST MKom, Luqman Assaffat ST MT MKom (S1 Teknik Elektro) lewat karya Aplikasi Sistem Audit Enegeri Listrik, Moh Yamin Darsyah MSi (S1 Statistika) “Small Area Estimation untuk Pemetaan Tingkat Kemiskinan”, Moh Yamin Darsyah dan Iswahyudi Joko Suprayitno SSi MPd (S1 Pendidikan Matetmatika) “Indeks Pembangunan Manusia di Jateng dengan Pendekatan Spasial”, Dr Stalis Norma Ethica MSi (D3 Analis Kesehatan ) “Kimia Analitik Dasar untuk Mahasiswa Analis Kesehatan” dan “Bioremediasi Limbah Biomedik Cair”.

Kemudian Abdul Aziz MPd dan Iswahyudi Joko Suprayitno SSi MPd (S1 Pendidikan Matematika) “Software Penilaian Autentik”, Fitria Fatichatul Hidayah SSi MPd (S1 Pendidikan Kimia) “Pop Up Book Indegeneous Science Local”, Eko Yuliyanto MPd dan Dr Eny Winaryati MPd (S1 Pendidikan Kimia) “Pop Up Chemistry Book for Kids” Tema, Dr Dodi Mulyadi MPd, Siti Aimah MPd (S1 Pendidikan Bahasa Inggris) “English Interactive CD: Descrptve Text”, serta Dwi Sulistyaningsih MPd, Venissa Dian Mawarsari MPd (S1 Pendidikan Matematika) dan Dr Purnomo MEng (S1 Teknik Mesin) “Media Pembelajaran Interaktif: Media Pembelajaran Matematika Kelas XII SMA Materi Dimensi Tiga”.

Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd dan Kepala Bidang HKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unimus Dr Siti Aminah MSi menyatakan HKI bagian dari karya keilmuan dosen dan mahasiswa sehingga Unimus selalu mendorong para dosen aktif mulai dari penelitian. Produk penelitian berupa artikel jurnal nasional dan internasional serta buku-buku yang ber ISBN dan dari buku melahirkan hak cipta. Kalau poduk penelitian bagus bisa dibuat hak cipta dan hak paten sebagai hak kekayaan intelektual keilmuan dosen. Unimus mengapresiasi para dosen yang sudah memiliki hak cipta dan hak paten yang terus dirawat serta dikembangkan.

Lebih lanjut menurut Dr Siti Aminah MSi, sejak 2 tahun lalu Unimus mendirikan HKI yang ikut membantu sivitas akademika memperoleh hak cipta, hak merk, hak paten, paten sederhana dan lain lain. Banyak dosen mengajukan HKI dalam bentuk buku dan media pembelajaran serta hak paten. HKI Unimus terus dikembangkan sejalan dengan arah riset ke depan dengan hilirisasi dan komersialisasi dan kerja sama dengan industri guna meraih hak cipta dan hak paten. Hak paten pun mulai bertumbuh, termasuk saat ini ada 5buah sedang menunggu pemeriksaan substantive serta 1 hak paten sederhana juga sedang menunggu proses. Unimus sedang banyak melakukan kerjasama dengan dunia industri untuk kepentingan hak paten sehingga produk penelitian para dosen Unimus bisa mengarah pada komersialisasi dan sentra HKI bisa  menjadi salah satu unggulan Unimus.(ks02)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unimus-gencar-tingkatkan-hki-16-dosen-terima-penghargaan/feed/ 0
Unika Tutup Acara PTMB 2018 Dengan Meriah http://www.kampussemarang.com/unika-tutup-acara-ptmb-2018-dengan-meriah/ http://www.kampussemarang.com/unika-tutup-acara-ptmb-2018-dengan-meriah/#respond Fri, 17 Aug 2018 04:25:08 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3835  

ket foto: Rektor (4 dari kanan) dan WR 3 (5 dari kanan) bersama para peraih award pada PTMB 2018 (foto dok)

 

SEMARANG kampussemarang.com- Setelah berdinamika selama kurang lebih tiga hari dalam kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) tahun 2018, maka Kamis Sore (16/8), bertempat di selasar gedung Albertus, para mahasiswa baru Unika Soegijapranata menutup kegiatannya dengan upacara penutupan yang dimeriahkan tampilan yel-yel dan gerakkan kreatif bersama antar fakultas di lingkungan kampus Unika.

Turut menyaksikan acara penutupan PTMB ini, Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC beserta jajarannya, para dosen dan mahasiswa serta seluruh panitia PTMB 2018. Dalam penjelasannya, Rektor Unika menerangkan tujuan pelaksanaan kegiatan PTMB di lingkungan kampus Unika Soegijapranata.

“Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru bertujuan untuk mengenalkan para mahasiswa baru pada kehidupan kampus, sekaligus mereka juga tahu apa saja yang harus mereka persiapkan pada saat kuliah nanti. Mereka selain berkumpul untuk mengetahui apa saja yang nantinya harus mereka persiapkan, mereka juga melakukan interaksi yang juga menghasilkan kreasi-kreasi yang inovatif, sehingga apa ditampilkan pada hari ini berupa yel-yel adalah wujud suatu kekompakan itu yang merupakan hasil dari mereka berkumpul, dan saling menghasilkan kreasi,”terang Prof. Ridwan.

Menurut Rektor, tahun akademik 2018-2019, jumlah mahasiswa baru untuk Strata 1 (S-1) di Unika Soegijapranata mencapai sekitar 1.910. Tapi  nanti akan ada tambahan dari mahasiswa S-2 yang belum selesai pendaftarannya,”ucap Prof. Ridwan.

PTMB Award dan Stop Phubbing

Acara penutupan PTMB juga diisi dengan penganugerahan PTMB Award yang meliputi dua jenis. Yang pertama penghargaan kepada fakultas yang menyelenggarakan PTMB dengan baik, arti baik disini berarti kreatif, menarik dan tidak ada kekerasan. Sedangkan penghargaan yang kedua untuk memberikan penghargaan kepada organisasi mahasiswa yang mempromosikan unit kegiatannya dengan menarik sehingga membuat mahasiswa baru itu tertarik untuk berorganisasi di unit kegiatannya.

Dari sisi variasi kegiatan PTMB sekarang dengan sebelumnya tidak terlalu banyak berubah, tapi dari sisi kualitas pelaksanaannya meningkat. Dalam PTMB ini pelaksanaannya banyak didesain oleh universitas, termasuk memastikan bahwa mahasiswa baru tersebut tidak mengkonsumsi narkoba.

PTMB tahun ini mengusung tema “Stop Phubbing If You Care”. Phubbing adalah istilah baru yang diciptakan bagi orang yang tidak peduli terhadap orang lain, gara-gara ketergantungan pada gadget. Artinya  bahwa Unika Soegijapranata itu dengan berbagai inovasinya, bahkan dengan berbasis teknologi itu menekankan kepada para mahasiswa bahwa penggunaan teknologi atau gadget itu ada proporsinya.

Di pertengahan acara penutupan disuguhkan pula tari kreasi baru yang diberi nama “tari pesisiran” yang diperagakan oleh dua penari dari UKM Kembang Taru yang merupakan salah satu UKM di Unika. Mereka adalah Susanti Aji Meiyani dari Prodi Manajemen FEB Unika dan Anisa Fatriani proi Ilmu Hukum FHK Unika. Serta tampilan dari UKM Campus Ministry (CM) yang menyuguhkan beberapa buah lagu dengan diiringi alunan Saxophone oleh Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr. (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unika-tutup-acara-ptmb-2018-dengan-meriah/feed/ 0
Unissula Bantu Seleksi Komisioner KPU http://www.kampussemarang.com/unissula-bantu-seleksi-komisioner-kpu/ http://www.kampussemarang.com/unissula-bantu-seleksi-komisioner-kpu/#respond Thu, 16 Aug 2018 09:18:28 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3832

ket foto WR I Unissula Semarang saat tandatangan MOU dengan KPU di Semarang (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Fakultas Psikologi Unissula Semarang berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pemilu 2019 mendatang. Salah satunya ialah melalui MoU dengan KPU Jateng pada 14 Agustus 2018 lalu di Semarang.  MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor I Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dan Sekretaris KPU Jateng Dra Sri Lestariningsih MSi.

“Unissula memiliki Fakultas Psikologi, berperan aktif dalam tahapan tes psikologis bagi para calon komisioner KPU tingkat Jateng dan KPU tingkat Kota/ Kabupaten. MoU ini salah satu syarat landasan hukum tahapan seleksi calon komisioner KPU” ungkap Bedjo Santoso kepada pers di Semarang, Kamis (16/8).

Menurut Bedjo Santoso PhD, komisioner KPU dituntut dapat bekerja dalam berbagai kondisi dzn keterbatasan yang ada  seperti keterbatasan personil, keterbatasan waktu, luasnya cover area kerja, dan beban kerja yang cukup berat sehingga perlu dipilih pribadi yang cermat, tangguh dan  professional. Di sinilah peran penting psikolog untuk membantu mendapatkan personil yang tepat sesuai tipe perkerjaan.

Sementara itu Sekretaris KPU Jateng Sri Lestaringsih mengungkapkan peran sangat penting universitas dalam membantu tahapan pemilihan anggota komisioner KPU. Animo masyarakat menjadi komisioner KPU tingkat provinsi, kota maupun kabupaten saat ini sangat tinggi.  Buktinya di zona Jateng 4 diikuti 382 pendaftar. Peran semua fihak dalam membantu tahapan pemilihan anggota komisioner KPU sangat penting termasuk Unissula dalam membantu tahapan tes psikologi. (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unissula-bantu-seleksi-komisioner-kpu/feed/ 0
Mahasiwa Baru Unika 2018 Jalani PTMB http://www.kampussemarang.com/mahasiwa-baru-unika-2018-jalani-ptmb/ http://www.kampussemarang.com/mahasiwa-baru-unika-2018-jalani-ptmb/#respond Thu, 16 Aug 2018 08:02:26 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3829  

ket foto: Rektor Unika saat menyematkan pin pada perwakilan mahasiswa baru peserta PTMB (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Mengawali tahun akademik 2018/2019, Unika Soegijapranata Semarang  kembali menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) yang diikuti sekitar 1.909 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan PTMB tahun ini diawali Apel Pagi pembukaan yang dipimpin langsung Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC pada Selasa (14/08) yang bertempat di Plaza Albertus.

Dalam sambutannya, Prof. Ridwan memberikan semangat serta motivasi agar dalam menjalani kehidupan yang baru sebagai mahasiswa dapat terus dipertahankan hingga kelulusan nanti.

“Saya mengucapkan selamat datang bagi seluruh mahasiswa Baru angkatan 2018 di Unika Soegijapranata. Saat ini anda sudah masuk dalam dunia yang baru, dimana anda dituntut untuk mandiri dan lebih baik dari sebelumnya. Anda bertemu dengan teman-teman baru, tidak hanya berasal dari kota Semarang saja, melainkan seluruh Indonesia mulai dari pulau Sumatera hingga Papua sehingga anda juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru agar dapat berjalan lancar selama kurang lebih 3-4 tahun ke depan. Semangat pada pagi hari ini hendaknya bisa dijaga sampai anda lulus dari Unika Soegijapranata” ujar Rektor.

Menurut Prof Ridwan, untuk menjadi seorang mahasiswa diperlukan endurance atau daya tahan untuk bisa menjalani perkuliahan selama 3 – 4 tahun ke depan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk berjalan bersama di Universitas ini berupa semangat, kerja keras, ketekunan, stamina dan ketahanan . Diharapkan hal-hal tersebut bertahan tidak hanya dalam waktu seminggu atau sebulan saja tetapi kelima hal ini dapat bertahan sampai dalam kurun waktu yang lebih lama (tahunan) dan semakin meningkat.

“Sebagai Universitas yang memiliki motto Talenta Pro Patria et Humanitate, Unika juga memfasilitasi anda untuk berkembang dan mengembangkan talenta yang nantinya bisa dipersembahkan bagi Bangsa dan Negara. Unika sebagai tempat ekspresi talenta, menghasilkan kreasi dan terkoneksi. Talenta yang dikombinasikan dengan ketahanan (Grit) membangun ketrampilan akan menghasilkan pencapaian yang maksimal. Unika merupakan laboratorium mahasiswa untuk mempraktekkan semua itu,”pungkasnya.

Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru ini berlangsung tiga hari. Hari pertama diisi tim pemateri dari Universitas dan mendalami nilai-nilai Soegijapranata. Hari kedua dan ketiga diisi oleh Fakultas, mahasiswa baru diajak untuk mengenal fakultas serta program studinya agar dapat menyesuaikan diri dalam menjalani kehidupan akademik di fakultas dan program studi di masa mendatang. (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/mahasiwa-baru-unika-2018-jalani-ptmb/feed/ 0
Unnes Kembangkan Batik Berpewarna Alami http://www.kampussemarang.com/unnes-kembangkan-batik-bepewarna-alami/ http://www.kampussemarang.com/unnes-kembangkan-batik-bepewarna-alami/#respond Sun, 12 Aug 2018 23:00:08 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3825  

 

Ket foto: Dosen Unnes bersama warga menunjukkan hasil karya batik menggunakan pewarna alami, di Desa Malon, Gunungpati, Semarang (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Popularitas batik mendorong masyarakat melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan batik yang ramah lingkungan sekaligus melestarikan berbagai tanaman penghasil warna alami. Seiring berkembangnya konsep “go-green” yang kian menjadi gaya hidup masyarakat, batik dengan pewarna alami pun menjadi peluang usaha yang terbuka.

Hal itu melatarbelakangi sejumlah dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengembangkan batik bepewarna alami di Desa Malon, Gunungpati, Semarang. Melalui Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) yang didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 2018, Unnes melakukan pendampingan dan fasilitasi peralatan membatik kepada usaha Batik Zie dan Batik Salma.

“Untuk meningkatkan pemasaran batik mitra binaan, kegiatan pengabdian telah memfasilitasi pembuatan ruang pamer atau galeri kepada usaha kecil dan menengah (UKM) yang berada di desa ini,” ujar Nana Kariada Tri Martuti, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes, di lokasi pelatihan, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, batik dengan pewarna alami merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan sekaligus pemberdayaan ekonomi lokal. Zat pewarna merupakan salah satu faktor penting pakaian. Dalam kegiatan ini, diberikan pelatihan membatik bepewarna alami dari indigo yang diberikan oleh Fatah Syaifur Rochman, seorang pakar pewarna alami asal Temanggung yang juga penyedia pasta pewarna alami.

Menurut Fatah, pewarna indigo adalah senyawa organik dengan warna biru yang khas dan pewarna alami ini diekstrak dari tanaman. Penggunaan utama indigo sebagai pewarna untuk benang katun, yang utamanya untuk produksi kain denim untuk jins warna biru.

Isti Hidayah, dosen Unnes yang juga anggota tim kegiatan menuturkan pelatihan batik bepewarna alami diharapkan dapat meningkatkan kualitas pewarna alami yang dihasilkan oleh unit usaha Batik Zie dan Batik Salma yang merupakan mitra dalam kegiatan pengabdian. Pelatihan juga mengembangkan jejaring kerja sama dengan penyedia bahan baku pewarna alam.

Menurut Isti, batik telah menjadi identitas budaya masyarakat Indonesia yang saat ini sedang berkembang secara dinamis. Batik Zie merupakan salah satu perajin batik dengan pewarna alami. Beberapa pengembangan motif batik yang diproduksi menggambarkan cerita legenda Indonesia, seperti Tangkuban Perahu dan Jaka Tingkir. Adapun Batik Salma mempunyai kekhasan motif yang cukup unik, salah satunya tentang cerita Goa Kreo yang merupakan cerita legenda di wilayah Gunungpati. Selain kain batik, juga dihasilkan syal batik dengan motif kontemporer yang banyak digemari, sehingga mempunyai nilai jual cukup tinggi. (ks02)

]]>
http://www.kampussemarang.com/unnes-kembangkan-batik-bepewarna-alami/feed/ 0
Hari Senin Ini Terakhir Pendaftaran Mahasiswa Baru Unika Soegijapranata http://www.kampussemarang.com/hari-senin-ini-terakhir-pendaftaran-mahasiswa-baru-unika-soegijapranata/ http://www.kampussemarang.com/hari-senin-ini-terakhir-pendaftaran-mahasiswa-baru-unika-soegijapranata/#respond Sun, 12 Aug 2018 17:10:06 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3822

ket foto: poster pengingat hari terakhir pendaftaran mahasiswa baru Unika Soegijapranata (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Hari ini, Senin (13/08/2018) merupakan hari terakhir pendaftaran ulang bagi mahasiswa baru yang diterima Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang lewat ujian masuk jalur regular 4. Dan 14-16 Agustus 2018 secara resmi Unika memulai tahun akademik baru 2018/2019 dengan diawali kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB).

Kepala Promosi dan Rekrutmen Unika Soegijapranata Vera Retnowati  menyampaikan bahwa pihaknya membuka Hotline di 0857-2728-4162 untuk membantu mahasiswa baru dalam mengikuti PTMB dan menjawab pertanyaan calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang.

“PTMB merupakan aktivitas resmi universitas yang dimaksudkan untuk pengenalan nilai-nilai di Unika Soegijapranata dan suasana akademik pada saat kuliah nanti. Berbagai inovasi di kampus diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa baru. Sebagai contoh UPT Perpustakaan mulai tahun akademik 2018/2019, akan mengaplikasikan metode pembayaran non tunai (cashless) untuk denda dan keanggotaan dari luar. Menyusul nantinya, Center for Students Entrepreneurship (CSE), sebagai praktek kewirausahaan akan akan mendapatkan peluang semakin besar di kampus ini” ujar Vera.

Lebih lanjut menurit Vera, untuk Biro Administrasi Akademik, mahasiswa Unika Soegijapranata saat ini sudah bisa mendapatkan berbagai surat dan legalisasi dokumen melalui Sintak masing-masing dengan proses yang cepat, akurat dan tidak berbayar. (ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/hari-senin-ini-terakhir-pendaftaran-mahasiswa-baru-unika-soegijapranata/feed/ 0
Menhub Lantik Lulusan Diklat Pelaut PIP Semarang http://www.kampussemarang.com/menhub-lantik-lulusan-diklat-pelaut-pip-semarang/ http://www.kampussemarang.com/menhub-lantik-lulusan-diklat-pelaut-pip-semarang/#respond Sun, 12 Aug 2018 14:20:05 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3818

ket foto: Menhub (kanan) saat menyematkan tanda pelepasan perwira pelayaran niaga program diklat (foto dok)

.

SEMARANG (kampussemarang.com) Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melaksanakan Upacara Pelepasan Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut ANT/ATT I Angkatan IX dan ANT III Angkatan XXXI Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu  (12/08/2018).

“Dengan Kegiatan Bon Voyage ini, saya sampaikan Selamat Jalan dan selamat mengabdikan diri kembali pada dunia maritim yang telah menanti kiprah saudara. Kuatkanlah dunia maritim kita dengan kerja penuh kualitas dari saudara sekalian, demi mewujudkan pelayaran yang aman, nyaman, dan selamat,” pesan Menhub dalam sambutannya.

Dalam laporan pendidikan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc menyatakan 77 orang Perwira Siswa yang dilepas oleh Menhub terdiri 16 orang ANT I, 22 orang ATT I, dan 39 orang ANT III. Menurut Kabadan, mereka berhak memperoleh Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut ANT/ATT I dan ANT III.

Dalam kesempatan ini Menhub juga melaksanakan Pembukaan Diklat Perwira Kapal Negara dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Angkatan VII dan VIII, serta melepas Maritime Academy Carnival Tahun 2018.

Peserta Diklat Perwira Kapal Negara (DPKN) Tingkat 3 terdiri dari: 20 orang Diklat Perwira Kapal Niaga bagian Dek  dan 24 orang Diklat Perwira Kapal Niaga bagian Mesin. Jumlah peserta 44 orang berasal dari Pangkalan Saran Operasi Tanjung Balai Karimun, Tanjung Priuk, Batam dan Pantoloan. Diklat dilaksanakan 4 bulan meliputi pembelajaran teori dan praktek.

Sedangkan Program DPM meliputi: Diklat BST 9 hari, SAT 1 hari, AFF 4 hari dan BST KLM khusus untuk para nelayan selama 3 hari. Adapun jumlah peserta DPM sebanyak 1.050 orang, berasal dari berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Terkait dengan DPM, dalam kesempatan ini, Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. melaksanakan MoU dengan sejumlah instansi antara lain SMKN 1 Sanden  Bantul, SMKN 1 Puring Kebumen, SMK AKPELNI Semarang, SMKP Wira Samudera Semarang, SMKP Buana Bahari Cirebon,  NALAR, LKPI dan SMK Wisudha Karya Kudus.

Sebagai penutup rangkaian acara, Menhub melepas rombongan kirab Maritime Academy Carnival yang diramaikan berbagai sekolah maritim Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya PIP Semarang, AKPELNI, Akademi Maritim Nasional Indonesia (AMNI), Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), POLIMARIN dan SMK Pelayaran Akpelni yang berjumlah kurang lebih 1.630 taruna/taruni. (Ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/menhub-lantik-lulusan-diklat-pelaut-pip-semarang/feed/ 0
PSU Unika Gelar Workshop Kota Inklusif dan Toleran http://www.kampussemarang.com/psu-unika-gelar-workshop-kota-inklusif-dan-toleran/ http://www.kampussemarang.com/psu-unika-gelar-workshop-kota-inklusif-dan-toleran/#respond Sun, 12 Aug 2018 01:01:56 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3815

ket foto: Dr Trihoni (kanan) saat pembukaan workshop PSU Unika (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Pusat Studi Urban (PSU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata menggelar workshop “Membangun Kota yang Inklusif dan Toleran” di kampus setempat, Kamis (09/08/2018) dengan peserta dosen dari berbagai perguruan tinggi di Jawa.

Ketua PSU Unika Dr Y Trihoni Nalesti Dewi SH MHum menyatakan workshop merupakan rangkaian  kegiatan yang sudah diikuti oleh Pusat Studi Urban (PSU) Unika pada waktu yang lalu. Awalnya sebuah inisiasi untuk membentuk aliansi untuk pendidikan perdamaian yang kemudian pendidikan perdamaian itu menghasilkan sebuah komunitas lagi namanya Indonesian Peace Network (IPN).  Kemudian dari komunitas itu, PSU berinisiatif untuk mengundang teman-teman yang dalam komunitas itu untuk duduk bersama membahas tentang salah satu topik. Topik itu adalah topik apa yang kira-kira bisa mewadahi semua bidang ilmu, yang akan memberikan kontribusi pada pembangunan

“Kita berpikir terjadinya fragmentasi antar masyarakat di kota-kota sangat memprihatinkan. Kami berpikir bagaimana kita semua bergerak untuk membangun sebuah kota yang inklusif dan toleran, karenanya kegiatan ini dimaksudkan untuk mengawali sebuah jaringan bersama dari segala bidang ilmu untuk ikut berkontribusi dalam membangun kota yang inklusif toleran Itu,” ucap Dr Trihoni.

Kegiatan, ujar Trihoni, bersifat akademis membahas tentang kota yang inklusif dan toleran, parameternya, ciri-cirinya, bagaimana dukungannya bagi feminism, bagaimana dukungannya bagi kerukunan beragama dan sebagainya. Juga ada penguatan jejaring, yaitu mau bergerak seperti apa? bagaimana bergerak dan bagaimana membangun jejaring menguatkan satu sama lain?

Ketua komunitas jejaring IPN Dr.-Ing. Wiyatiningsih menambahkan komunitas yang baru tahun lalu dibentuk ini juga mencoba untuk menggagas dan menggali melalui acara workshop dengan harapan apa yang mereka upayakan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

Media Networking

“Jadi ini adalah sebuah forum yang nantinya diharapkan bisa menjadikan media untuk networking dari anggotanya. Sementara baru beberapa universitas yang terlibat tetapi dari sini nanti mungkin akan dikembangkan lagi untuk kerjasama misalnya untuk penelitian bersama atau mungkin juga ada kolaborasi dengan mahasiswa terkait dengan kota yang inklusif dan toleran,”jelas Dr.-Ing. Wiyatiningsih. (Ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/psu-unika-gelar-workshop-kota-inklusif-dan-toleran/feed/ 0
SMPN 22 Semarang Jadi Sekolah Percontohan Pendidikan Kespro dan Seksualitas http://www.kampussemarang.com/smpn-22-semarang-jadi-sekolah-percontohan-pendidikan-kespro-dan-seksualitas/ http://www.kampussemarang.com/smpn-22-semarang-jadi-sekolah-percontohan-pendidikan-kespro-dan-seksualitas/#respond Sat, 11 Aug 2018 18:24:36 +0000 http://www.kampussemarang.com/?p=3812

ket foto: Elizabet SA Widyastuti (2 dari kanan) bersama sekolah dan pejabat dinas pendidikan kota Semarang berpose bersama usai pencanganan (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)-SMPN 22 Semarang terpilih menjadi salah satu sekolah percontohan Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas di Kota Semarang. Dimana sejak tahun 2017, di sekolah tersebut telah memberikan satu paket pendidikan kesehatan reproduksi kepada siswanya melalui guru BK secara komprehensif. Pencanangan sekolah percontohan ini dilaksanakan Rabu lalu (08/08/2018) oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri.

Direktur Eksekutif Paguyuban Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jateng Elisabet S.A Widyastuti kepada pers di Semarang Sabtu (11/08/2018) menyatakan pencangan SMPN 22 sebagai sekolah percontohan pendidikan kespro dan seksualitas merupakan kerjasama sekolah, Dinas Pendidikan Kota Semarang, PKBI Jateng dan sejum;ah pihak terkait lainnya.

Terkait dengan kesehatan remaja, khususnya kesehatan reproduksi dan seksualitas, menurut Elizabet SA Wiyastuti, Kota Semarang yang memiliki penduduk usia remaja (10-24 tahun) sebanyak 426.228 jiwa atau 27% deari total penduduk Semarang ini tentu mempunyai tantangan besa. Di antaranya kasus HIV didominasi kelompok usia produktif, dengan data Kumulatif Kasus AIDS di Kota Semarang 2007 – 2017 berdasarkan usia rentan 11-30 tahun sebayak 165 kasus. Data DP3A Dalduk KB Jawa Tengah menunjukkan 2.954 anak usia 6-17 tahun menjadi korban kekerasan, sebagian di antaranya merupakan kekerasan seksual. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan reproduksi penting diberikan kepada remaja dan sekolah merupakan tempat yang strategis melakukan edukasi.

“Saat ini memang sudah banyak lembaga yang memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada remaja, akan tetapi sebagian besar masih parsial, berbentuk penyuluhan yang kadang diberikan secara masal dan temporer.  Saya mengapresiasi SMPN 22 ini karena menerapkan pendidikan kespro yang lebih komprehensif, baik dari sisi substansi materi maupun keterhubungan dengan layanan rujukan seperti puskesmas maupun PPT (pusat pelayanan terpadu). Sehingga apabila ditemukan kasus di sekolah, maka sudah ada mekanisme rujukan yang siap membantu” ujar Elizabet.

Kepala sekolah SMPN 22 Semarang Sawukir menjelaskan sekolahnya menyediakan jam khusus bagi guru BK untuk menyampaikan materi yang terdapat pada modul “Semangat Dunia Remaja”. Modul yang sudah diujicobakan di beberapa provinsi ini terdiri dari 27 bab yang disampaikan sebanyak 15 kali tatap muka di kelas VII dan VIII.

“Awalnya kami sedikit ragu dan canggung, bagaimana menyampaikan materi ini kepada siswa karena menyangkut isu-isu yang sensitif. Akan tetapi setelah mendapat pelatihan dari PKBI mengenai bagaimana menyampaikan materi ini secara interaktif, ternyata kekhawatiran saya hilang” ungkap Anita, guru BK Kelas VII. Menurutnya melalui pelajaran ini, selain membuat siswa menjadi lebih terbuka, dia pun dapat menemukan siswa-siswa yang memang membutuhkan pendampingan secara khusus.

Penandatanganan kerjasama

Selain pencanangan sekolah percontohan, pada kesempatan yang sama dilakukan pula penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan PKBI Jawa Tengah untuk Penyelenggaraan Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas di Kota Semarang. Perjanjian kerjasama ini merupakan turunan dari Kesepahaman Bersama antara Walikota Semarang dengan PKBI Jawa Tengah mengenai hal serupa, yang sudah ditandatangani bulan Mei yang lalu.

“Bagi kami, penandatanganan kerjasama ini merupakan komitmen kongkrit PKBI Jawa Tengah dalam mendukung pemerintah Kota Semarang guna mewujudkan sekolah ramah anak, sekolah hebat” ungkap Elisabet Widyastuti.  Menurutnya, selain SMPN 22 saat ini juga di  SMPN 28 dan SMPN 29 juga menjadi sekolah percontohan. Tahun ini pula pihaknya juga bekerjasama dengan Rutgers WPF Indonesia, UGM dan Johns Hopkins University untuk melakukan penelitian jangka panjang di ketiga sekolah tersebut untuk mencari model pendidikan kespro dan seksualitas yang tepat untuk anak usia 10-15 tahun. (Ks01)

]]>
http://www.kampussemarang.com/smpn-22-semarang-jadi-sekolah-percontohan-pendidikan-kespro-dan-seksualitas/feed/ 0