Breaking News

FK Unimus Ambil Sumpah 39 Dokter Baru

ket foto:Dekan FK (kiri) menyerahkan ijazah dokter baru (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang,com)- Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) dr Wahju Budi Martono SpTHT-KL MSi Med didampingi Wakil Dekan I  dr Arief Tajally Adhyatma MHKes dan Wakil Dekan II  dr Aisyah Lahdji MM MMR mengambil sunpah 39 dokter baru lulusan FK Unimus di kampus setempat, Rabu (21/10/2020).

“Sampai sumpah dokter ke 24 ini sebanyak 328 dokter dihasilkan FK Unimus dan mereka tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya 39 dokter baru ini ada satu dokter yang lulus uji kompetensi nasional menduduki ranking 4 pada ujian (CBT)” ujr Dekan FK Unimus.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FK Unimus dr Wahju Budi Martono SpTHT-KL MSi Med menyampaikan beberapa pesan kepada dokter baru. Di antaranya mereka sebaiknya tetap memegang teguh 3 landasan dan 4 pilar agar menjadi dokter yang profesional.

“Tiga landasan berupa Uji Kompetensi, Skill Komunikasi, dan  peraturan perundangan yang harus ditaati (punya STR dan terguh pada Kode Etik).Sedangkan 4 pilar yaitu menjadi dokter yang humanis (memanusiakan manusia, menghormati pasien miskin, tidak boleh pilih pilih pasien), bertanggungjawab atas apa yang dilakukan dokter, memiliki nilai unggul (belajar sepanjang hayat), serta mengutamakan kepentingan pasien dibandingkan kepentingan keluarga” ujar Dekan FK Unimus.

Selain itu semua, Dekan juga mengharapkan dokter lulusan FK Unimus bisa menjadi dokter yang Islami dan memiliki karakter Muhammadiyah yang mengedepankan amar makmur nahi munkar. Juga tidak bersikap takabur misalnya memastikan suatu kesembuhan atau kematian karena semuanya Alloh yang menentukan.

“Juga kami berharap dokter lulusan FK Unimus bisa menjaga nama baik dokter itu itu sendiri, keluarga dokter dan FK Unimus sebagai almamaternya” tandas Dekan FK Unimus. (ks01)

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FBBA Unimus-FLC UPSI Malaysia Gelar Visiting Lecture

SEMARANG (kampussemarang.com)-Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan kegiatan international visiting ...