Breaking News

FMIPA Unimus-PPPPTK Matematika Yogyakarta  Jalin Kerjasama

Keterangan foto: Dekan FMIPA (tengah) saat melakukan kerjasama secara virtual dengan PPPPTK Matematika Yogyakarta (foto dok)

SEMARANG (kampusemarang.com)- Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menjalin kerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta, Jumat (27/11/2020).

Kerjasama melalui daring (zoom) dilakukan di kampus FMIPA Unimus dengan PPPPTK Yogyakarta. Hadir dalam kerjasama dilanjutkan diskusi di antaranya Dekan FMIPA Dr Eny Winaryati MPd, Kaprodi S1 Pendidikan Matematika Vinessa Dian Mawarsari SPd MPd, Kaprodi S1 Statistika Indah Manfaati Nur SSi MSi. Sedangkan pejabat dari pihak PPPPT Yogyakarta hadir secara virtual di antaranya Plt. Kepala PPPPTK Matematika, Nunik Sukeksi, S.H., M.Pd., Hary Suryanto (Kabag TU) serta Puji Iryanti dan Anna TL.

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati didampingi  Vinessa Dian Mawarsari SPd MPd dan Indah Manfaati Nur SSi MPd menyampaikan  kerjasama FMIPA Unimus dan PPPPTK Matematika Yogyakarta sebagai bagian implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbud yang rencanananya diterapkan mulai pertengahan tahun 2021 mendatang (semester genap 2020/2021).

“Kerjasama penting karena tuntutan MBKM dan kualifikasi kompetensi dosen. Progran MBKM beberapa di antaranya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengembangan peningkatan kompetensi (pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif). Terkait MBKM, khsusunya magang mahasiswa bisa dilaksanakan di PPPPTK Matematika, juga untuk dosen bisa terlibat di dalamnya” ujar Dekan.

Sedangkan Kaprodi S1 Pendidikan Matematika menyatakan MOU dengan PPPPTK menyangkut bimbingan teknis, magang/PKL, penelitian, pengabadian masyarakat dan kajian ilmiah seminar lokakarya dll). Pihaknya selama ini sudah bekerjasama dengan BPTIK Jateng yang mengembangkan media pembelajaran secara umum dan menambah dengan PPPPTK Matematika Yogyakarta yang secara khusus mengembangkan media pembelajaran terkait Matematika.

Sementara itu pula Kaprodi Statistika FMIPA Unimus menyampaikan rintisan kerjasama untuk implementasi kurikulum MBKM dengan sasaran 3 bidang yaitu pendidikan khususnya magang. Untuk Statistika lebih ke pengelolaan data dan pengembangan teknologi informasi. Untuk bidang penelitian bisa kolaborasi penelitan antara dosen Statistika, Matematika dan PPPPTK Matematika. Pengabdian bisa berupa kegiatan bersama terkait literasi data dan informasi  dengan sasaran masyarakat.

Sementara itu Plt Kepala PPPPTK Matematika Nunik Sukeksi SH MPd menyatakan pihaknya menerima berbagai ajakan kerjasama dengan berbagai lembaga dan kampus di Indonesia.Sehingga ajakan kerjasama dengan FMIPA Unimus-pun disambut baik.

“Selanjutnya rancangan MOU FMIPA Unimus dengan PPPPTK Matematika akan ditindaklanjuti dan pelajari oleh Tim Pokja Kemitraan PPPPTK serta diperinci dengan SPK SPK kegiatan lebih detail” ujar Nunik. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peran Kartini Milenial Di Masa Pandemi

  Direktur Polimarin Semarang akan Dr Sri Tutie Rahayu MSi akan  berbicara pada program Inspirasi ...