Breaking News

FT Unimus Gelar Workhop Penulisan Artikel Media Massa

Dekan FT Saat Membuka Workshop

SEMARANG (kampussemarang.com)- Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (FT Unimus) DR RM Bagu Irawan W MSi IPM membuka workshop “Mudah Menulis Artikel di Media Massa: Kiat Jitu Artikel Tembus Koran” yang dilakukan  secara daring bagi para mahasiswa, guru, dosen, pemerhati penulisan dan masyarakat umum, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan diikuti  sekiditnya 200 peserta dari Jawa dan luar Jawa bahkan dari Papua ini menampilkan pembicara pertama DR RM Bagu Irawan (Dekan dan penulis produktif) dari  sudut pandang atau sisi penulis media massa dan Dr Drs Sugeng Irianto MPd dari sisi media (jurnalis). Seminar dipandu dengan apik oleh Muh Amin ST MT yang juga chief editor atau pimred jurnal ilmiah Traksi FT Unimus.

Pada paparannya Dr Bagus Irawan yang artikel ilmiah populernya sangat banyak hasil tulisannya mewarnai berbagai media massa lokal, regional dan nasional ini menyampaikan banyak hal yang sangat berguna bagi para penulis terutama para penulis pemula, mulai dari dirinya mengawali tulisan pertamanya sampai sekarang ini yang boleh dikata tulisannya selalu dimuat di media massa.

“Saya saat pertama kali menulis untuk media, saya mengalami kesulitan luar biasa, naskah saya beberapa kali ditolak media. Tetapi berkat semangat pantang menyerah dan mau belajar serta komunikasi dengan media akhirnya tulisan saya boleh dikatakan selalu dimuat media sekarang ini. Bahkan ada media yang kadang minta saya nulis membuat tulisan tentang topik tertentu sesuai bidang ilmu saya teknik dan lingkungan sehingga pastilah dimuat kalau atas permintaan media. Tulisan atau artikel pertama saya yang di muat media di tahun 2005 dengan judul Green Hotel atau hotel hijau ramah lingkungan yang saat itu persoalan lingkungan belum banyak menjadi perhatian masyarakat” ujar Dr RM Bagus Irawan.

Pada kesempatan tersebut panitia workshop juga akan memilih 3 artikel terbaik dari para peserta kegiatan ini yang akan disampaikan dan dimuat di media massa tertentu di  Indonesia .

Sementara itu pada sesi kedua Dr Drs  Sugeng Irianto MPd memaparkan sejumlah tip cara cara naskah atau artikel dari mayarakat umum termasuk guru dosen dan mahasiswa. Juga terkait dengan hal hal penting yang harus diketahui dan dipahami masyarakat atau profesional saat mengirim artikel atau tulisan ke media massa menyangkut format, bahasa, jumlah kata atau huruf, alamat pengiriman dan lain sebagainya.(ks 01)

ket fotoL Dekan (kiri) menyerahkan swerifikat kepada moderator dan pembicara kedua.

 

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KKN PPM Unimus Fokus Pencegahan Covid-19

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebanyak 31.103 pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kota Semarang  tahun 2021 (data per Februari ...