Breaking News

Keguruan Unissula Kenalkan Pembelajaran Hots

ket foto: Dosen Unissula mensosialisasikan pelatihan Hots untuk guru SD (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Para dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN Bangunharjo Semarang Tengah yang dipimpin oleh kepala prodi Jupriyanto MPd.

Pengabdian masyarakat ini dihadiri Pengawas Gugus, Ketua daerah binaan, Kepala Sekolah dan Guru Kelas dari 7 (tujuh) Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. Dekan FKIP Unissula Imam Kusmaryono MPd yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan pengabdian ini juga dilakukan pada daerah binaan I, III, dan IV di wilayah Semarang Tengah guna meningkatkan peran aktif fakultasnya dalam pembinaan dan pengembangan profesional guru.

Kegiatan dilakukan akhir pekan lalu berupa pelatihan untuk guru mata pelajaran IPA SD dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Higher Order Thingking Skills (Hots). Hots merupakan istilah yang melekat pada suatu keterampilan dalam bernalar, memecahkan masalah, menentukan strategi yang tepat dalam menyelesaikan  permasalahan. Hots menunjukkan akan pemahaman dan penalaran mengenai suatu informasi bukan hanya sekedar mengingat kembali (recall).

“Soal-soal Hots bukan tentang sulit atau tidak sulit tetapi tentang konteks mengingat kembali atau menganalisis, mengevaluasi dan kreasi di dalam penerapan ranah kognitif. Keterampilan ini merupakan proses kognitif yang melibatkan level kognitif hirarki tinggi dari taksonomi berpikir Bloom. Hots dapat dibagi tiga kategori  Hots as transfer, Hots as critical thingking, dan Hots as problem solving. Hots as transfer didefinisikan sebagai keterampilan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang baru. Hots as critical thingking didefinisikan sebagai keterampilan dalam menilai sesuatu. Sedangkan Hots as problem solving diartikan sebagai keterampilan dalam memecahkan suatu masalah dengan cara yang tepat”ujar Dekan.

Sedanhkan Kaprodi menyatakan Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berlaku saat ini yang telah disesuikan dengan perkembangan zaman. Dalam mengaplikasikan kurikulum ini, tentunya banyak tantangan yang dihadapi baik tantangan internal maupun eksternal.

Pengetahuan mengenai pembelajaran Hots penting dikuasai guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013. Hal ini dilakukan dengan alasan salah satu penyempurnaan pada kurikulum 2013 yaitu mengenai standar penilaian yang memberikan  ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Adapun hasil yang akan dicapai dari kegiatan ini yakni Guru diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran berbasis Hots dan mampu menyusun soal-soal Hots  yang tidak hanya sekedar soal-soal mengingat yang dikembangkan pada level kognitif C1 (mengetahui), C2 (memahami), dan C3 (menerapkan) tetapi juga pada level C4 (analisis), C5 (evaluasi) dan C6 (kreasi) yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang inovatif.

Beberapa alternatif yang bisa diterapkan dalam Kurikutlum 2013 ada pembelajaran berbasis penemuan dan pemecahan masalah. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan mampu mengembangkan Hots pada siswa.

Beberapa guru peserta pelatihan memberikan testimoninya, bahwa para guru menyambut baik adanya pelatihan ini, karena para guru mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang penyusunan instrumen soal berbasis Hots yang sebelumnya menjadi alasan kesulitan guru dalam mengembangkan Hots.

Guru dapat memahami bagaimana cara mengukur dan memberikan skor yang tepat saat siswa menyelesaikan soal yang berbasis Hots. Seperti diketahui bahwa soal Hots akan menimbulkan alternatif jawaban yang berbeda antara satu siswa dan siswa yang lain maka dari itu, dalam pelatihan ini diberikan materi bagaiamana memberikan penilaian pada hasil pekerjaan siswa dengan soal Hots.

Di sisi lain, pengawas Gugus, Purwanto dan Ketua Dabin I Imam Santoso SPd mengharapkan agar kegiatan ini ditindaklanjuti dengan pembuatan MoU bersama antara FKIP Unissula dengan Dabin I Gugus Kanjengan atau SD di wilayah Semarang Tengah. (Ks01)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seminar dan Bedah Buku “Tionghoa Dalam KeIndonesiaan” di Undip

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip bekerja sama dengan Yayasan Nabill menggelar seminar ...