Breaking News

Kompetisi SBL Unika Makin Banyak Diminati

ket foto: suasana pertandingan di hari pembukaan SBL (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Kompetisi SBL (Soegijapranata Basketball League) kembali digelar di kampus Unika Soegijapranata mulai Selasa (05/02/2018) hingga satu bulan ke depan. Sebuah kompetisi basket yang dinanti pemain dan pecinta basket di kalangan muda terutama anak-anak SMA, karena dalam kompetisi ini akan menggunakan sistem klasemen dimana semua tim akan bertanding masing-masing minimal 7 kali untuk menentukan posisi dalam klasemen.

Dan setelah melalui babak klasemen, para peserta yang menempati klasemen teratas akan melalui babak Play-Off (sistem gugur) dan di partai final, kedua tim peserta akan bertanding menggunakan sistem Best of Three.

Leonardo Chandra, penanggung jawab kompetisi SBL 2018 menyatakan sistem kompetisi SBL 2018 ini diadaptasi dari sistem yang digunakan oleh NBA (National Basketball Association), yang merupakan liga basket profesional di Amerika Serikat. Dan yang menarik  dalam sistem Best of Three adalah kedua tim yang bertanding berusaha untuk memenangkan dua pertandingan dari tiga pertandingan yang diadakan. Jika pertandingan pertama dan kedua dimenangkan oleh sebuah tim, maka pertandingan ketiga tidak akan diadakan dan tim yang memenangkan kedua pertandingan itu langsung dinyatakan sebagai pemenang.

“Namun, jika pertandingan pertama dimenangkan oleh sebuah tim dan pertandingan kedua dimenangkan tim lawan, pertandingan ketiga diadakan untuk mencari pemenang” ujar Leonardo Chandra.

Pertandingan kompetisi yang dilaksanakan selama satu bulan di Gedung Sporthall Unika Soegijapranata ini, diikuti oleh 8 tim putra terdiri SMA Terang Bangsa, SMAN 14 Semarang, SMA Tri Tunggal Semarang, SMA Karangturi, SMA Semesta, SMA Kolese Loyola, SMA Sedes Sapientiae, dan SMA Theresiana dan 8 tim putri yang terdiri dari SMA Terang Bangsa, SMAN 1 Jekulo Kudus, SMA Tri Tunggal Semarang, SMA Karangturi, SMAN 3 Semarang, SMA Kolese Loyola, SMA Sedes Sapientiae, dan SMA Theresiana.

“Jika dibandingkan tahun lalu, di penyelenggaraan SBL kali ini, diikuti oleh 8 tim putra dan 8 tim putri sedangkan di tahun lalu diikuti 7 tim putra dan 6 tim putri. Tentunya, hal ini merupakan kebanggaan bagi kami karena merupakan tanda kompetisi SBL semakin diminati peserta. Selain itu, kompetisi ini lebih teristimewa karena sekolah peserta yang mengikuti merupakan hasil penyaringan tim-tim terkuat di provinsi Jawa Tengah sehingga pertandingan-pertandingan yang kami sajikan akan sangat menarik dan patut ditunggu” jelas Leonardo Chandra.

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., M.Sc yang memberikan sambutan pada acara pembukaan kompetisi SBL 2018 ini menambahkan dengan adanya kompetisi ini, Unika Soegijapranata berkomitmen memberikan dukungan bagi perkembangan kegiatan bola basket di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Unika juga menyadari bahwa prestasi siswa pada cabang olah raga bola basket sudah banyak sehingga Unika juga mendukung para siswa untuk mengembangkan bakatnya di bidang olahraga khususnya bola basket. Harapannya mereka dapat berperan dalam kompetisi antar provinsi, tingkat nasional bahkan internasional. Di sisi lain, Unika juga berupaya untuk mengenalkan UKM Basket Unika yang telah banyak menyumbangkan prestasi dan pemain pada Pekan Olahraga Mahasiswa tingkat rayon  maupun nasional.

“Dari kompetisi ini, seluruh tim akan memperebutkan hadiah uang pembinaan dengan total  nilai sebesar sebelas juta rupiah. Selain itu, bagi pemain basket yang memiliki prestasi khusus juga akan memperoleh beasiswa khusus untuk bisa studi di Unika Soegijapranata,” imbuhnya. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Puluhan Kasek dan Guru SMA/K Jateng Ikuti Short Course d Thailand

  Hatyai, Thailand (kampussemarang.com)- Puluhan kepala sekolah dan guru SMA/SMA Muhammadiyah dan SMA/SMK umum bersama ...