Breaking News

Mahasiswa Game Technology Unika Ciptakan 7 Game Pendidikan Pancasila

ket foto: para mahasiswa pembuat game saat berpose bersama pejabat fakultas dan universitas usai seminar (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)-Sebanyak 7 tim mahasiswa semester III Prodi Sistem Informasi dan Game Technology Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang unjuk kepiawaian dalam menciptakan game pembelajaran inovatif mata kuliah Pendidikan Pancasila. Uniknya mereka menjaga orisinalitas sehingga tidak ada satu [un game yang mirip dengan lainnya.

Karya mereka pun digelar lewat event  “Seminar dan Launching Aplikasi Pancasila 4.0: Wajah baru Pendidikan Pancasila” di kampus setempat, Sabtu (26/01/2019).  Acara yang dibuka Wakil Rektor III Unika Dr V Kristina Ananingsih ST MSc ini menampilkan 7 aplikasi kuliah pembelajaran Pancasila karya tim mahasiswa di antaranya Rosa Nilai Pancasila, Pancaball, Heroes in White, Ppuzzle, Defence Sang Saka, dan Hoax Hunter.

Sekretaris Prodi Sistem Informasi dan Game Technology Unika Soegijapranata Albertus Dwi Yoga SKom MKom dan dosen game technology Unika Soegijapranata Dr Antonius Laot Kian kepada pers di kampus setempat menyatakan pembelajaran Pancasila bisa dibuat dan dikemas kekinian lewat permainan game, puzzle dan sejenisnya yang nantinya program ini bisa diunduh di Play Store setelah penyempurnaan sekitar 3 bulan usai seminar.

Menurutnya, banyak cara mempelajari dan mengamalkan nilai nilai Pancasila termasuk lewat teknologi game yang mahasiswa Unika ciptakan. Proyek game ini merupakan skema bantuan pembelajaran inovatif pendidikan Pancasila dari Kemeneristekdikti dimana Unika Soegijapranata merupakan salah satu dari tujuh perguruan tinggi yang menerima bantuan jenis ini. Para mahasiswa pengembang game ini pun nantinya juga diuruskan sampai pada hak kekayaan intelektualnya sehingga bisa menguntungkan baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi maupun Indonesia” ujar Laot Kian.

Sedangkan Dwi Yoga menambahkan pada program ini mahasiswa ditantang dan diminta menciptakan aplikasi Pancasila dengan mendesain game untuk pembelajaran inovatif mata kuliah pengembangan kepribadian salah satunya Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Karya mereka dihargai berupa hak cipta dan karya ini terus disempurnakan lewat serangkaian pertemuan antar anggota tim selama 3 bulan ke depan dan ujungnya hasil karya mahasiswa ini akan diunggah ke Play Store sehingga bisa dipakai untuk internal Unika maupun untuk masyarakat Indonesia. (ks01)

ket foto: salah satu tim saat presentasi game Pancasila karya mereka (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswa FH  Unissula “Student Camp” di Unissa Brunai Darussalam

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebanyak 10 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang bertolak ke ...