Breaking News

Mahasiswa Sekarang Generasi Milineal, Pengajaran Bahasa Perlu Penerapan ICT

 

ket foto: Suasana Workshop Diikuti Banyak Guru dan Dosen (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Teaching English as Foreign Language in Indonesia (Teflin) Cabang Jateng menggelar “Workshop Learning Media Innovations with ICT for Teachers” di aula Fakultas Kedokteran Unimus, Rabu (16/1/2019) dengan pembicara utama Dr A Gumawang Jati MA dari ITB. Workshop dibuka Wakil Rektor I Unimus Dr Sri Darmawati MSi.

Dr Sri Darmawati MSi dan Dekan FBBA Unimus Yessika Maya Oktarani SS MHum mengatakan perlunya para guru dan dosen menggunakan ICT atau teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mereka. Karena perkembangan jaman memang menuntut penggunaan ICT dalam pembelajar mahasiswa yang saat ini mereka pada usia-usia generasi Z atau mileneal.

Sedangkan Dr Gumawang Jati MA menyatakan perkembangan ICT sangatlah cepat dan bagi guru atau dosen yang usia atau lahir di generasi X atau Y relatif keinggalan dalam menggunakan teknologi dibanding para mahasiswanya yang generasi Z atau generasi internet/online. Namun mau tidak mau guru atau dosen harus mempelajari pula ICT sebagai salah satu sarana pengajaran bahasa asing bagi siswa/mahasiswa.

“Saat ini lab bahasa canggih berbasis CD, berbasis kaset sudah ketinggalan, padahal belum lama dianggap sangat modern. Sekarang semua sarana prasarana belajar berbasis internet, smartphone dan sejenisnya. Ibarat pilihan “change or die” alias berubah atau mati, guru dan dosen meski lahir dan besar di generasi X atau Y wajib tahu minimal dasar dasar pengejaran berbasis ICT dengan sarana yang sudah sehari hari dipakai generasi mahasiswa atau siswa saat ini. ICT sangat membantu pengajaran bahasa karena materi pengajaran sangat melimpah di internet tinggal memeilih dan meramu yang sekiranya cocok dengan kebutuhan siswa atau mahasiswa” ujar Dr Gumawang.

Dekan FBBA Yessika Maya Oktarani SS Mhum dan Koordinator Teflin Wilayah Jateng Dr Issy Yuliasri MPd menyatakan workshop sebagai tindak lanjut penandatangan MOU antara FBBA Unimus dengan Teflin Jateng belum lama ini. Workshop peningkatan kompetensi guru dalam mengajar bahasa Inggris seperti ini sangat diperlukan bagi para guru dan dosen sehingga workshop sejenis ini secara periodik tertentu selalu dilakukan FBBA Unimus maupun Teflin Jateng. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing Pegang Peran Penting Dalam Membangun Gedung

SEMARANG (kampussemarang.com) –  Dalam rangka peningkatan mutu mahasiswa, Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata ...