Breaking News

Mahasiswa Unimus Lakukan Sosialisasi Platform Video Khusus Anak

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Kemajuan teknologi tentu memiliki peran positif dan negatif bagi berbagai bidang, tak terkecuali pendidikan anak. Di zaman ini, anak-anak dapat dengan mudah mengakses video melalui kanal youtube. Seperti halnya siswa Paud Nusa Indah Jaya 8 yang mengakses video di youtube menggunakan gawai milik orangtuanya.

Menurut keterangan salah satu orang tua, anaknya justru dapat membuka dan memutar video sendiri. Tentu hal ini sangat berbahaya jika orang tua lengah. Padahal masa anak usia pra sekolah adalah masanya anak untuk mengeksplor banyak hal atau dengan kata lain penasaran dengan banyak hal. Hal ini sangat berkaitan dengan kanal youtube yang berisi konten-konten tak terbatas dari berbagai kalangan dan diperuntukkan berbagai usia.

Anak-anak mungkin akan menjumpai video-video yang tidak sesuai dengan usianya. Maka dari itu, mahasiswa KKN Unimus Semarang Kelompok 28 berinisiatif melakukan sosialisasi mengenai kanal youtube khusus untuk anak usia pra sekolah hingga 12 tahun yaitu Youtube Kids.

 Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Annisa Rizka, mahasiswa Sastra Inggris Unimus pada tanggal 3 Februari 2021 yang merupakan serangkaian kegiatan KKN PPM Universitas Muhammadiyah Semarang. Dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak diharapkan dapat mengkonsumsi tontonan sesuai dengan usia mereka. Juga agar orang tua dapat melakukan pengawasan terhadap tontonan anaknya karena platform tersebut dapat mengirimkan laporan apa saja yang telah ditonton anak melalui email orang tua.

Orang tua pun dapat membatasi waktu penggunaan gawai anak, sebab platform Youtube Kids memiliki timer yang dapat berhenti secara otomatis ketika waktu yang diatur orang tua telah habis.

Sosialisasi yang dihadiri perwakilan orang tua ini berjalan lancar diikuti dengan antusiasme orang tua. Banyak dari orang tua yang secara langsung mengunduh aplikasi tersebut karena merasa bahwa platform video khusus anak ini lebih tepat digunakan oleh mereka jika dibandingan dengan yang biasa mereka gunakan. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Ini, Ike Ratnawati SPd MPd Ujian Terbuka Pendidikan Seni S3 Unnes

SEMARANG (kampussemarang.com)- Hari ini Jumat (19/2/2021) mahasiswa Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas ...