Breaking News

Menhub Lantik Lulusan Diklat Pelaut PIP Semarang

ket foto: Menhub (kanan) saat menyematkan tanda pelepasan perwira pelayaran niaga program diklat (foto dok)

.

SEMARANG (kampussemarang.com) Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melaksanakan Upacara Pelepasan Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut ANT/ATT I Angkatan IX dan ANT III Angkatan XXXI Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu  (12/08/2018).

“Dengan Kegiatan Bon Voyage ini, saya sampaikan Selamat Jalan dan selamat mengabdikan diri kembali pada dunia maritim yang telah menanti kiprah saudara. Kuatkanlah dunia maritim kita dengan kerja penuh kualitas dari saudara sekalian, demi mewujudkan pelayaran yang aman, nyaman, dan selamat,” pesan Menhub dalam sambutannya.

Dalam laporan pendidikan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc menyatakan 77 orang Perwira Siswa yang dilepas oleh Menhub terdiri 16 orang ANT I, 22 orang ATT I, dan 39 orang ANT III. Menurut Kabadan, mereka berhak memperoleh Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut ANT/ATT I dan ANT III.

Dalam kesempatan ini Menhub juga melaksanakan Pembukaan Diklat Perwira Kapal Negara dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Angkatan VII dan VIII, serta melepas Maritime Academy Carnival Tahun 2018.

Peserta Diklat Perwira Kapal Negara (DPKN) Tingkat 3 terdiri dari: 20 orang Diklat Perwira Kapal Niaga bagian Dek  dan 24 orang Diklat Perwira Kapal Niaga bagian Mesin. Jumlah peserta 44 orang berasal dari Pangkalan Saran Operasi Tanjung Balai Karimun, Tanjung Priuk, Batam dan Pantoloan. Diklat dilaksanakan 4 bulan meliputi pembelajaran teori dan praktek.

Sedangkan Program DPM meliputi: Diklat BST 9 hari, SAT 1 hari, AFF 4 hari dan BST KLM khusus untuk para nelayan selama 3 hari. Adapun jumlah peserta DPM sebanyak 1.050 orang, berasal dari berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Terkait dengan DPM, dalam kesempatan ini, Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. melaksanakan MoU dengan sejumlah instansi antara lain SMKN 1 Sanden  Bantul, SMKN 1 Puring Kebumen, SMK AKPELNI Semarang, SMKP Wira Samudera Semarang, SMKP Buana Bahari Cirebon,  NALAR, LKPI dan SMK Wisudha Karya Kudus.

Sebagai penutup rangkaian acara, Menhub melepas rombongan kirab Maritime Academy Carnival yang diramaikan berbagai sekolah maritim Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya PIP Semarang, AKPELNI, Akademi Maritim Nasional Indonesia (AMNI), Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), POLIMARIN dan SMK Pelayaran Akpelni yang berjumlah kurang lebih 1.630 taruna/taruni. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni

    SEMARANAG (kampussemarang.com) –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi ...