Breaking News

Paduan Suara Indonesia Menjadi Idola Warga Belgia

ket foto: tim paduan suara Binus University saat di Belgia (foto Dok)

 

BELGIA (kampussemarang.com)– Kompetisi International Choir Contest of Flanders yang diadakan di Kota Maasmechelen 2017, telah selesai dilaksanakan dengan sebuah Konser Gala yang menampilkan seluruh peserta International Choir Contest of Flanders – Maasmechlen2017 dari 8 negara, Republik Ceko, Belgia, Belanda, Latvia, Rusia, Kroasia, Swiss, dan Indonesia telah berkompetisi di ajang ini.

Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA) merupakan satu-satunya paduan suara yang berasal dari Asia pada kompetisi yang diadakan di negara yang terkenal dengan coklat-nya. Dengan arahan Rainier Revireino, PARAMABIRA menampilkan 15 lagu dengan dua kategori yang diikuti, yaitu Equal Voices Category, dan Mixed Voices Category. Dalam kedua kategori tersebut, PARAMABIRA berhasil membuat kagum penonton yang hadir dengan berbagai lagu daerah yang dipersembahkan, seperti Gayatri Mantram dari Bali, Piso Surit dari Sumatera Utara, Marendeng Marampa dari Sulawesi Selatan, Lingsir Wengi dari Jawa Tengah, Ahtoi Porosh dari Kalimantan Tengah, dan Yamko Rambe Yamko dari Papua.

Sebelumnya, PARAMABIRA sudah lolos dalam seleksi rekaman yang telah mengalahkan puluhan paduan suara dari seluruh dunia hingga pada akhirnya untuk datang ke Belgia untuk mengikuti kompetisi ini.

Dalam kompetisi kali ini, PARAMABIRA berhasil membuat kagum dengan hasil yang cukup memuaskan. PARAMABIRA berhasil mendapatkan 4 penghargaan sekaligus, yaitu Juara 2 di Kategori Equal Voices, Juara 2 di Kategori Mixed Voices, dan juga mendapatkan penghargaan sebagai The Best Performance of The Compulsory Work in The Mixed Choirs (Penampilan Terbaik Lagu Wajib Kategori Mixed Choirs), dan yang paling berkesan adalah penghargaan Prize of The Audience yaitu sebagai paduan suara terbaik dari perspektif penonton yang hadir dengan system voting. Hal ini menandakan bahwa  PARAMABIRA menjadi paduan suara terfavorit bagi warga Belgia yang hadir dalam serangkaian kompetisi ini.

“Puji Tuhan. Kerja keras dan perjuangan kami selama ini berbuah keberhasilan. Terimakasih paling mendalam kepada Binus University, para sahabat, keluarga dan khususnya Pepi (Rainier Revireino) yang sudah sabar mengajar dan membimbing kami. Terimalah persembahan kami untuk Indonesia,” kata Hana Dessy Natalina, Ketua PARAMABIRA 2017. Dengan latihan yang insentif dan berkat dukungan dari segala pihak, PARAMABIRA telahberhasilmemikathatiWargaBelgiadanakhirnyabisamengibarkan Sang Merah Putihtercinta.

Tentang PARAMABIRA

PARAMABIRA, Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantaran, merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di BINUS UNIVERSITY yang bergerak di dalam bidang tarik suara dan terbentuk sejak 26 November 1990. Samapi saat ini PARAMABIRA telah berpengalaman dalam dunia paduan suara khususnya pada acara-acara di dalam maupun di luar kampus serta telah meraih prestasi yang membanggakan almamater. Berbekal pengalaman dan prestasi yang dimiliki oleh PARAMABIRA dalam dunia paduan saura menjadikan PARAMABIRA sebagai salah satu paduan suara universitas yang berkualitas dan kaya akan pengalaman. Sejak tahun 2003 hingga kini, PARAMABIRA dilatih oleh Rainier Revireino.

Tentang BINUS UNIVERSITY

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik dengan pengalaman pendidikan dan dampaknya lebih dari 35 tahun, lebih dari 30.000 mahasiswa, 10 kampus modern, BINUS dengan bangga menjadi garda terdepan pendidikan tinggi yang mengikuti perkembangan cepat baikdari ekonomi dan demokrasi yang dinamis ini dengan berbagai prestasi yang patut dibanggakan.BINA NUSANTARA Group diprakarsai dengan sebuah kursus komputer modern pada tahun 1974, yang sekarang menawarkan berbagai program dengan standar internasional dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi dengan pendidikan dan pengetahuan profesional. Dengan sejarah ini, pendekatan pendidikan dari BINUS UNIVERSITY menekankan pada inovasi, kewiraswastaan, internasionalisasi, dan keterkaitan industri yang kuat dalam upaya berkelanjutan untuk mendorong dan memberdayakan masyarakat dalam “membangun nusantara” . (ks01).

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan ‘Unika Connect”, Unika Soegijapranata Jalin Kerjasama Dengan Visionet

SEMARANG (kampussemarang.com)- Dalam rangka mewujudkan visi Unika Soegijapranata Semarang yang selama 4 tahun ke depan ...