Breaking News

Pelayanan Gizi Pegang Peranan Penting di RS

Dekan saat membuka webinar

SEMARANG (kampussemarang.com)-Pelayanan gizi merupakan salah satu jenis pelayanan di Rumah Sakit maupun Puskesmas yang harus memiliki pelayanan gizi rawat inap dengan Nutritional Care Proses (NCP) yang tepat.

Pelayanan pasien dengan NCP sebagai salah satu upaya untuk memenuhi pelayanan yang berfokus pada pasien serta keselamatan pasien yang harus diterapkan dalam pelayanan gizi sehingga terbentuk pelayanan gizi yang bermutu. Penerapan NCP yang tepat  dibutuhkan suatu  keahlian dan ketrampilan dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pelaksana dalam penyelenggaraan makanan.

Berangkat dari latar belakang tersebut Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Ilmu Keperawatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar webinar untuk menyamakan persepsi di antara tenaga gizi yang ada di lapangan maupun akademisi dalam menentukan diagnosa gizi maupun dalam hal penamaan jenis diet bagi pasien, Rabu (24/2/2021).

Bertema “Pelayanan Gizi Rumah Sakit”, acara menghadirkan empat narasumber diantaranya Dr. Entos, DCN, S.P., MPMH (Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Pendidikan, Kementerian PPPA dan Pengurus PERSAGI Pusat yang memaparkan topik “Kebijakan Tenaga Gizi di Indonesia”, Dr. Susetyowati, DCN, M.Kes (Departemen Gizi Kesehatan, FKKMK UGM ; AIPGI) dengan topik “Kegiatan Praktik Lapangan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19”, Yufrida Leni Fayakun, DMN, MPH, RD (RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung ; DPP AsDI ; PERSAGI) dengan topik “Penyamaan Persepsi dalam Asuhan Gizi di RS Masa Pandemi”, serta Asep Ahmad Munawar, SKM., MKM, RD (RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung ; DPP AsDI) dengan topik “Manajemen Penyelenggaraan Makanan di RS pada masa Pandemi Covid-19”. Acara yang dibuka Dekan Fikkes Dr Ali Rosidi SKM MKes ini diikuti oleh ratusan partisipan dan dimoderatori oleh Ir. Agus Sartono, M.Kes.

Dekan Fikkes Dr Ali Rosidi SKM MKes menyatakan tujuan webinar untuk peningkatan pemahaman iptek kepada calon ahli gizi mahasiswa praktikan agar ada kesinambungan antara ilmu kuliah dengan yang didapatkan di lapangan. Webinar diikuti 482 peserta ahli gizi dari berbagai RS se Jawa dan luar Jawa, Webinar sebagai pijakan dalam melakukan pelayana gizi di RS. Juga tentang penyamaan persepesi asuhan gizi di RS di masa covid ini.

Senada dengan dekan, Kaprodi Gizi Fikkes Unimus  Yuliana Noor Setiawati Ulvie, S.Gz, M.Sc  menyampaikan lewat webinar, mahasiswa calon ahli gizi semakin memiliki pemahaman dan pengetahuan memadai terkait pelayanan gizi di rumah sakit. Sehingga nantinya bisa dijadikan bekal berharga manakala lulus dan bekerja di berbagai bidang gizi, termasuk di rumah sakit.  (ks01)

ket foto” Suasana Webinar Pelayanan Gizi (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

UCDC Unimus bersama USAID YEP Gelar Pelatihan Financial Life Skills

SEMARANG (kampussemarang.com)- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Karir atau Unimus Career Development Center (UCDC) Universitas Muhammadiyah ...