Breaking News

Perlu Bagi Mahasiswa: Unimus Gelar Pelatihan Financial Life Skill

ket foto: SukojoSS saat mengisi pelatihan FLS di Unimus (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebelum lulus kuliah, mahasiswa perlu dibekali berbagai soft skill, termasuk soft skill bidang finansial. Pengetahuan ini sangat perlu dimiliki mahasiswa sehingga saat lulus, mereka mampu mengelola keuangan dari gaji atau pendapatan mereka secara baik.

“Bila tidak, dikawatirkan setelah memasuki dunia kerja mereka bisa salah mengatur keuangan mereka atau bahkan terjerumus pada berbagai bentuk pinjaman atau hutang yang ujungnya membebani kinerja mereka” ujar Kepala UPT Pusat Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) atau Unimus Career Development Center (UCDC) Sukojo SS saat mengisi pelatihan Financial Life Skills (FLS) di kampus Unimus, Selasa (9/4/2019).

Pelatihan diikuti 21 mahasiswa perwakilan dari berbagai prodi yang ada di Unimus. Selama 3 hari, dengan 14 modul mereka secara intensif dilatih FSL, sebuah projek Youthwin Through Economic Participation (YEP) dari USAID.

“Tujuannya agar generasi muda Indonesia melek ketrampilan keuangan atau soft skill financial. Kalau pekerja berhutang biasanya kinerja turun. Lewat pelatihan ini diharapkan peningkatan kinerja saat mahasiswa lulus dan memasuki dunia kerja. Juga misal berhutang harus bisa membedakan lembaga keuangan yang kredibel dengan yang tidak” ujar Sukojo SS.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unimus Rosita Lihasari SSos MSi saat membuka pelatihan menyampaikan pentingnya mahasiswa dibekali dengan soft skill bidang keuangan. Soft skill bidang ini akan mendukung kesuksesan mahasiswa saat lulus dan menapaki karir di bidang kerja masing-masing.

“Skill bidang financial ini besar manfaatnya untuk mahasiswa saat mereka lulus kuliah dan memasuki dunia kerja” ujar Rosita Lihasari.

Sementara itu pula Eva Dina, mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris semester 6 yang juga ikut pelatihan FLS menyatakan banyak mendapat manfaat dari pelatihan. Karena di dalam pelatihan, tidak hanya diberi pengetahuan investasi namun juga pengetahuan dan sikap yang bisa mendukung saat nantinya dia lulus dan bekerja. Setidaknya dengan bekal skill yang didapat lewat pelatihan ini bisa dijadikan rambu dan arahan menapaki karir khususnya di bidang finansialnya. (ks01)

ket foto: Kepala BAAK Unimus Rosita Lihasari saat membuka pelatihan (foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sudah Optimalkan IMD di Indonesia? Inilah Beberapa faktanya.

  OPINI Oleh: Suhariyati (Mahasiswa S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unissula Semarang)   SEMARANG (kampussemarang.com)- Air ...