Breaking News

Perlu Tiru Malaysia, Jadikan Kematian Ibu Melahirkan Kejadian Luar Biasa

ket foto: (ki-ka) Prof Dato Dr Abd Rahim, WR II Unimus, dan Dekan FK Unimus saat kuliah umu (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Mantan Dekan Cyberjaya University College of Medical Science Malaysia Prof Dato’ Dr Abd Rahim bin Mohammad memberi kuliah umum internasional “Family Medicine to improve community health” di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) Jumat (5/1).

Kuliah umum dibuka Wakil Rektor II Unimus Dr Hj Sri Rejeki SKp MKep SpMat dihadiri pula Dekan FK Unimus Prof Dr dr H Rifqi Muslim SpB SpU (K), Direktur Eksekutif International Relationship Officer (IRO) Unimus Moh Yusuf PhD, para dosen FK Unimus dan mahasiswa tingkat akhir S1 Kedokteran FK Unimus, mahasiswa Prodi Profesi Dokter Unimus, mahasiswa Kedokteran Gigi, dan mahasiswa yang akan mengambil FK uji  UKDI.

Dalam kuliah umumnya, Prof Dato Dr Abd Rahim menyampaikan sistem kesehatan masyarakat dan kesehatan terkait dengan kebijakan dokter keluarga di Malaysia. Termasuk kebijakan atau persoalan menyangkut kematian ibu saat melahirkan.  Malaysia memiliki angka kematian bayi dan ibu akibat melahirkan relatif sangat rendah, termasuk jika dibandingkan Indonesia.

“Kalau di Malaysia, bila ada kejadian ibu meninggal saat melahirkan di klinik desa, puskesmas atau di layanan kesehatan lainnya maka kejadian tersebut dijadikan sebagai kejadian sangat khusus dan direcord serta dilaporkan ke jenjang lebih atas sampai ke Kementrian Kesehatan Malaysia. Kemudian dilakukan investigasi menyeluruh tentang kejadian tersebut, bukan dengan tujuan untuk menghakimi tetapi mencari penyebabnya kenapa bisa terjadi sehingga tidak terulang di masa datang” ujar Prof Dato’ Dr Abd Rahim bin Mohammad saat menjawab pertanyaan mahasiswa kenapa di Malaysia angka kematian ibu melahirkan sangat rendah.

Lebih lanjut menurut Prof Dato’ Dr Abd Rahim, kematian memang datangnya dari Tuhan tetapi secara ilmu kematian ibu melahirkan bisa dicegah sehingga di Malaysia dianggap kejadian sangat luar biasa dan perlu investigasi menyeluruh agar kejadian tidak terulang. Tanpa berprasangka negatif pada masyarakat Indonesia, ada baiknya masyarakat Indonesia (termasuk pemerintah) menjadikan kejadian kematian ibu saat atau akibat melahirkan sebagai hal yang perlu mendapat perhatian sangat serius seperti di Malaysia.Terlebih bagus lagi dengan didukung peningkatan fasilitas kesehatan, SDM para tenaga kesehatannya dan lain lain sehingga angka kematian tersebut bisa diturunkan signifikan. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

20 PT Taiwan Kunjungi Undip

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Undip menyambut baik kunjungan 20 perguruan tinggi (PT) Taiwan di kampus Undip, ...