Breaking News

Permudah Pembelajaran Kimia, Mahasiswa Unimus Ciptakan Aplikasi Chem-Lab

 

ket foto: Muh Gufron (tengah) bersama tim nya berpose membawa aplikasi di kampus Unimus (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Program ini ditujukan untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa di Indonesia yaitu mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari di bangku kuliah untuk masyarakat luas.

Beberapa PKM Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) tahun ini berhasil didanai Dikti untuk maju ke babak selanjutnya. Di antaranya PKM di bawah ketua Muhammad Gufron dengan anggota Muninggar Vika Suryani dan Zulfa Nurfitriana. Mereka merupakan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimus.

PKM bidang Penelitian Sosial Humaniora (PSH)  berjudul “Aplikasi Chem-Lab”  merupakan pengembangan media pembelajaran ruang lingkup kimia berbasis Augmented Reality.. Proposal tersebut nantinya akan diseleksi kembali dan diikutkan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2019 di Udayana Bali sekitar Agustus mendatang.

Menurut Muhammad Gufron, “Chem-Lab” merupakan model pengembangan media pembelajaran kimia berbasis Augmented Reality. Augmented reality (AR). AR  merupakan cara untuk menggabungkan benda atau objek maya ke dalam lingkungan nyata pengguna lalu memproyeksikannya dalam waktu nyata.

Tujuan Augmented Reality adalah menyederhanakan objek nyata dengan membawa objek maya sehingga informasi tidak hanya untuk pengguna secara langsung melainkan juga untuk setiap  pengguna  yang berhubungan dengan user interface dari objek nyata.

Sedangkan tujuan dari Produk Aplikasi yang kami buat yaitu untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa aplikasi android berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan guru untuk membantu memudahkan siswa dalam pembelajaran teknik dasar laboratorium.

Fitria Fatichatul Hidayah, S.Si., M.Pd sebagai pembimbing sekaligus Ketua Program Studi S1 Pendidikan Kimia Unimus mengatakan bersyukur atas keberhasilan tersebut yang merupakan sebuah kerja keras dan semangat dari tim PKM Mahasiswa, dosen pembimbing.

Capaian tersebut bukanlah akhir dari perjuangan tim PKM. Akan tetapi, merupakan sebuah perjalanan yang masih panjang. Karena proposal yang mendapat dana dari Dikti masih akan diseleksi kembali melalui proses evaluasi, lalu proposal yang dinyatakan lolos dari tahapan berhak maju ke Pimnas.

“Oleh karena itu, ke depan kami berupaya memperkuat tim PKM untuk menghadapi proses selanjutnya. Harapannya proposal ini melaju ke final dan meraih juara di Pimnas mendatang” ujar Fitria. (ks01)

.

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tim PKM Polines Ciptakan Lampion Unik dari Limbah Kertas

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Kertas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan manusia. Kertas dikenal sebagai ...