Breaking News

PIP Semarang Lepas 186 Perwira Pelayaran

ket foto: Capt Arifin S saat memasangkan pangkat pada mahasiswa pada uacara wisuda (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)– Sebanyak 186 mahasiswa (taruna/taruni) Perwira Pelayaran Besar Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dilepas (diwisuda) lewat upacara wisuda ke-84 di lapangan kampus Jalan Singosari dengan Inspektur Upacara Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Capt Arifin Soenarjo, Kamis (13/04/2017). Sejak berdiri 1951, PIP Semarang telah meluluskan 9.141 lulusan yang tersebar di berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

Direktur PIP Semarang Dr Capt H Wisnu Handoko MSc M.IP menyampaikan wisudawan terdiri program studi Nautika 89 orang dan Teknika 97, serta mereka berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel). Dua orang terpilih sebagai lulusan terbaik dianugerahi penghargaan Kartika Niti Yogya (Lambang pencapaian prestasi dan keteladanan) untuk Kavin  Pegasi, S Tr Pel IPK 3,22 (prodi Nautika) dan Fatahillah Fadloli S.Tr.Pel IPK 3,20 (prodi Teknika). Juga terpilih taruna berprestasi Bidang Perilaku (Penghargaan Kartika Nugraha Adhibrata) untuk Praditya Iqbal Tawakal S.Tr.Pel,  Bidang Karya Ilmiah (penghargaan Kartika Nugraha Adhisastra) untuk Syahdian Arisky S.Tr. Pel dan Achmad Wajyu Laili Nurcahyanto S.Tr.Pel, bidang Bahasa Inggris (PENGHARGAAN Kartika Nugraha Adhiwicara) untuk Adam Bachtiar Budiman S.Tr. Pel, serta Bidang Samapta (Penghargaan Kartika Nugraha Adhiraga) untuk Yayan Valdo Granosa S.Tr. Pel.

“Wisuda periode ini hasil sidang senat terbuka Rabu 12 April 2017. Mereka berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pelayaran dengan sertifikat profesi Ahli Nautika Tingkat III dan Ahli Teknika Tingkat III yang siap mengisi berbagai pekerjaan di sub sektor perhubungan laut dan transportasi laut baik dalam dan luar negeri.  Meraka selama 8 semester ditempa di perkuliahan terdiri semester 1-4 di kampus dan tinggal di asrama kampus, sem 5-6 praktek (berlayar), sem 7-8 kembali ke kampus mengerjakan tugas akhir” ujar Direktur PIP Semarang.

Menurut Direktur PIP Semarang, selama periode 2016-2017 PIP berhasil mencetak prestasi di antaranya pengembangan dan penataan manajemen pendidikan politeknik, tahun 2016 memulai pengelolaan keuangan dengan sistem Badan Layanan Umum (BLU), Maret 2017 mencapai target 150 % kinerja, 6 april 2017 PIP Semarang meneirma sertifikat LSP I dari BNSP sebagai pelaksana sertifikasi untuk sejumlah keahlian pelayaran.

Direktur PIP Semarang berharap dengan dukungan 98 dosen (8 sudah S3) dan sejumlah lainnya sedang S-2 serta S3, PIP Semarang bisa segera membuka pascasarjana (S2) pelayaran yang saat ini belum ada di Indonesia. S2 Vokasi Pelayaran diperlukan untuk peningkatan SDM tenaga kerja pelayaran nasional dan internasional dari Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala SDM Perhubungan Laut Capt Arifin Soenarjo menyambut baik rencana PIP Semarang berkeinginan membuka S2 pelayaran yang memang belum ada, selama ini hanya D4. Rencana pendirian S2 Pelayaran akan mendukung program poros maritim pemerintah yang membuat tol laut (banyak pelabuhan didirikan) kapal patrol dan kapal perintis diberbanyak signifikan yang dulu porsi pengembangan maritim hanya 6 persen (kebijakan pemerintah sebelumhya ke pengembangan darat) sekarang meningkat sangat signifikan.

“Pelaut pelaut kita sebetulnya tidak kalah dibanding Filipina yang saat ini menguasai dunia kepelautan. Kekuranagan pelaut kita ada di pengetahuan IT dan bahasa Inggris maritime” ujar Arifin Soenarjo. (ks01)

Ket foto: salah seorang mahasiswa (taruna) menangis terharu saat orang tuanya diberi kesempatan memasangkan tanda pangkat sebagai tanda kelulusan ( foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unissula Tuan Rumah Rakernas BKS-PTIS

  SEMARANG (kampussemarang.com) – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang selama dua hari Kamis dan ...