Breaking News

Maba Unimus Mulai Masuk Ponpes

ket foto: Rektor Unimus saat memberi ucapan selamat datang kepada mahasantri ponpes sekaligus memberio tausiah (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)-  Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr H Masrukhi MPd dan Direktur Pondok Pesantren (Ponpes) Putri KH Sahlan Rosjidi Unimus Rohmat Suprapto SAg MAg menerima 209 mahasantri baru yang juga mahasiswa baru Unimus menempati ponpes di rusunawa kampus Unimus Kedungmundu, Jumat sore (6/9/2019).

Hadir pada acara “welcome speech  pembekalan pompes putri KH Sahlan Rosjidi Unimus 2019” di antaranya Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM Jateng) Drs Tafsir MAg, pimpinan wilayah Aisyiyah Jateng, para wkil rektor dan dekan di lingkungan Unimus dan orang tua mahasantri yang mengawali masa masuk ponpes tersebut.

“Duaratus sembilan mahasantri baru ini sebagian dari sekitar 2.500 an mahasiswa baru Unimus tahun 2019. Karena keterbatasa kapasitas ponpes sehingga tiap angkatan sementara ini baru mampu mendidik secara asrama selama setahun antara 200 sampai hampir 300 mahasantri putri. Unimus juga sedang merencanakan pembangunan asarama mahasiswa putra di kampus ini pula sehingga nantinya yang masuk ponpes tidak hanya mahasiswi seperti sekarang ini” ujar Rektor.

Menurut Rektor, masa pendaftaran mahasiswa baru Unimus akan berakhir sampai akhir September 2019 sehingga nantinya diperkirakan akan ada mahasantri yang ikut menyusul masuk pompes. Tahun ini Unimus menargetkan mahasiswa baru mendekati 3.000 mahasiswa sampai akhir September ini.

Sementara itu Direktur Ponpes KH Sahlan Rosjidi Rohmat Suprapto SAg MSi menyatakan dari 209 mahasantri baru (diperkirakan akan tambah lagu dalam satu dua pekan mendatang), mereka mewakili merata dari 22 program studi yang ada di Unimus, termasuk Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Juga hampir mewakili seluruh wiulayah NKRI mulai dari Jabar, Jateng, Jatim, Sumatra, Kalimantan dan Nusa Tenggara.

“Mereka akan didik di dalam pesantren dalam kampus ini selama setahun dengan berbagai mkateri di antaranya Islam dan Kemuhammadiyahan, penguatan tauhid, pembinaan akhlak, kebahasaan asing dan bahasa Arab, menghafal dan mengaji Quran, pembiasaan berindahan dan training motivasi. Mereka selama setahun dibimb ing oleh 12 musrifah (mahasiwi senior) serta para dosen Unimus” ujar Rokhmat Supra[yo yang juga Direktur Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Unimus ini.

Acara ditutup dengan secara simbolik penyerahan kunci kamar ponmpes, penyerahan mahasantri dari orang tua mahasantri kepada Unimus dan tausiah dari Kwtu PWM Tafsir MAg. (ks01)

ket foto: Rohmat Suprapto SAg MSi saat secara simbolik memberi kunci asrama ponpes kepada perwakilan mahasantri baru (Foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Undip Mewisuda 2.679 Mahasiswa

SEMARANG (kampussemarang.com)- Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum mengatakan bahwa wisuda kali ...