Breaking News

Ponpos Az-Zuhri Gelar Kirab Budaya 1 Muharram

 

ket foto: penampilan barongsai yang ikut meramaikan kirab budaya Ponpes Az-Zuhri, Ketileng Semarang di makam tahun baru (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)-  Dalam menyambut tahun baru 1 Muharram 1440 H, pondok pesantren Az-Zuhri, Ketileng, Semarang menggelar sejumlah kegiatan yang dimulai Senin sore (10/09/2018) sampai malam hari di sekitar ponpes dan perumahan Ketileng.

Ketua Panitia peringatan 1 Muharram 1440 H Ponpes Az-Zuhri Heri Supangkat (Abdul Kharis) didampingi Seksi Publikasi Mulyono menyatakan rangkaian peringatan 1 Muharram diawali dengan doa akhir tahun, doa awal tahun baru, pawai budaya yang dihadiri Wagub Jateng Taj Yasin serta diakhiri dengan pagelaran wayang kulit 3 dalang (Ki Cahyo Kuntadi, Ki Sindunata, dan Ki Aji Tondo Utama) dengan lakon Tumurune Wahyu Topeng Wojo”

Tujuan kirab budaya agar masyarakat umum tahu kalau Islam punya tahun baru Muharram yang layak untuk diperingati, tidak hanya peringatan tahun baru Masehi saja. Pihak pondok tidak membedakan budaya tertentu yang ikut kirab, jutsru keberagaman budaya sangat dibutuhkan di negeri ini.  Dari ponpes ditampilkan sepak bola api, pesta kembang api, sejumlah tokoh superhero, sedang dari luar di antaranya kelompok barongsai dan budaya berbagai agama dan suku ikut tampil. Termasuk drum blek sekolah RA Az-Zuhri yang tampil menawan.

“Berbagai jenis budaya tampil agar warga ponpes tahu di luar ada berbagai macam budaya yang juga baik. Dan peringatan satu muharram agar warga Muslim makin menyadari pentingnya memperingati budaya muslim pula yang layak diperingati seperti tahun baru Islam ini” ujar Mulyono. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unissula Tuan Rumah Rakernas BKS-PTIS

  SEMARANG (kampussemarang.com) – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang selama dua hari Kamis dan ...