Breaking News

Prodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Siap Sambut Era Society 5.0

ket foto: salah satu suasana raker (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Rapat kerja (raker) program studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Kamis-Jumat (2-3/5/2019) meneguhkan semangat universitas untuk menyambut era Society 5.0.

Berbagai instrumen kebijakan program studi dan kurikulum yang disusun diarahkan pada kesiapan mahasiswa dalam menghadapi perubahan jaman dan memperluas wawasan selama studi. Sebagai contoh, program magang kerja yang disyaratkan semakin menekankan pada kualitas kerja dan pengalaman baru yang bisa diambil oleh mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional. Mahasiswa diminta membagikan pengalamannya selama magang kerja ke mahasiswa lain dalam bentuk seminar maupun workshop kompetensi tertentu.

Sedangkan dalam skripsi mahasiswa, penggunaan sistem rekam jejak bimbingan skripsi dan pemeriksaan plagiasi menjadi dasar penjaminan mutu tugas akhir. Selain itu, pilihan topik di bidang sistem informasi, teknologi game, dan e-commerce harus dapat menghasilkan wawasan baru bagi mahasiswa.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, aplikasi yang terkait dengan masyarakat dan game berteknologi tinggi kerapkali menjadi andalan mahasiswa dalam tugas akhirnya. Selain menghasilkan karya, mahasiswa juga ikut melihat efektifitas pemanfaatannya secara nyata. Dengan begitu, dampak teknologi informasi di dalam kehidupan masyarakat menjadi semakin terasa.

Dalam hal perkuliahan, pemanfaatan hybrid learning makin ditingkatkan kualitasnya. Bukan hanya dalam hal materi dan pengumpulan tugas secara online saja, tetapi juga integritas mahasiswa terkait dengan pencegahan plagiasi juga semakin ditekankan melalui fitur yang telah disediakan oleh universitas. Pemanfaatan video streaming di dalam perkuliahan juga menjadi perhatian khusus di dalam raker. Menurut Kaprodi Sistem Informasi, Bernardinus Harnadi, Ph.D., fitur tersebut beberapa kali telah digunakan oleh dosen ketika sedang ditugaskan di luar negeri.

Prodi Sistem Informasi juga sudah menerapkan presensi online di dalam kegiatan perkuliahannya. Selain praktis, dokumen Berita Acara Perkuliahan dan rekapitulasi presensi dapat dihasilkan secara otomatis setelah kuliah selesai. Hal ini bukan hanya memudahkan administrasi tetapi juga memberikan pengalaman baru dan kesiapan menghadapi era baru bagi mahasiswa. Lanjut Bernardinus, kesiapan menyambut era Society 5.0 menurutnya sudah tidak bisa ditawar lagi. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Semua Prodinya Terakreditasi A, FH Unissula Siap Berikan Layanan Pendidikan Terbaik

  SEMARANG (kampussemarang.com)- Fakultas Hukum (FH) Unissula yang berdiri tahun 1963 saat ini semakin berkembang ...