Breaking News

Statistika FMIPA Unimus Gelar Seminar Big Data

ket foto: Dekan FMIPA Unimus (tengah) saat membuka seminar (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Program Studi S1 Statistika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar seminar nasional online “Implementasi Big Data dan Pemodelan Statistika di Masa Pandemi Covid-19” di kampus II Unimus Kawasan Kedung Mundu, Sabtu (15/8). Seminar dilakukan melalui aplikasi zoom dan disiarkan pula secara live streaming lewat Youtube.

Sejumlah pembicara seminar mewarnai acara ini di antaranya Staf Ahi Walikota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dr  Ir Nana Strodata SE MM (mewakili Walikota Semarang Hendrar Prihadi MM), Dr rer pol Dedy Dwi Prasetyo MSi (Peneliti dan Kaprodi Pascasarjana Statistika ITS), Adi Wijaya MKom (Founder Neuroscience Computing Research dan Praktisi Data Science) dan moderator Prizka Rismawati Arum  MStat (dosen S1 Statistika Unimus).

Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd saat membuka seminar menyatakan mengapresiasi prodi S1 Statistika FMIPA Unimus dimana persoalan Big Data merupakan kegiatan yang sangat intensif dikaji oleh prodi Statistika dan kegiatan seminar seperti ini rutinitas dilakukan prodi prodi di lingkungan FMIPA Unimus (Prodi S1 Pendidikan Kimia, Prodi S1 Pendidikan Matematika, dan Prodi S1 Statistika). Minggu lalu, beberapa dosen Prodi Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika Unimus mengajar secara online untuk mahasiswa FMIPA UPSI Malaysia. Minggu depan, sejumlah dosen Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Statistika Unimus juga mengajar online untuk mahasiswa UPSI. Begitupula beberapa dosen UPSI Malaysia bulan depan akan mengajar online untuk mahasiswa FMIPA Unimus.

“Tiga prodi di FMIPA secara rutin melakukan penguatan prodi dan kompetensi mahasiswa serta dosen melalui berbagai kegiatan akademis seperti seminar. Seminar rutin dilakukan terlebih di masa pandemi Covid-19 ini hampir tiap minggu tiap prodi melakukan seminar online sesuai dengan keilmuan prodi masing-masing. Juga melaksanakan MOU dengan perguruan tinggi lain, di antaranya UPSI Malaysia” ujar Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd.

Sedangkan Kaprodi S1 Statistika Indah Manfaati Nur MSi menyampaikan tujuan seminar untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa serta masyarakat umum terkait pesatnya perkembangan Big Data. Selain itu juga untuk memberikan wawasan kolaborasi dan sinergi dari berbagai elemen, antara lain birokrasi, akademisi dan praktisi, dalam rangka menghadapi situasi pandemi Covid 19.

“Manfaat yang bisa diambil melalui seminar ini antara lain mahasiswa dan masyarakat umum mampu mengetahui tren atau perkembangan Big Data dan penerapannya dalam berbagai bidang kehidupan. Sekaligus mendapatkan gambaran terkait sinergi yang dilakukan berbagai pihak dan rencana-rencana ke depan terkait kebijakan yang akan diambil pihak terkait untuk mengatasi situasi pandemi covid 19” ujar Kaprodi S1 Statistika Unimus Indah Manfaati Nur MSi. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Jawa Miliki Beragam Permasalahan

SEMARANG (kampussemarang.com)- Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang ...