Breaking News

Teliti Tentang Pasar Gede Solo, Dosen UNS Lulus Cum Laude S3 Arsitektur Undip

ket foto: Dekan FT Undip saat menyerahkan ijazah pada Dr Istijabatul Aliyah (foto Dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Istijabatul Aliyah ST MT, dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNS Surakarta lulus Doktor (S-3) Program Doktor Teknik Arsitektur dan Perkotaan Fakultas Teknik Undip setelah berhasil mempertahankan disertasi “Pasar Gede: Kebertahanan Pasar Tradisional Sebagai Komponen Struktur Kota Surakarta” di depan tim penguji di Sekolah Pascasarjana Undip, Selasa (14/3).

Tim penguji diketuai Dekan Fakultas Teknik Undip Ir M Agung Wibowo MM MSc PhD, penguji eksternal Prof Dr Ir S Tri Sutomo MS (dosen Unhas), penguji internal Prof Dr Nurdien HK MA, Prof Dr Ing Ir Gagoek Hardiman, dan Dr Ir Joesron Alie Syahbana MSc serta Promotor Prof Dr Ir Bambang Setioko MEng dan co-promotor Dr Ing Wisnu Pradoto  ST MT. Dr Istijabatul Aliyah ST MT yang juga alumni S1 Teknik Arsitektur Undip dan S2 Magister Arsitektur Undip ini akhirnya lulus berpredikat Cum Laude dengan IPK 3,86,  masa studi 3 tahun, 6 bulan, 13 hari serta tercatat sebagai lulusan ke 24 yang dihasilkan prodi ini.

Dalam disertasi yang dipertahankannya, Istijabatul Aliyah menyatakan pasar tradisional di Jawa, khususnya Pasar Gede yang menjadi objek penelitiannya, merupakan komponen struktur kota tradisional dan akan tetap bertahan atau eksis kalau ada kemauan baik (goodwill) dari semua pihak (stake holder). Pasar tradisional dapat bertahan manakala ada komponen pembentuk kebertahanan yaitu adanya sinergi, loyalitas dari pelaku, aktivitas yang kumandhang, kebijakan yang handarbeni dan tempat yang ngrejekeni. Kelima komponen ini oleh Dr Istijabatul Aliyah disingkat menjadi akronim SiLoKu Ben Ngrejekeni.

“Pasar Gede sebagai salah satu komponen struktur kota tradisonal Jawa masih berperan sebagai komponen struktur pada masa Orde Baru hingga sekarang, meski “poros” yang awalnya mengarah pada keraton tetapi secara perlahan mulai “mengarah” ke Balai Kota. Kentalnya budaya masyarakat Solo, loyalitas para pedagang dan aspek lain di SiLoKu Ben Ngrejekeni inilah yang akan tetap menjadikan Pasar Gede dan pasar tradisional lain di kota-kota Jawa akan tetap hidup sampai kapanpun walau perekonomian bergerak ke modern” ujar istri dari Tulus Basuki ST MT ini.

Dr Istijabatul Aliyah ST MT tergolong mahasiswa S-3 yang produktif karena lewat penelitian yang dilakukannya, dirinya berhasil menulis 4 artikel ilmiah internasional bereputasi, 1 jurnal nasional serta 3 seminar internasional.  Hadir pada ujian terbuka ini WR III UNS Prof Ir Darsono MSi, Dekan Fakultas Teknik UNS Dr. Techn Ir Sholihin As’ad MT, Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir H Bambang Pujiasmanto MS dan sejumlah pejabat UNS lainnya. (ks-01)

Ket Foto: Dr Istijabatul Aliyah ST MT (foto Dok)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Luluskan 381 Wisudawan:, STEKOM dan STMIK Provisi Wisuda Bersama

SEMARANG kampussemarang.com)- Sekolah Tinggi Elektronika Komputer (STEKOM) Semarang dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) ...