Breaking News

Tim Debat Unika Soegijapranata Raih Juara I Kompetisi Debat Nasional

ket foto: Tim Debat Unika (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bulan Agustus lalu mengumumkan nama-nama perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di Indonesia yang lolos seleksi untuk maju ke tahap nasional dalam  seleksi tahap I National University Debate Championship (NUDC) Tahun 2020 yang diselenggarakan 24-29 September 2020 secara online.

Dari 112 tim PTS dan PTN se-Indonesia yang masuk seleksi tingkat nasional NUDC 2020, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang merupakan salah satu yang terpilih dalam tahap kompetisi NUDC nasional. Dalam kompetisi nasional NUDC 2020 tersebut Tim Debat Unika Soegijapranata yang diwakili oleh Tim Debaters Jimmy Christofer dan Yosephin Tiara Putri Dewanti serta N-1 Adjudicator  Olivia Leony telah membawa harum nama Unika Soegijapranata di kancah prestasi nasional sebagai Juara I NUDC 2020 dengan mengalahkan tim debaters dari ratusan wakil PTN dan PTS se-Indonesia.

Salah satu tim debater NUDC 2020 Unika Soegijapranata Yosephin Tiara Putri Dewanti mengemukakan kegembiraannya dengan prestasi yang berhasil dicapai oleh tim debaters Unika Soegijapranata.

“NUDC merupakan kompetisi debat yang dilaksanakan tiap tahun di Indonesia yang diikuti seluruh PTN atau PTS di Indonesia yang mewakili masing-masing wilayah LLDikti di Indonesia. Unika Soegijapranata merupakan salah satu yang lolos dalam seleksi dan mewakili LLDikti Wilayah VI untuk maju ke tahap Nasional,” terang Tiara yang masih studi di Fakultas Teknologi Pertanian Unika.

Dalam pelaksanaannya, NUDC 2020 terkendala pandemi covid-19 sehingga untuk pertama kalinya ajang kompetisi NUDC diselenggarakan secara online. Bersyukur tim Unika Soegijapranata berhasil meraih juara I tingkat nasional.

“Capaian prestasi itu, Tim Debaters Unika Soegijapranata meraih Juara I dalam kategori Novice dan salah satu debaters dari tim Unika yaitu Jimmy Christofer juga mendapat Top Fifth Best Speaker di NUDC 2020,” jelas Tiara.

Menurutnya, capaian prestasi berhasil diraih dengan upaya keras dan tak mengenal lelah karena tim merasa tantangan NUDC 2020 lebih berat dibandingkan NUDC tahun sebelumnya. Banyak tim lain yang secara kualitas terhitung baik dan memiliki score yang tinggi, sehingga sangat kompetitif sekali. Disamping itu faktor kualitas jaringan juga sangat mempengaruhi karena kompetisi dilakukan secara online.

“Saya mewakili tim debaters NUDC 2020 Unika berharap untuk NUDC tahun depan kita bisa ke Main Draw Category dan masuk dalam semi final NUDC 2021. Atau jika masih di Novice  Category  kita bisa masuk ke grand final lagi,” ujar Tiara.

Sedangkan untuk para debaters di Unika, dirinya berharap untuk terus berlatih dan tidak menyerah karena untuk bisa meraih juara I NUDC tim harus banyak mengikuti lomba sebagai latihan. Apabila saat mengikuti satu lomba kita belum berprestasi, tidak boleh menyerah karena memang harus melalui proses latihan yang panjang.

“Jangan lupa untuk sering berkegiatan di UKM Soegijapranata Debate Society (SDS), karena di UKM ini kita bisa seperti keluarga. Dan prestasi bukan hanya dari akademik saja, tetapi melalui hobi pun kita bisa berprestasi, seperti salah satunya di ajang kompetisi NUDC ini,“ ujar Tiara. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unika Terima Kunjungan Polteka Mangunwijaya Secara Daring

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebagai wujud pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unika Soegijapranata menerima kunjungan yang dilakukan ...