Breaking News

Tingkatkan Kualitas Penelitian, Universitas Ivet Gelar Pelatihan

ket foto: Prof Dr Rustono MHum saat membuka workshop (Foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Tugas utama dosen selain mengajar adalah meneliti dan mengabdi. Penelitian yang baik dimulai dari rancangan yang baik pula. Untuk itu, diperlukan pelatihan khusus bagaimana cara menyusun proposal, mendapatkan dana penelitian, melakukan penelitian, serta melaporkan hasilnya.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Ivet Semarang Prof Dr Rustono MHum dalam pembukaan pelatihan penyusunan dan unggah serta evaluasi proposal hibah Ristekdikti di Hotel Siliwangi, akhir pekan lalu.

Pelatihan yang diselenggarakan LPPM Universitas Ivet ini tak hanya diikuti dosen dari Universitas Ivet saja tetapi juga dari berberapa perguruan tinggi seperti Unnes, Unwahas, UIM Mojokerto, Unmuh Jember, Akpelni, Stikes Aisyah Surakarta, Stipari, dan Stikes Kendal.

Hadir sebagai narasumber Prof Dr rer nat Heru Susanto ST MT (Wakil Rektor II Undip dan mantan Ketua LPPM Undip) dan Prof Dr Ir I Wayan Darmawan MSc (Guru Besar IPB/Reviewer DPRM Ristekdikti). Menurut Prof Heru, untuk membuat proposal yang berkualitas harus mengubah kebiasaan dosen dalam membaca artikel. Kebiasaan membaca artikel ilmiah perlu diterapkan dalam kehidupan seorang dosen, hal ini akan menghadirkan gagasan yang bermutu.

Sementara itu Prof Wayan menekankan pada proses mendapatkan dana hibah dari Ristekdikti. Usulan penelitian maupun pengabdian dosen harus sesuai dengan pedoman yang ada. Gagasan bagus kalau tidak sesuai aturan akan sulit didanai. Jadi harus teliti dalam membaca panduan penelitian maupun pengabdian.

Sebagai penyelenggara Ketua LPPM Universitas Ivet Dr Slamet MPd. menyampaikan kegiatan ini salah satu program dari LPPM untuk meningkatkan jumlah penerima hibah Ristekdikti khususnya di Universitas Ivet. Menurut Slamet, karena antusiasme yang sangat tinggi dari berbagai PTS maka kegiatan ini dibuka untuk umum dengan penyebaran peserta dari PTS di Jawa Tengah dan Jawa Timur. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswa DKV Unika Pamerkan Karyanya di Kawasan Kota Lama

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebuah pameran Tipografi kembali diadakan oleh para mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) ...