Breaking News

Unika Kembangkan Pemanfaatan Aplikasi Sekolah SMA

ket foto: suasana workshop di Unika (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Di era modern ini, banyak orang dimudahkan dalam mengakses berbagai konten dengan satu sentuhan. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat yang menyediakan informasi, melainkan cukup menggunakan smartphone masing-masing maka apa yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan sangat cepat dan mudah.

Berkaitan dengan hal tersebut Unika Soegijapranata Semarang Rabu (24/1) bertempat di ruang pertemuan LPPM Gedung Mikael, menyelenggarakan workshop bagi beberapa sekolah yang telah bekerja sama dengan Unika untuk mengikuti pembekalan sebuah aplikasi sekolah yang kemudian dinamakan My School Apps. Harapannya dengan menggunakan aplikasi ini maka pihak sekolah akan semakin mudah dalam menjangkau orang tua siswa maupun pihak eksternal sekolah.

Dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC menjelaskan bahwa generasi Z saat ini sudah bergerak menuju generasi digital dan mau tidak mau sebagai institusi pendidikan haruslah menyentuh kalangan tersebut dengan sebuah aplikasi di smartphone yang mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dalam sekali sentuhan.

My School Apps merupakan aplikasi yang digunakan sekolah untuk menginformasikan kabar ataupun berita kepada masyarakat dan dapat diakses melalui Gadget mereka. Ditinjau dari zaman, teknologi berkembang dengan pesat serta semua orang terbiasa menggunakan gadget  untuk melihat informasi. Kami sering melihat bahwa sekolah masih menggunakan cara konvensional dalam menginformasikan pengumuman penting melalui surat ataupun mading saja. Meskipun sudah berjalan dengan media elektronik seperti website terkadang tidak semua orang mengakses dengan cara tersebut. Kemudian kami berfikir bahwa mengapa implementasi sistem informasi sekaligus pengumuman yang digunakan Unika saat ini tidak dikembangkan untuk tingkat SMA, apalagi siswa SMA saat ini sudah berada di Generasi Z,” jelas Prof. Ridwan.

Lebih lanjut, Prof. Ridwan menindaklanjuti pemikiran tersebut melalui workshop yang ditujukan untuk kalangan guru atau staf IT sekolah serta perwakilan dari pengurus OSIS di beberapa SMA yang menjadi mitra Unika Soegijapranata. Bertindak sebagai pemateri adalah Dosen Sistem Informasi yang juga menjadi kepala UPT MSI (Manajemen Sistem Informasi) Unika, Albertus Yoga Widiantoro, S.Kom, M.Kom.

Pelatihan ini bukan kali pertama diselenggarakan oleh pihak Unika, jika sebelumnya membawakan topik mengenai pendampingan psikologis maupun pengelolaan sistem pendidikan di sekolah, pada tahun ini ditingkatkan kembali untuk memberikan kemanfaatan bagi sekolah melalui aplikasi My School Apps. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni

    SEMARANAG (kampussemarang.com) –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi ...