Breaking News

Unimus Ambil Sumpah 30 Dokter Baru

ket foto: Dekan FK Unimus (kanan) saat menyerahan surat keterangan (ijazah) sumpah dokter pada salah seorang dokter baru (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)- Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr dr Rifki Muslim SpB SpU mengambil sumpah 30 dokter baru di aula FK Unimus, kampus terpadu Unimus Jl Kedungmundu, Sabtu (3/8/2019).

Hadir pada acara sumpah ke XX Unimus di antaranya Wakil Rektor III Unimus Dr Samsudi Raharjo MM MT, Ketua IDI Kota Semarang dr Elang Sumambar, Ketua Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi Jateng dr Yulianto Prabowo MKes , dan direktur Rumah Sakit Tugurejo Semarang (RS Pendidikan Unimus) dan direktur Rumah Sakit Roemani (RS mitra Unimus).

“Dengan sumpah dokter baru 30 dokter ini Unimus telah meluluskan 262 dokter yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. FK Unimus berharap dokter baru bisa berkarya dan mengabdi dengan baik di masyarakat lewat program selanjutnya yaitu internship 8 bulan di rumah sakit ditambah 4 bulan di puskesmas” ujar Dekan.

Dekan Unimus juga berharap 30 dokter baru setelah internship selanjutnya menempuh karir dengan mengambil studi pendidikan spesialis, studi S-2 dan S-3 baik di dalam maupun luar negeri. Juga selain menjadi dokter, bisapula memiliki usaha (sebagai wirausahawan) di bidang terkait kesehatan ataupun bidang lainnya.

“Bisapula menempuh karir politik menjadi kepala daerah seperti bupati/walikota serta anggota DPR. Semua jalan profesi ke depan terbuka bagi lulusan dokter ini “tandas Dekan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jateng dr Yulianto Prabowo MKes menyatakan dokter baru harus belajar terus akan banyak hal. Di antaranya menjadi insan yang punya integritas (jujur, disiplin, punya etos kerja, memiliki semangat juang tinggi, mencintai pekerjaannya dan lain-lain).

“Masalah kesehatan di Jateng saat masih banyak yang perlu ditingkatkan sehingga butuh peran serta para dokter baru. Usia Harapan Hidup menjadi salah satu indikator keberhasilan layanan kesehatan di suatu daerah. Usia harapan hidup warga Jateng saat ini menduduki peringkat kedua nasional dari 34 propinsi di Indonesia, dengan usia harapan hidup mencapai 74,16 tahun dibawah DIY (peringkat pertama) dengan usia harapan hidup 74,8 tahun. Keberhasilan ini semua berkat kerjasama atau kolaborasi banyak pihak, terutama terkait dengan layanan kesehatan di Jateng” ujar dr Yulianto Prabowo Mkes.

Sementara itupula Wakil Rektor III Dr Samsudi Raharjo MM MT menyampaikan capaian Unimus yang meraih ranking dua di antara 174 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) se Indonesia di bawah UMS Surakarta. Dengan dukungan semua fakultas, termasuk FK Unimus, Unimus bertekad meraih akreditasi BAN PT dengan predikat Unggul dalam satu sampai tiga tahun ke depan. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Unika Buka Prodi Baru S1 Rekayasa Infrastruktur  Lingkungan 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya SE Skom MSIEC ...