Breaking News

Unimus-CUCMS Malaysia Lakukan Launching Ceremony Fast Track Program

ket foto: (ki-ka/ Moh Yusuf PhD, Prof Dr Masrukhi MPd, Prof Dato’ Dr Mohamad Bin Abd Razak DSNS, MD, MS PhD dan Prof Dr dr Rifki Muslim SpB SpU saat potong tumpeng bersama launching ceremony program fast track (Foto dok)

SEMARANG (kampussemarang.com)-  Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) dan Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia menggelar Launching Ceremony Fast Track Program Profesi Dokter (dr) Unimus dan Master of Medical Science ( MMed Sc) CUCMS serta Elective Program of Medical Faculty Unimus dengan CUCMS Malaysia di kampus Unimus, Jumat (11/05/2018).

Acara dihadiri Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, Wakil Rektor I Dr Sri Darmawati MSi, WR III Drs Samsudi Raharjdo MM MT, Dekan FK Unimus Prof Dr dr Rifki Muslim SpB, SpU, Direktur International Relationship Officer (IRO) Unimus Moh Yusuf PhD dan sejumlah pejabat Unimus lainnya. Sedangkan pihak CUCMS Malaysia dihadiri langsung President CUCMS Prof Dato’ Dr Mohamad Bin Abd Razak DSNS, MD, MS, PhD (Hons) dan Prof Dr Rosnah Ismail BSc, MEdu, MA, PhD didampingi dr M Riza Setiawan (dosen Unimus yang sedang studi lanjut di CUCMS Malaysia).

Menurut Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd, kunjungan pimpinan CUCMS Malaysia ke Unimus selain pemantapan serta follow up program fast track dan elective program antara FK Unimus dengan CUCMS sekaligus sebagai kunjungan balasan dari pihak CUCMS karena dua tahun lalu para pimpinan Unimus telah mengunjungi CUCMS dalam rangka MOU dan  MOA kegiatan bersama dua perguruan tinggi (PT) Indonesia dan Malaysia ini.

“Kerjasam ini berupa program fast track dimana mahasiswa FK Unimus setelah lulus sarjana kedokteran akan menempuh profesi dokter (coass) di CUCMS selama satu semester, kemudian kembali kuliah profesi dokter di Unimus selama dua semester, ditutup dengan kembali ke CUCMS untuk defend atau ujian kelulusan master dari CUCMS. Peserta fast track bisa mendapatkan dua gelar sekaligus yaitu gelar dr (profesi dokter) serta gelar Master of Medical Science (MMed Sc) dari CUCMS Malaysia. Program ini sudah berjalan beberap tahun,  FK Unimus sudah mengirimkan sejumlah mahasiswa ke CUCMS dan CUCMS juga mengirimkan mahasiswanya ke FK Unimus” ujar Rektor Unimus.

Lebih lanjut menurut Prof Dr Masrukhi MPd dan Moh Yusuf PhD, selain fast track, program kerjasama Unimus-CUCMS juga ada program student mobility serta elective program. Program kerjasama ini sebagai salah satu bentuk internasionaliasi Unimus, khususnya fakultas kedokteran yang saat ini naik grade menjadi terakreditasi B dengan hak yang diterima berupa penambahan jumlah mahasiswa baru FK Unimus sebesar 50 % dari tahun sebelumnya. Kondisi ini didukung pula dengan rencana September 2018 akan selesai pembangunan gedung baru FK tujuh lantai di kampus induk Kedungmundu.

“Cyberjaya university merupakan mitra Unimus, khususnya Fakultas Kedokteran, untuk melalukan akselerasi pengembangan keilmuan. Sehingga dilakukan launching ceremony untuk program fastrack dan student mobility. Mahasiswa FK Unimus tidak hanya berkunjung ke sana tetapi belajar di sana dan mahasiswa cyberjaya juga belajar ke Unimus. Direncanakan tanggal 27 Mei 2018 ini sedikitnya ada 10 mahasiswa CUCMS akan belajar ke Unimus. Harapannya terjadi interaksi keilmuan dua lembaga apalagi Cyberjaya merancang membawa Unimus ke PT-PT mitra Cyberjaya University di berbagai negara. Ini salah satu upaya internasionalisasi Unimus, khususnya FK Unimus” ujar Rektor.

Sementara itu Presiden Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia Prof Dato’ Dr Mohamad Bin Abd Razak DSNS, MD, MS, PhD menyatakan perguruan tinggi yang dimpinnya berfokus pada ilmu-ilmu kesehatan (seperti Kedokteran, Farmasi, Ilmu Kesehatan dan lain-lain) sehingga sangat pas bermitra dengan Unimus yang menempatkan ilmu kesehatan sebagai “core” Unimus. Selain bekerjsama dengan Unimus, CUCMS juga bermitra dengan sejumlah perguruan tinggi asing seperti PT di Bangkadesh, Sri Lanka, Turki dan lain-lain. Dirinya menyampaikan CUCMS juga akan membawa Unimus pada mitra-mitra CUCMS di luar negeri sehingga akan menjadi jejaring besar antar perguruan tinggi antar negara demi kemajuan bersama di bidang ilmu kesehatan dan ilmu lainnya.

President CUCMS juga mengapresiasi atas pesatnya dan besarnya perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia sehingga CUCMS sangat pas bermitra dengan Unimus yang juga salah satu PTM di Indonesia ini. Dirinya juga mengakui kerja bareng Unimus-CUCMS di bidang fast track merupakan ide sangat bagus dan cerdas yang nantinya akan diaplikasikan pula untuk perguruan tinggi lain yang bermitra dengan Unimus dan CUCMS.

“Banyak hal bisa dilakukan antara Unimus-CUCMS dalam kerjasama ini . Ini model pertama di Malaysia dengan Unimus dan akan mengalami perkembangan positif, menghasilkan produk dokter yang memiliki pemikiran lebih luas, lebih felskibel, teratur dan terjamin masa depannya. Produk program ini juga lebih internasional. Juga lebih cepat, memperoleh gelar dokter Unimus dan Master dari CUCMS lewat tesis by research. Kami optimis bisa berkembang dan berjalan bagus karena baru pertama dilakukan di Unimus dan akan kami jalankan pula di Malaysia” ujar Prof Dato’ Dr Mohamad Bin Abd Razak DSNS, MD, MS, PhD. (ks01)

Ket foto: Rektor Unimus (3 dari kiri) dan President CUCMS Malaysia (4 dari kanan) bersama sejumlahpimpinan Unimkus lainnya dan pimpinan CUCMS saat berpose di depan Gedung Lab Terpadu Unimus (Foto dok)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sarana Pendidikan Karakter, 350 Mahasiswa Unimus Jalani UKT Tapak Suci

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sedikitnya 350 mahasiswa baru (semester II) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) selama 2 hari ...