Breaking News

Unimus Terima SK S2 Ilmu Lab Medik

 

ket foto : WR I Unimus (tengah) saat menyerahkan SK S2 Ilmu Lab Medik kepada Dekan Fikkes (kanan) disaksikan Staf Ahli Rektor Unimus Dr Ir Nurrahman MSi. (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang.com)- Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menerima SK Prodi Magister atau S-2 Ilmu Laboratorium Klinis (Sains Laboratorium Medis) dari Kemenristekdikti. S2 ILK/SLM ini merupakan pertama kali di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unimus Dr Sri Darmawati MSi, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Unimus Dr Budi Santosa  MKes kepada pers di kampus setempat Sabtu (07/07/2018) menyatakan prodi S-2 ILK/SLM yang baru pertama kalinya di Indonesia ini sangat dibutuhkan dunia kesehatan yang berhubungan dengan laboratorium medis di berbagai layanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, lab-lab, klinik dan lain sebagainya.

“Dengan keluarnya SK S2 ILK/SLM ini kami siap menerima mahasiswa baru tahu akademik 2018/2019 sampai 31 Juli 2018 (gelombang I) dan 1 Agustus sampai 31 Agustus 2018 (gelombang II). Calon mahasiswa baru bisa dari D4 Lab Medik ataupun dari S1 bidang bidang ilmu kesehatan” ujar Dr Sri Darmawati MSi.

Sementara itu Dekan Fikkes Unimus Dr Budi Santosa MKes menyatakan SK ILK/SLM keluar setelah 3 tahun pengusulan ke Kemenristekdikti. Unimus saat itu mengusulkan 2 prodi S2 yaitu ILM/SLM dan S2 Keperawatan. Namun yang keluar saat ini S2 SLM sehingga Unimus berharap ijin S2 Keperawatan juga segera turun guna semakin memperkuat Unimus yang memiliki “core” pendidikan bidang kesehatan.

“Kebutuhan tentang peningkatan kualitas pemeriksaan laboratorium medis sangat besar dan perlu dukungan SDM memadai. Selama ini DDM yang ada lulusan D3 Analis Kesehatan dan D4 Teknologi Lab Medik (TLM) karena memang belum ada S2 bidang TLK atau SLM. Sehingga sementara waktu yang lalu ada kewenangan yang seharusnya dilakukan SDM lulusan S2 namun dijalani oleh D3 atau D4. Dengan adanya S2 ILK/SLM nantinya mereka lebih kompeten dan sesuai dengan kewenangan yang melekat pada lulusan S2 ILK/SLM” ujar Dr Budi Santosa MKes.

Sementara itupula Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd didampingi Ka UPT Kehumasan dan Protokoler Ns Yuni Armiyati SPKMB menyatakan syukur dan apresiasi atas capaian SK S2 Ilmu Lab Medik yang ada pertama kalinya di Indonesia. Selama ini ada sekitar 126 prodi D4, D4, dan S1 bidang yang berkaitan dengan lab medik sehingga adanya S2 lab medik di Unimus dan pertama di Indonesia diharapkan dan optimis bisa meningkatkan SDM tenaga kesehatan di bidang lab medik di negeri ini. (ks01)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gelar Reuni Emas Ke-50, Unisbank Hadirkan Ruth Sahanaya.

SEMARANG (kampussemarang.com)- Sebagai rangkaian dari Dies Natalis Unisbank ke-50 (Dies Natalis Emas Unisbank), Universitas Stikubank ...