Breaking News

Unwahas Kerahkan Ribuan Mahasiswa Lakukan “World Clean Up Day”

ket foto: Lurah Sampangan (3 dri kiri) Rektor  (4 dari kiri) membawa plastik sampah ikut membersihkan jalan sekitar lingkungan kampus (foto dok)

 

SEMARANG (kampussemarang) – Sejumlah perguruan tinggi (PT) di kota Semarang melakukan gerakan bersih bersih lingkungan sekitar memperingati “world clean day” atau hari bersih bumi, Sabtu (15/09/2018). Termasuk Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang yang melakukan bersih bersih lingkungan di sekitar kampus I Menoreh, Sampangan.

Bebersih dengan melibatkan para mahasiswa Unwahas dipimpin Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom SH MH, Wakil Rektor III Dr Andi Purwono SIP MSi , Kasubag Kemahasiswaan Unwahas Taufik Ismail dan Lurah Sampangan Supono. Mereka membagi wilayah kebersihan dengan 3 zona mulai dari lingkungan sekitar kampus sampai jalan raya Menoreh Sampangan. Program ini dihadiri pula para sesepuh kelurahan Sampangan, karang taruna dan ibu ibu PKK.

Rektor Prof Mahmutarom menyatakan kebersihan merupakan wujud dari iman dan ibadah dituntut dalam kondisi bersih jasmani dan rohani. Sehingga ajakan pemerintah untuk melakukan kebersihan lingkungan wajib didukung masyarakat termasuk lingkungan kampus karena sejalan dengan perintah agama. Bersih bersih lingkungan merupakan momentum yang wajib di uri uri karena sebagai perekat masyarakat, tanpa membedakan kaya dan miskin serta persamaan dalam segala hal.

“Di era global yang serba kapitalisme seperti sekarang ini, tradisi perlu dipertahankan. Dengan kembali ke tradisi dan religius maka kita bisa menjadi bangsa yang mandiri dengan identitas diri lewat kultur budaya kita sendiri, termasuk budaya gotong royong seperti bersih bersih lingkungan. Mulai dari diri kita sendiri kita menciptakan budaya bersih” ujar Rektor.

Sementara itu Kasubag Kemahasiswaan Unwahas Taufik Ismail menyatakan rangkaian bersih lingkungan merupakan jawaban dari keprihatinan banyak pihak akan menurunnya masyarakat terhadap kepedulian pada persoalan sampah. Diharapkan lewat bersih lingkungan akan semakin banyak gerakan peduli lingkungan muncul di masyarakat di masa depan yang semakin peduli dengan persoalan sampah dan lingkungan. (Ks01)

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni

    SEMARANAG (kampussemarang.com) –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi ...