Breaking News

Walikota Semarang: Kota Semarang Bisa Kembali Berjaya di Bidang Maritim.

ket foto; Walikota saat memberi kuliah umum di ATP Veteran Semarang (foto dok).

SEMARANG (kampussemarang.com)- Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Direktur Akademik Teknik Perkapalan (ATP) Veteran Semarang Rita Hariningrum ST MKom memberi kuliah umum “Mengembalikan Kota Semarang Sebagai Poros Maritim Indonesia” di hadapan mahasiswa baru ATP Veteran di kampus Bendan, Senin (10/09/2018).

Menurut Walikota, Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi kelautan sangat besar dan memerlukan infra struktur dalam mengelola kekayaan laut. Dibutuhkan banyak tenaga kerja bidang perkapalan yang bisa diisi dari lulusan akademi atau politeknik bidang perkapalan seperti ATP Veteran. Lulusan sekolah pelayaran atau perkapalan dari Indonesia sangat dibutuhkan Indonesia serta luar negeri.

Pada kuliah umum, Walikota menyatakan untuk menghidupkan kembali kota Semarang sebagai poros maritim nasional diperlukan peningkatan pembangunan infratsruktur bidang kelautan serta menggali potensi kekayaan laut. Sangat mungkin bila dilakukan kerja bersama semua pihak akan mengembalikan kejayaan kota Semarang sebagai poros maritim nasional dan dunia karena di masa lalu kota ini sudah menjadi kota maritim, kota perdagangan nasional dan internasional serta kota pelabuhan dunia sehingga Laksamana Cheng Ho diyakini singgah di kota Semarang.

Pada kesempatan tersebut Walikota juga memberi saran agar mahasiswa perkapalan lebih meningkatkan kualitas bahasa Inggris mereka. Karena faktor utama tenaga kerja  perkapalan Filipina saat ini menguasai tenaga kerja bidang maritim dunia karena penguasaan bahasa Inggris mereka lebih baik dibanding tenaga perkapalan Indonesia. Sedangkan untuk materi pendidikan maritim, perguruan tinggi Indonesia sebetulnya sudah “leading” di depan pendidikan sejenis di Asean, tetapi relatif kalah dibanding Filipina dalam soal bahasa Inggris tersebut.

Sementara itu pula Direktur ATP Veteran Semarang Rita Hariningrum ST MKom menyatakan ATP Veteran merupakan pendidikan tinggi vokasi yang mencetak lulusan terampil bidang teknik perkapalan yang banyak dibutuhkan Indonesia dalam mewujudkan sebagai negara poros maritim dunia. Mereka dididik lewat 3 prodi meliputi Prodi teknik mesin kapal, prodi teknik kelistrikan kapal, dan prodi konstruksi (bangunan) kapal. (ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni

    SEMARANAG (kampussemarang.com) –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi ...