Breaking News

Menristekdikti: PT Perlu Selaras Dengan Industri

ket foto: Menristekdikti saat berbicara pada seminar di Polines (foto dok)

SEMARANG (kampussemarang) – Menristekdikti Prof Mohamad Nasir PhD AK berharap perguruan tinggi (PT) selalu meningkatkan inovasi dan mengupayakan match denga dunia industri. Sehingga lulusan PT betul betul siap bekerja di lapangan kerja begitu mereka lulus di era industri 4.0 ini.

Hal tersebut disampaikan Menristekdikti saat berbicara pada seminar nasional tentang technopreneur yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Semarang (Polines) di kampus setempat, Sabtu (15/09/2018). Hadir pula pada seminar tersebut Direktur Kelembagaan Kemenristekdikti Dr Totok Prasetyo BEng MT serta Direktur Polines Ir Supriyadi MT.

Menurut Menristekdikti, untu peningkatan kompetensi lulusan, PT perlu menjalin kerjasama internasional dengan PT lain yang berkualitas  di luar negeri serta mahasiswa magang di perusahaan  luar negeri. Sehingga tawaran dari pemerintah Taiwan untuk dual degree dan magang di Taiwan bagi mahasiswa Indonesia perlu disambut baik.

“Tahun ini kami mendapat jatah 320 mahasiswa ke Taiwan. Mahasiswa Sarjana Sains Terapan Politeknik bisa dual degree 2 tahun kuliah di Indonesia, 2 tahun kuliah di Taiwan plus magang 1 tahun di industri. Nantinya setelah lulus mereka mendapat dua gelar, gelar dari PT Indonesia dan gelar dari PT Taiwan. Sedangkan program D3 Politeknik 3 tahun studi di Indonesia, setahun studi di Taiwan plus magang. Ini tawaran dan kesempatan baik yang bisa diambil para mahasiswa” ujar Moh Nasir.

Di sisi lain Menristekdikti juga berharap untuk bisa bersaing dan bersanding di era global, diharapkan mahasiswa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris misalnya TOEFL bisa mencapai 550 atau IELT bisa 6,5 ke atas. Serta memperdalam pula pengetahuan bidang digital karena di masa datang talenta di bidang digital sangat mewarnai berbagai pekerjaan yang ada. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni

    SEMARANAG (kampussemarang.com) –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi ...