Launching Game Edukasi Kesehatan Gigi: Prodi Game Technology Unika Berkerjasama Dengan Klinik Gigi

ket foto: (kiri-kanan) : Prof Ridwan Sanjaya, drg Teguh, dan Dr drg Diyah Fatmasari memperlihatkan aplikasi game edukatif gigi (foto dok)

SEMARANG  (kampussemarang.com)- Untuk kesekian kalinya, Program Studi Game Technology Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang melakukan launching game edukatif yang sangat berguna bagi masyarakat luas.Kali ini bekerjasama dengan Klinik Gigi “Tumbuh Kembang Pratama Dental Care” Semarang launching game edukasi kebersihan dan kesehatan gigi untuk anak anak di kampus Unika, Senin malam (22/10/2018).

Hadir pada launching tersebut Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya SE SKom MSIC, drg Teguh Prasetya Hery Purnomo SpKGA (Tumbuh Kembang Pratama Dental Care), Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Semarang Dr drg Diyah Fatmasari MDSc, WR III Unika Dr V Kristina Ananingsih ST MSc dan sejumlah tamu undangan serta ara mahasiswa Unika.

Menurut Rektor Unika, game edukasi gigi ini gagasan dari drg Teguh sekaligus sebagai investor game untuk anak anak di bidang kesehatan gigi ini. Game dikerjakan para mahasiswa tingkat akhir saat mengerjakan tugas akhir sebagai syarat kelulusan di program studi Game Technology Unika. Game edukasi ini berbasis android karena pengguna android saat ini sangat besar. Game ini  berbentuk animasi dengan tokoh utama hewan Kelinci didukung dengan sejumlah karakter lain yang sesuai persis dengan nama nama situasi rill terkait gigi misalnya bakteri gigi.

Sedangkan dokter Teguh menyatakan game dibuat sepenuhnya oleh mahasiswa Unika Soegijapranata, original, serbahasa Indonesia dan Inggris dan akan ditambah bahasa Mandarin. Layaknya game lainnya, game edukasi ini ada bebeberapa level dan tokohnya memakai semua yang ada di gigi misalnya kuman, peri gigi, bakteri mutan, lactobasilus, visko, jamur, karang gigi, plag, sariawan, bau mulut, radang gusi, benjolan gusi, karies dan lain lain. Sebelum acara launching, game ini juga dilombakan kepada kalangan anak anak se Kota Semarang dengan pemenang untuk kelonpok A yaitu kelas 1 samapi 3 SD juara I Miksel, juara II Fata dan Juara III Gebren. Sedang kelompok B kelas 4 sampai 6 SD juara I Evan, juara II Samuel, dan Juara III Immanuel.

Sementara itu pula Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Semarang Dr drg Diyah Fatmasari MDSc menyatakan apresiasi yang tinggi pada kolaborasi Prodi Game Technology Unika Soegijapranata dengan drg Teguh dari “Tumbuh Kembang Pratama Dental Care” Semarang. Dirinya optimis masyarakat, khususnya anak anak akan menyukai game yang sangat menarik dan bisa diunduh gratis di Play Store dengan judul “Adventure of Gigi” Unika Soegijapranata. (ks01).

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Indonesia Butuh Banyak Ahli Penilai Terumbu Karang

  SEMARANG kampussemarang.com) – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI  menetapkan Fakultas ...